Car Free Day di Bandung

Pemerintah Kota Bandung akan memberlakukan Car Free Day (Hari Bebas Mobil) di Jln. Ir. H. Djuanda pada Sabtu (30/5) mendatang. Penutupan dilakukan pada pukul 07.00 WIB hingga 11.00 WIB. Adapun ruas jalan yang akan dibebaskan dari kendaraan bermotor adalah sejak perempatan Cikapayang hingga simpang Dago sepanjang sekitar 800 meter. Bahkan, rencananya penutupan akan dilakukan seterusnya setiap hari Sabtu.

“Untuk hari itu, Jln. Dago akan bersih dari asap kendaraan bermotor dan jalan pun jadi milik pejalan kaki,” kata Wali Kota Bandung Dada Rosada. Beliau menjelaskan, dengan adanya penutupan tersebut, rencananya jalan itu hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki dan menjadi tempat pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan, seperti penanaman pohon dan pelepasan burung. Selain itu, kawasan tersebut juga akan dijadikan tempat rekreasi dan tempat berolahraga, seperti futsal, bulutangkis, atau sekedar berjalan kaki. “Apapun kegiatan yang dilakukan nanti, merupakan kegiatan yang bersih dari polusi, baik itu polusi udara, maupun sampah yang dibuang ke jalanan. Seluruh kegiatan ramah lingkungan,” ujarnya.

Dada mengungkapkan penutupan itu terkait dengan peringatan Hari Lingkungan pada 5 Juni mendatang. Untuk memperingati hari tersebut, berdasarkan hasil rapat koordinasi peluncuran kampanye lingkungan “Balad Kuring” dengan Menteri Lingkungan Hidup di Gedung Sate beberapa waktu lalu, disepakati akan dilakukan kampanye lingkungan di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat, termasuk Kota Bandung.

Ya, apapun reaksi pro dan kontra tentang kegiatan ini dimana di daerah yang bersangkutan banyak terdapat FO, perusahaan, rumah sakit, kampus, restoran, bank, dll, setidaknya kegiatan ini bisa dijadikan shock therapy betapa pentingnya lingkungan yang bersih dan benar-benar bebas dari polusi (terutama) kendaraan bermotor. Bahwa kita sangat membutuhkan udara segar yang makin sulit didapatkan. Mudah-mudahan saja kegiatan ini tidak menambah masalah baru yang bisa timbul akibat dari penutupan ruas jalan utama yang kita semua tahu bahwa hari Sabtu itu banyak pelancong yang datang ke Kota Bandung.

Let’s act beyond green! Mari kita BERAKSI (jangan hanya diam dan menunggu keajaiban) untuk menciptakan lingkungan yang segar dan hijau.

NB: Mobil mengeluarkan 21% dari emisi CO di Inggris (salah satu penyebab terjadinya efek global warming), akibatnya satu dari tujuh anak-anak di Inggris mempunyai penyakit asma yang diakibatkan oleh polusi kendaraan bermotor. Satu dari empat perjalanan mobil memang bike-friendly (menghormati para pesepeda dan pedestrian) tetapi hanya mereka yang menempuh perjalanan 2 mil (3,2 km) atau kurang.[]

Advertisements

12 thoughts on “Car Free Day di Bandung

  1. jika hidup saya di sekitar pantai maka saya akan ikut menanam pohon bakau, dunia kehilangan pohon jenis ini sekian persen dalam setahun dan kian menyusut. padahal manfaatnya besar bagi lingkungan. hingga seorang profesor jepang rela mengabdikan dirinya di daerah tandus, gersang dan rawan miskin, di Afrika tepatnya. Sungguh gerakan yang tidak tanggung2 bapak itu..

    >> Setuju! Saya masih ingat di pantai utara Jakarta (Ancol) dulunya adalah hutan bakau yang banyak monyetnya. Sekarang???

  2. beah…..beah….

    asyik sich ada car friday di bandung…. tapi kebayang bang aku dari gunung ke daerah dago naek apa ya??? bingung jadi nya… secara aq di daerah gunung bang… hahahaha

    bang mau tanya… masukin icon di blog gmn ya?? koq ga bisa trus ya udah di otak-atik berapa kali…..

    >> Kan tinggal turun gunung. Icon diotak-atiknya di e-mail account.

  3. wah keren juga tuh bandung car free day, kasihan deh yg datang liburan ke bandung, wkwkwk..

    SaLaM kEnAl :mrgreen:

    >> Insya Allah bermanfaat buat yang mau datang ke Bandung. Salam kenal juga….

  4. Bang, katanya gak hanya ruas jalan Dago aja..
    Supratman, Cipaganti, dan beberapa jalan utama juga termasuk daerah yang bebas mobil..
    keknya penjualan sepeda akan meningkat tajam ya, Bang..
    hehehehe ^_^

    >> Iya, tapi saya nggak tahu itu pas hari itu atau hari lainnya. Kan bertahap biar warga Bandung tidak kaget ^_^

  5. bang mobil doang kan??motor bole ga??saya mau les ni..masa jalan kaki ke tempat les,,yg bener aja dong..

    >> CFD di sini adalah kendaraan bermotor, jadi sudah pasti kalau motor pun nggak boleh lewat ^_^

  6. yup, menurut daku malah lebih bagus dago itu jadi kawasan jalan2. tanpa mobil. lebih enak naro mobil di satu tempat trus pindah-pindah toko sesuka hati tanpa capek mindah2in mobil lagi kan.

    salam kenal juga bang 😀

    >> Setuju! Harusnya di Dago, bukan di Diponegoro seperti kemarin. Kecewa sih, tapi minimal sudah dimulai. Salam kenal kembali….

  7. abdi ngadukung pisan lah,bagus buat ngurangin polusi,Bandung sekarang sumpek,moga dgn adanya car free days di Bandung bisa bkin Bandung ga sumpek,lumayan lah 1hari juga,hheee…

    >> Insya Allah sedang diperjuangkan bersama kawan2 yang seide ^_^ thanks atas dukungannya….

  8. Setuju…bandung emang harus sudah mulai, malah beberapa kota lain dah diberlakukan…ini pendidikan lingkungan yg nyata yg bisa jd pembelajaran soal2 lingkungan sehat n hemat energi bagi masyarakat…

    >> Insya Allah akan dibuat jalur sepeda mulai Mei 2010. Mohon doanya….

  9. btw, car free day tuh hari Sabtu (29/5) atau Ahad (30/5)? Setahu saya sih setiap hari Ahad, jam 7-11 Dago jadi car free area. Betul nggak?

    >> Iya, sekarang tiap hari Minggu jam 06.00 – 10.00. Saat ini masih di sepanjang jalan Dago saja mulai dari Simpang Dago sampai Cikapayang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s