Kapan Pertama Kali Nge-Blog?

Ya, kapan sobat baraya pertama kali nge-blog? Masih ingatkah?

Setelah menelusuri ‘harta karun’, saya pun menemukan sejarah bahwa pertama kali nge- blog adalah pada 14 Oktober 2006 yang ditulis di friendster. Itu pun hanya sekali dan lamaaa … nggak pernah ditulis lagi :). Mau tahu isinya apa?

“Baru kali ini gue ngisi yang namanya BLOG! Walaupun udeh lama tau adanya model nyang beginian, tetapi tetap aja gue nggak mau tau dan MALES untuk membuatnya. Padahal, gue dah bisa bisa bikin WEB sendiri. Ya, udah, mudah2an ini menjadi pemicu biar gue mau menulis lagi (dah 2 tahun, Bro, gue nggak nulis –> padalah ngaku2 sebagai penulis)”

Hehehehe … nyebelin banget ya isinya? Sobat baraya, perlu diketahui bahwa pada waktu itu friendster belum resmi mengeluarkan blog-nya sehingga tampilannya pun seadanya. Sangat berbeda dengan sekarang, dimana situs pertemanan ini sudah memakai wordpress sebagai template-nya.

Kemudian, saya pun mulai intens kembali menulis blog pada 25 Juli 2007 dengan media yang berbeda, yaitu multiply. Dibanding dengan friendster, tampilan blog multiply sudah lebih baik. Nah, sobat baraya, setelah itu mulailah saya mengetahui beberapa penyedia blog gratis semacam wordpress, blogspot, sampai penyedia blog lokal semacam blogdetik. Blog memang menjadi wacana baru dunia maya karena memudahkan pengguna membuat situs sendiri tanpa harus memahami dunia html yang ‘njelimet’.

Saya memang mengetahui dunia internet pada pertengahan tahun 90-an karena beruntung bisa kuliah di ITB. Pada saat itulah saya belajar bikin situs yang masih pakai media html (belum CSS) dengan bantuan software microsoft front page. Hasil pertama situs yang juga gratis itu adalah di geocities yang tampilannya masih sederhana banget. Saya terus belajar memahami html dengan membuat situs FLP Bandung pada April 2003 dan FLP Jabar pada April 2005. Media chatting yang ada pun harus nge-link pada situs luar negeri dan kebanyakan yang online juga berasal dari luar negeri. Belum ada M-Irc, apalagi YM atau Google Talk!

Menurut wikipedia, blog merupakan singkatan dari “web log”. Adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Mbah Google pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Manfaat Blog

Menurut Edy Zaques, penulis best-seller “Memulai Bisnis Tanpa Modal” dan “Cara Gampang Menulis Buku Best Seller”, blog tentu saja sangat bermanfaat. Pertama, blog menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategis. Kedua, tulisan di blog mudah sekali dikomentari dan feedback ini banyak manfaatnya. Ketiga, blog bisa menjadi alat penumbuh kebiasaan dan keteraturan menulis. Keempat, menulis di blog secara rutin juga berdampak pada kemampuan kita dalam menuangkan gagasan. Kelima, blog bisa menjadi ajang ekspresi yang bebas hambatan sama sekali. Keenam, blog adalah tempat kita untuk menabung tulisan. Satu demi satu kita isi blog dengan beragam tulisan, maka lama kelamaan blog kita akan penuh juga. Ketujuh, blog bisa berfungsi sebagai media personal branding. Blog bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan.

Sobat baraya, saya tidak akan menerangkan siapa Enda Nasution, Priyadi, Fatih Syuhud, Jennie S. Bev, atau Raditya Dika yang terkenal dengan “Kambing Jantan”nya. Mereka semua adalah sesepuh blogger Indonesia yang lima tahun lalu bukan siapa-siapa. Tetapi lihatlah kondisi mereka sekarang?

Pengalaman terbaru tentang manfaat blog adalah saya sendiri. Pada waktu yang bersamaan (Ramadhan 1429H), saya berhasil menjadi finalis lomba menulis blog di MyFlexiland dan Toyota. Pada ajang menulis pengalaman bersama mobil Kijang, alhamdulillah saya terpilih sebagai salah satu dari pemenang minggu terakhir dan berhak mendapatkan buku eksklusif tentang sejarah Kijang plus DVD cara berkendaraan yang aman. Yang lebih membahagiakan lagi adalah hasil di myflexiland dimana saya terpilih sebagai pemenang pertama dan berhak mendapatkan hadiah notebook Acer seri Aspire 4720Z dan uang tunai 5 juta. Bukan lumayan lagi, kan?

Nah, sobat baraya, masih ingatkah pertama kali sobat nge-blog? Sudahkah sobat mendapatkan manfaat dari nge-blog?[]

Advertisements

6 thoughts on “Kapan Pertama Kali Nge-Blog?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s