Pengumuman Seram

Echa, murid privat saya yang sekolah di salah satu SMU Negeri Bandung curhat saat kali pertama masuk setelah libur lebaran. Kata Echa, gurunya memberikan pengumuman kalau UAN diselenggarakan pada April 2009. Bagi kita yang sudah mengalami hal itu atau bahkan belum dan masih jauh banget, mungkin bukan sesuatu yang besar, tetapi tidak bagi Echa!

Itu adalah “pengumuman seram” baginya, sehingga momen lebaran yang seharusnya penuh suka cita menjadi terasa menegangkan. Setidaknya sesaat. Oleh karena itu, Echa pun melepas ketegangan itu dengan menonton “Laskar Pelangi” bersama kawan-kawannya. Mata pelajaran yang diujikan pun sebenarnya berkurang, dari yang tadinya enam pelajaran jadi tiga pelajaran, yaitu tinggal Matematika, Fisika, dan Kimia (Echa kebetulan ‘ngambil’ IPA).

Pada akhirnya, saya pun harus cepat membimbing agar Echa tidak terlalu stres dan tentu saja tidak ketinggalan pelajaran. Dengan metode tercepat yang saya ketahui, saya pun melakukan hal yang luar biasa, yaitu membahas dan latihan soal satu bab pelajaran Matematika hanya dalam waktu 2 jam! Selasa malam [14 Oktober] belajar Program Linier dan pada Jumat malam [17 Oktober] belajar Deret Ukur.

Alhamdulillah, untungnya Echa tergolong tipe yang mudah mengerti walau tidak jarang ‘error‘ karena waktu malam banyak godaannya. Bukan karena hantu tentu saja, tetapi karena kondisi kita berdua yang lelah dan ngantuk. Saya sendiri pulang kerja menjelang maghrib dan Echa sendiri pulang sekolah pas Ashar. Belum lagi godaan dari keponakannya (yang sedang aktif-aktifnya) yang sudah ‘dekat’ dengan saya.

Program Linier dan Deret Ukur mungkin masih terhitung “mudah”, tetapi masih ada bab-bab lain yang terhitung “sulit”. Belum lagi untuk pelajaran Fisika dan Kimia!? Fiuhhh …. Semoga saya mampu, dan semoga pula dengan Echa. Bagaimanapun, Echa sendiri yang akan menjalaninya.[]

NB: Ini memang catatan saya yang tercecer lima bulan yang lalu. Kini, Echa baru saja menyelesaikan UAN-nya. Saya belum sempat menanyakannya apakah ia bisa atau tidak. Semoga saja hasil yang terbaik untuknya. Amiiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s