(Menuju) Tulisan Baik

Saya pernah menjelaskan di sini bahwa latihan adalah segalanya dan tanpa latihan, seseorang bukanlah siapa-siapa. Sobat baraya ingin menjadi perenang maka berenanglah setiap hari agar sobat baraya bisa berenang dengan baik dan menjadi perenang terbaik. Berlatihlah menulis kalau sobat baraya ingin menjadi penulis. Tidak ada alasan kuat untuk tidak menulis setiap hari kalau sobat baraya sudah terjun bebas menjadi penulis profesional. Latihan tidak hanya membuat ketajaman tulisan sobat baraya semakin mantap, tetapi juga membuat sobat baraya semakin dikenal sebagai seorang penulis yang terus menjaga konsistensi atau ritme menulisnya.

Apabila dihubungkan dengan rumus matematika maka A = B dimana A adalah menulis setiap hari sedangkan B adalah tulisan baik. Artinya, menulis setiap hari akan menghasilkan tulisan yang baik. Inilah proses latihan yang terus menerus, yaitu dengan cara membiasakan diri menulis dengan memperbaiki kekurangan cara menulis kita kemarin sekaligus menambah kekuatan tulisan kita dengan segala macam pernak-pernik kepenulisan yang ada (dan kalau perlu menciptakannya sendiri).

Perlu diingat bahwa tulisan yang baik bisa terjadi apabila sobat baraya mau menulis setiap hari. Sama halnya saat sobat baraya setiap hari bersepeda melewati rintangan yang sama, maka suatu saat sobat baraya akan lebih mudah melewati rintangan itu jauh lebih baik tanpa merasa khawatir atau jantung berdetak cepat. Ya, menulis setiap hari adalah cara terbaik untuk menulis lebih baik lagi. Persis yang pernah dilakukan oleh John Steinbeck di sini.

Menulis secara teratur akan meningkatkan daya kreativitas kita. Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa dengan menulis setiap hari maka mereka akan segera kehilangan banyak ide. Itu anggapan yang keliru! Saya pernah menjelaskan di sini bahwa ide sangat banyak sekali di sekitar kita. Jangan pernah khawatir bahwa ide akan habis karena setiap hari kita mengalami kejadian yang berbeda meskipun melewati jalan yang sama dan situasi yang sama. Tidak ada yang kejadian yang sama setiap hari, sama halnya dengan bertambahnya usia kita setiap hari. Menulis setiap hari akan membuat sobat baraya jauh lebih kreatif dalam mengolah kata. Semakin sering sobat baraya berkreasi, tentu sobat baraya akan semakin kreatif. Menulis setiap hari bahkan akan memberikan sobat baraya banyak ide yang harus dituliskan.

Jadi, jika sobat baraya ingin membuat tulisan yang baik, maka berkomit dan tanamkan pada diri sobat baraya sendiri untuk mau menulis setiap hari. Tanamkan pada diri sendiri untuk menulis sesuai jadwal yang telah dibuat setiap hari. Menulislah pada waktu-waktu itu, sehingga seolah-olah nantinya kita akan secara otomatis menulis tanpa harus merasa tertekan. Sama halnya dengan shalat yang dilakukan lima kali sehari sebagai kewajiban, akan ada yang hilang saat sobat baraya tidak shalat. Jika hidup kita hanya untuk shalat saja (beribadah kepada Allah) sementara waktu kita bekerja atau bersekolah hanyalah untuk mengisi waktu sambil menunggu waktu shalat berikutnya, maka tanamkan pada diri kita bahwa kegiatan selain menulis hanyalah merupakan aktivitas mencari ide yang nantinya akan dituliskan pada waktu menulis berikutnya.

Maukah sobat baraya menulis setiap hari demi menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi? Saya pun terus berusaha menulis setiap hari. Saya terus menulis di blog, saya menulis untuk lomba, saya menulis modul-modul pelatihan, saya menulis buku, saya menulis cerpen, saya menulis catatan harian, saya menulis pekerjaan apa yang harus dilakukan di kantor, dan seterusnya. Semuanya begitu majemuk. Kehidupan kita begitu indah untuk dilewatkan begitu saja. Semuanya sangat bermakna untuk dituliskan, agar kehidupan kita bisa menjadi sejarah, minimal untuk orang-orang terdekat.[]

Advertisements

17 thoughts on “(Menuju) Tulisan Baik

  1. termasuk menulis diair ban9 😛

    aku belum bisa menulis setiap hari,tapi in9in belajar untuk menuju tulisan yan9 baik,jadwalku adalah 3 tulisans setiap min99unya,itu maksimal,tapi selebihnya ju9a jaran9 nulis 😀

    jadi kapan menuju tulisan baiknya wieeennnnn?

    iyaah,ini la9i belajar dari ban9 aswi 🙂

    makasi ya ban9 🙂

  2. >> wi3nd : Selama kita mau belajar, selam itu pula tulisan kita akan menjadi jauh lebih baik lagi. Luar biasa kalau wi3nd sudah membuat 3 tulisan setiap minggunya. Lanjutkan!

  3. bang aswi,
    saya setiap hari sudah buat jadwal untuk menulis, tapi selalu saja tertunda… sepertinya harus digeber lagi nih…

  4. klo menulis setiap hari belum bisa, bang. tapi paling tidak selalu menulis rutin. ah, ajdi ingat kutipan andrias harefa, menulislah dengan penuh cinta 🙂

  5. >> zee : Iya, jadwal yang sudah ada memang harus ditaati, bukan sebagai pajangan saja. Ayo, geber lagi! ^_^
    >> fety : Ya, dimulai dari yang rutin2 aja dulu alias konsistensi. Dan benar .. menulislah dengan cinta!

  6. Bang Aswi, saya selalu menyempatkan menulis tiap hari…seringnya menulis di agenda pribadi. Untuk di kirim ke Media sering ga’ PD meski pernah di muat satu kali…

  7. Hiks, gw mah Bang nulis ga pake jadwal. Kalo ada waktu baru deh, secara punya baby ribet gituh perasaan. Mmmm…salah yah? Apa harusnya teteup dibikin jadwal??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s