Sepeda Ampibi

Musim banjir telah tiba. Tidak hanya Jakarta sebagai kota metropolitan yang selalu berlangganan banjir, Bandung yang seharusnya jadi tempat ‘istirahat’ bagi orang-orang Jakarta pun juga ikut terendam banjir. Tidak main-main, bahkan banjir yang terjadi di Cieunteung pun hitungannya sudah mingguan dan mayoritas penduduknya kini tinggal di beberapa titik pengungsian. Beberapa kendaraan bermotor sudah tak mampu lagi, beberapa bahkan mogok di tengah jalan hingga terpaksa diangkut rakit. Untuk kedalaman tertentu, sepeda masih bisa digowes, selebihnya ….

banjir1

Di Cina, seorang bapak mencoba berkreativitas atas sepedanya dengan penambahan beberapa galon air dan beberapa kipas pada ban belakang. Li Weiguo, penduduk Wuhan, Provinsi Hubei, Cina, berhasil menciptakan sepeda ampibi, sepeda yang bisa digunakan di darat (dengan menaikkan galonnya) dan juga bisa digunakan di air (dengan menurunkan galon).  Kendaraan rakitannya itu diujicobakan oleh anaknya sendiri, Li Jin, pada 30 Mei 2009. Dan ternyata … memang berhasil!

banjir2

Mungkin inilah kendaraan yang bisa disebut sebagai kendaraan yang bebas polusi dan bebas banjir! Mungkinkah kendaraan ini bisa dimasyarakatkan di daerah-daerah banjir di Indonesia?[]

banjir3

NB: Foto teratas diambil oleh Om Tiyo B2W (13/02), sedangkan sisanya diambil oleh Zhou Chao/ChinaFotoPress [http://en.chinafotopress.com/index/search].

Advertisements

11 thoughts on “Sepeda Ampibi

  1. wow… kalo pesawat ampibi itu udah biasa kalo sepeda ampibi nah ini seumur2 saya baru tau ya ketika berkunjung pertama kali ke blog nya mas..

    salam kenal …

  2. >> alfon : Hehehe … salam kenal juga.
    >> Bah Rully : Ayo, siapa yang mau bikin?
    >> Rivano : Hayu lah…. siapa yang buat?
    >> Abang Eddy : Kayaknya bisa tuh, Bang, contohnya sudah dicobakan pada beberapa rumah terapung di Jatiluhur hehehe….

  3. kreatif ban9,bisa bon9kar pasan9kan?
    klu banjir baru dech dipasan9 9alonnya,klu kemarau lepas,abis klu kemarau pake 9alon cemmana 9etooh ehheh

    *jadi in9et film my name is khan,waktu Khan memompa banjir d9 sepedanya…

  4. >> wi3nd : Iya, bisa bongkar pasang. Nggak dibongkar juga bisa usaha sambilan alias jualan air hehehehe…. Kepengen nontonnya….
    >> lia : Iya, dong … karena terpaksa!

  5. Kebayang deh ada sepeda belasan hingga puluhan juta tapi membawa galon2 air seperti di atas … 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s