Senandung Wajah Jalanan

Wajah jalanan itu sumringah. Tidak ada yang bisa dibohongi pada dialog wajah. Semua menyiratkan kejujuran. Pun pada wajahnya yang sebetulnya telah lelah.
===“Sudah. Sudah. Sudah cukup memujinya,” ujarnya memotong. “Lebih baik, kita langsung bagi-bagi hasil. Itu, kan, yang kalian tunggu dari tadi. Hehehehe….”
===“Bener, Bang.”
===“Sip lah, Bang.”
===“Dari tadi, kek.”
===Wajah jalanan itu pun dengan cekatan menghitung lembaran rupiah yang ada di tangannya. Lembaran-lembaran rupiah beraneka warna yang keluar dari dompet-dompet tak bertuan.
===“Jangan protes, ya. Masing-masing akan dapet dengan adil. Mengerti?”
===“Mengerti, Bang.”
===“Ngikut aje, Bang.”
===Dan masa pembagian hibah pun selesai. Wajah-wajah sumringah semakin banyak yang terbit. Masing-masing menyembulkan giginya dari bibir yang tertarik ke atas. Mata-mata mereka tampak kelaparan saat tangan mereka memegang dan menghitung lembaran rupiah masing-masing. Hasil mencopet mereka hari ini.
===Tak lama, masing-masing pun memisahkan diri. Memencar untuk kembali memuaskan hasrat mereka yang belum terpecahkan sedari pagi. Meninggalkan wajah jalanan yang ikut puas akan hasil kerja anak buahnya.
===Setelah mengeluarkan nafas sekali tiup, wajah jalanan itu pun berjalan. Tepat ketika azan maghrib berkumandang, wajah jalanan itu telah masuk ke dalam rumah sederhananya.
===“Bapaaak!” teriak seorang anak perempuan langsung merangkul dirinya. “Pak, Gina berhasil puasa penuh hari ini. Yuk, buka bareng….”[]

NB: Cerpen ini disertakan pada Lomba CERPEN “AKU, KAMU, DAN RAMADHAN” yang diselenggarakan oleh http://cerpentigatujuh.blogspot.com/. Syarat cerpen ini sangat mudah, yaitu tidak boleh lebih dari 200 kata.

Advertisements

5 thoughts on “Senandung Wajah Jalanan

  1. Cerita yang mencolek.. 😛

    Speechless ah saya mah..

    Ngasih makan keluarga dengan uang haram kan gak boleh..

    Tapi karena pintu tobat senantiasa terbuka, semoga Allah memberi hidayah untuk bertaubat dan mengampuni segala kesalahan2nya.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s