Mengetik dengan 10 Jari

Seberapa cepat sobat baraya mengetik dengan sepuluh jari? Atau … seberapa cepat sobat baraya mengetik dengan sebelas jari? Ya, di sini sobat baraya bisa membuktikan mengapa mengetik sepuluh jari jauh lebih cepat daripada sebelas jari.

Ya, bisa jadi kita tidak pernah mengukur seberapa cepat kita biasa mengetik dengan sepuluh jari. Bagi seorang penulis, atau lebih spesifik seorang notulen, tentu hal ini bisa dijadikan ukuran. Saya sendiri tidak pernah berpikir untuk mengukur seberapa cepat saya mengetik dan ini pun masih ada ukuran lagi, yaitu seberapa banyak kesalahan mengetik dengan kecepatan seperti itu. Sampai pada akhirnya saya dipertemukan oleh sebuah situs yang sangat bermanfaat untuk mengukur kecepatan sepuluh jari kita, yaitu http://indonesian-speedtest.10-fast-fingers.com/.

Setelah mengunjungi situs yang dimaksud, saya pun disuguhi sebuah kesempatan untuk mengukur kecepatan jari-jari ini. Sebagai pemula (yang baru mengetahui adanya tes kecepatan ini), saya agak bingung juga bagaimana caranya. Setelah dicoba, ternyata tinggal mengetikkan kata yang tertera–dan jangan lupa untuk memberikan spasi setelah selesai mengetikkan satu kata–dan terus berlanjut. Pada kata terakhir, jangan bingung dengan langsung berhenti sementara waktu terus berjalan, tetapi sobat baraya langsung memberikan spasi hingga muncul kata-kata yang lain. Begitu seterusnya.

Pada percobaan pertama, saya berhasil mencapai nilai 236 yang berada pada posisi ke 6242 dari 20.838 orang yang telah mengikuti tes ini. Saya sendiri kurang mengetahui apakah jumlah ini hanya dari Indonesia saja atau seluruh dunia. Oke, kita asumsikan saja bahwa jumlah ini adalah mereka yang mengikuti tes dengan menggunakan bahasa Indonesia. Nilai ini pun menunjukkan bahwa saya telah mengetik 398 karakter tiap menit, yaitu sebanyak 54 kata yang betul dan 7 kata yang salah. Hingga saya pun disimpulkan sebagai orang yang sanggup mengetik 54 kata tiap menit. Fiuhhh!

Oleh karena sudah mengetahui cara melakukan tes kecepatan, saya pun mencoba sekali lagi. Sudah jelas, saya ingin hasil yang lebih baik lagi karena pada tes yang pertama lebih banyak kesalahan karena tidak mengetahui prosedurnya. Dengan persiapan yang matang, saya pun langsung mengetikkan secepat yang saya bisa dan seminim kesalahan yang saya mampu. Dan hasilnya … saya berhasil mencapai nilai 306 yang berada pada posisi ke 2393 dari 20.842 orang. Nilai ini menunjukkan bahwa saya telah mengetik 401 karakter tiap menit, yaitu sebanyak 60 kata yang betul dan 2 kata yang salah. Saya pun disimpulkan sebagai orang yang sanggup mengetik 60 kata tiap menit.

Ya, inilah hasil yang saya anggap sebagai kemampuan saya mengetik. Sobat baraya dapat melihat sendiri adanya peningkatan nilai sebanyak 70, naik posisi dari peringkat 6242 ke 2393, ada penambahan 3 karakter, penambahan 1 kata, mengurangi 5 kesalahan, hingga dianggap sebagai orang yang mampu mengetik 401 karakter per menit atau 60 kata yang betul selama satu menit. Nah, apakah sobat baraya tertarik untuk mencobanya? Jika ya, seberapa cepat kemampuan sobat baraya dibandingkan saya?[]

Advertisements

12 thoughts on “Mengetik dengan 10 Jari

  1. >> ihwan : lumayan, lah….
    >> prediksi togel : nggak apa-apa, mbah, yang penting nulis terus….
    >> cara membuat blog : betul itu….
    >> henny : pasti seru, buat memahami kecepatan kita sendiri ^_^

  2. aku 37 per menit, rasanya udah maksimal d, yang sampai 40 bahkan 60 kata per menit itu di tiap ujung jarinya ada malaikatnya kali yeee???…^_^

  3. >> ira : Nggak juga, karena sudah terbiasa saja dan sering banget. Apalagi kalau ditanya tukang ketik di pengadilan, dijamin jauh lebih cepat lagi ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s