HCTPS se-Dunia

Cuci tangan pakai sabun perilaku kecil yang berdampak besar

Bertambah lagi hari besar sedunia yang berkaitan dengan masalah kesehatan, yaitu Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) se-Dunia alias Global Hand Washing Day yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2009. Untuk skala internasional, HCTPS telah menjadi bagian dari deretan hari internasional yang sudah ditetapkan pada bulan ini, yaitu International Day for Natural Disaster Reduction (14 Oktober), World Food Day (16 Oktober), dan International Day for the Eradication of Poverty (17 Oktober). Sedangkan untuk skala nasional, HCTPS bersamaan dengan Hari Hak Asasi Binatang.

Harapan saya pribadi, semoga saja penentuan hari besar ini tidak sekadar simbolis semata yang terus diperingati tiap tahun, tapi juga menjadi bagian betapa pentingnya masalah kesehatan untuk dicermati oleh tiap manusia di seluruh dunia. Lihat saja Hari Internasional untuk Mereduksi Bencana Alam yang jatuh pada 14 Oktober sementara saat ini Sumatra Barat sedang berduka. Begitu pula dengan Hari Pangan se-Dunia dan Hari Internasional Mengurangi Kelaparan pada 16 dan 17 Oktober sementara kita semua tahu bahwa masalah pangan dan kelaparan selalu menjadi masalah klasik yang belum selesai-selesai. Korban gemba di Sumatra Barat dan Jawa Barat pun sekarang sedang menghadapi masalah kekurangan pangan yang tersendat di beberapa titik sementara bantuan sudah deras mengalir dari mana-mana. Begitu pula dengan masalah hak asasi tenaga kerja (khususnya) wanita Indonesia di luar negeri yang kembali terdengar, sehingga bagaimana mungkin kita menuntut hak asasi binatang.

Semoga saja hal itu semua hanya ketakutan saya saja yang cenderung pesimis. Akan tetapi, lupakan itu semua, yang terpenting sobat baraya memahami bahwa cuci tangan itu sebenarnya hal yang sederhana, namun kebanyakan dari kita telah menyepelekannya. Padahal, manfaat cuci tangan dengan sabun sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Seperti diketahui bersama, tangan yang belum dicuci mengandung banyak kuman penyebab penyakit. Cuci tangan dengan sabun dapat mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit yang berkaitan dengan diare sebesar 42-47 persen. Oleh karena itulah, kita harus membiasakan menjaga kebersihan tangan dengan cuci tangan pakai sabun.

Manfaat cuci tangan sangat banyak. Beberapa di antaranya adalah menjaga kebersihan diri, mencegah penyakit diare/mencret-mencret, mencegah penyakit cacingan, mencegah penyakit typhus, dan mencegah penyakit flu burung. Sedangkan kapan sebaiknya cuci tangan bisa dilakukan pada waktu sebelum dan setelah makan, sebelum melakukan kegiatan apapun yang memasukkan jari ke dalam mulut atau mata, setelah BAK dan BAB, setelah membuang ingus, setelah membuang sampah, setelah bermain dengan hewan/unggas dan hewan peliharaan, sebelum memasukkan dan mengeluarkan lensa kontak, dan sebelum mengobati luka.

Yuk, cuci tangan (dan syukur-syukur menyempatkan diri) pakai sabun agar kita bisa melindungi diri kita sendiri dari segala penyakit yang tidak diinginkan. Semua yang besar berawal dari hal yang kecil. Jadi, mulailah membiasakan diri kita untuk melakukan hal kecil seperti mencuci tangan pakai sabun. Nggak ada ruginya, kok. Cheers![]

Advertisements

22 thoughts on “HCTPS se-Dunia

  1. apalagi khususnya untuk anak kecil. kebanyakan kalo mereka sakit terutama radang sebenarnya berasal dari bakteri yang ada ditangan mereka. makanya anak2 kudu rajin cuci tangan.

    udah update kok postinganku hari ini bang…heee

  2. >> henny : gampang, kan.
    >> vicky : nah itu repotnya, gimana coba?
    >> adhie : mangga, dhie.
    >> wi3nd : kalau pake tanda kutip berarti pengecut.
    >> morishige : semoga saja, amin!
    >> boyin : nah, setuju itu, mas boy. oke, nanti bakalan mampir deh ^_^

  3. kok yang pertama ndak muncul ya bang..?masuk moderasi yach…hehehe..ya udah gapapa…..langsung yg ketiga ajah dech…maksih sekali lagi..dengan adanya program cuci tangan maka dengan secara tidak langsung ikut melariskan sabun bikinan-ku…makasih..makasih sekali lagi ๐Ÿ™‚

  4. oh iya…kalo sabunnya abis…pakai aja nuvo hand sanitizer…..itu juga bagus untuk melindungi tangan kita dari kuman…jangan lupa “jaga kebersihan”…..pamit dulu bang ๐Ÿ™‚

  5. kalo menurut saya, untuk melakukan hal seperti ini tidak perlu acara2 seremoni peringatan seperti itu, yg penting kita bisa terapkan itu di diri kita masing-masing. jika cuci tangan aja pake acara tahunan, jadi kesannya kita cuci tangan cuma satu tahun sekali sob ๐Ÿ™‚

  6. >> afwan : Mari cuci tangan!
    >> Diajeng : Banyak amat komennya. Bagus-bagus, promosi terus, tetapi untuk kebaikan nggak apa-apa kan. Selamat dan sukses deh….
    >> indra : Selamat sarapan….
    >> sepur : Sama-sama, paling tinggal dimasyarakatkan lagi.
    >> Sis : Haruslah….
    >> kodil : Ya, diharapkan kesannya tidak seperti itu. Sama dengan hari-hari penting lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s