Memperindah Tulisan dengan Kutek dan Tahu

Tentu sobat baraya sangat mengenal dengan istilah ‘kutek’. Ya, istilah ini sangat intim dengan urusan memperindah kuku. Kendati sejatinya kuku itu sudah dibuat indah oleh Sang Maha, namun manusia adalah makhluk yang serba kekurangan sehingga dibuatlah kutek sebagai sarana untuk memperindah bagian kukunya. Kini, kutek pun tidak hanya digunakan untuk memperindah kuku tetapi juga bisa digunakan untuk memperindah tulisan. Tidak percaya?!

Kutek di sini memang bukan kutek yang sebenarnya, melainkan akronim dari ‘kuasai teknik’. Menurut KBBI, kata ‘kuasa’ bisa digunakan sebagai kata benda (nomina) dan kata kerja (verba). Sebagai nomina, berarti kemampuan atau kesanggupan (untuk berbuat sesuatu) atau bisa juga kekuatan. Sebagai verba, berarti mampu atau sanggup. Sedangkan kata ‘menguasai’ yang merupakan predikat dari kata ‘kuasai’ adalah mampu sekali dalam bidang ilmu. Kebetulan, ilmu yang akan kita bahas di sini adalah ilmu menulis. Jika sobat baraya menguasai matematika, wajar saja kalau nilai minimal sembilan selalu tertera di rapor untuk pelajaran matematika. Kalau menguasai ilmu menulis, sepertinya profesi penulis sudah layak sobat baraya sandang.

Kata ‘teknik’ bisa berarti pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industri (bangunan, mesin), tetapi juga bisa cara (kepandaian dan sebagainya) membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni. Tentu pembahasan kita adalah seni menulis. Luar biasa! Menulis yang (hanya) merupakan menyusun berbagai huruf menjadi kata-kata dan merangkai berbagai kata menjadi kalimat pun mengandung nilai kesenian. Dan seperti yang sudah kita pahami, seni adalah penyeimbang hidup manusia yang ‘kebanyakan’ selalu berhubungan dengan yang indah-indah. Jadi, percayalah bahwa tidak ada tulisan yang tidak indah. Semua tulisan adalah indah karena itu adalah bagian dari seni merangkai huruf.

Lalu bagaimana dengan ‘tahu’? Saya tidak akan membicarakan ‘tahu’ yang merupakan sejenis makanan yang terbuat dari kedelai. Bukan! Tetapi ‘tahu’ yang satunya lagi. Ada tujuh pengertian yang diberikan KBBI, namun dari semua itu hanya ada dua pengertian yang cocok dengan dunia kepenulisan. Yang pertama adalah mengerti atau berpengertian sedangkan yang kedua adalah pandai atau cakap. Dan sebagai pengingat, ‘tahu’ adalah kata dasar dari ‘pengetahuan’ yang selalu berhubungan dengan ilmu. Nah, sama halnya dengan bidang ilmu lainnya dan profesi lainnya yang menuntut sikap profesionalitas, sudah barang tentu kita harus mengerti apa itu tulisan dan bagaimana cara menulis dengan baik. Lebih lanjut lagi, bahkan kita pun dituntut untuk ‘pandai’, yaitu tahap selanjutnya setelah sobat baraya ‘mengerti’.

Apa yang menarik dari membaca sebuah karya yang bagus? Joni Ariadinata menjawabnya dengan pengetahuan, bertambahnya wawasan, mendapatkan makna “pencerahan” dari nilai-nilai yang ditawarkan, dan tentu saja terhibur. Sebuah karya bagus tidak lahir dari proses yang sederhana; sebuah karya bagus atau bermutu membutuhkan banyak perangkat, diantaranya adalah kemampuan menguasai teknik dan mengetahui betul apa yang ditulis. Nah, di sinilah benang merah mengapa di awal saya menjelaskan tentang Kutek dan Tahu: Kuasai Teknik dan Tahu.

Lebih lanjut lagi Mas Joni mengatakan bahwa menguasai teknik didapat melalui latihan. Latihan di sini adalah dengan latihan membaca banyak karya orang lain, kemudian latihan menulis, dan terus menulis tanpa jemu dan putus asa. Sedangkan mengetahui betul apa yang ditulis didapat dari dua hal terpenting, yakni: (1) melihat, mendengar, merasakan (meneliti secara empirik, membuka mata-telinga-hati pada setiap situasi), dan (2) “membaca ilmu” (yakni buku-buku, koran, makalah, jurnal, dan seluruh pengetahuan yang berhubungan dengan apa yang kita tulis).[]

Advertisements

9 thoughts on “Memperindah Tulisan dengan Kutek dan Tahu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s