Puisi: Kekuatan Kata yang Luar Biasa

Sosok itu pernah mengadakan survey kecil-kecilan. Tidak jauh-jauh, media yang digunakan adalah media jejaring sosial yang memang lagi digandrungi oleh manusia Indonesia. Tak lain dan tak bukan adalah kata dalam bahasa Inggris yang berarti “Buku Muka”. Siapa pun tahu tentang media yang efeknya luar biasa ini. Dari tidak kenal menjadi kenal, dari berpisah menjadi bertemu kembali, sampai dari rasa sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat tiba-tiba menjadi autis. Ini masalah prioritas sebenarnya.

Survey yang dilakukan adalah memberikan “sekadar” ucapan pada orang yang berulang tahun. Tidak pada wall-nya, melainkan pada inbox-nya. Ini pun sudah masuk ke dalam kehidupan pribadi mereka karena tidak ada yang tahu kecuali mereka berdua. Sangat berbeda jika melalui wall, dimana hampir seluruh penghuni “Buku Muka” ini mengetahuinya. Untuk memberikan efek kejutan, sosok itu pun menaburkan ucapan selamatnya dalam bentuk puisi.

Berkata-katalah dengan cinta
Kata-kata yang bermakna
Seperti lautan yang bertaburkan mutiara
Atau kehidupan yang penuh canda dan tawa
Met Milad ya …
Semoga selalu mendapatkan yang terbaik

Puisi menurut KBBI online adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Bahasa lainnya adalah gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus. Luar biasa!

Dari kata-kata yang sederhana itu, ternyata efeknya menjadi spektakuler. Tak pernah dibayangkan sebelumnya oleh sosok itu bahwa makna ucapan ulang tahun yang dikemas dalam bentuk puisi bisa berdampak lebih dari yang seharusnya. Manusia adalah makhluk sosial. Manusia membutuhkan komunikasi agar dapat dianggap eksis. Dan mereka pun membutuhkan perhatian (lebih) dari orang lain. Apalagi dari mereka yang sudah dianggap dekat. Ini penting. Dan karena itulah harus dijaga masalah komunikasi ini.

Seingatnya sudah banyak orang yang jadi “korban” dari kata-kata ini. Namun yang tercatat hanya 46 orang. Dari semuanya, rata-rata berkomentar betapa senangnya mereka mendapatkan ucapan selamat itu dan mengaminkannya. Mereka senang dengan kata-kata indahnya. Beberapa memaklumi karena sosok itu adalah seorang penulis. Beberapa merasa surprise dan tak menduga bahwa sosok itu begitu melankolis. Namun beberapa malah beranggapan lain. Nah lho?!

Hanya ada dua orang yang jawabannya membuat sosok itu tersenyum. Satu orang tidak hanya membuatnya tersenyum, tertawa malah. Jawabannya adalah “Trims yah atas ucapan met ultah buat istriku, lain kali tdk usah lewat in box yah, di wall saja sdh cukup”. Wow! Ternyata akun sahabat saya ini dibuka atau dibaca oleh suaminya yang ternyata cemburu. Mudah-mudahan Sang Maha membuka pintu maaf pada sosok itu atas keteledorannya. Dan jawaban kedua berasal dari pasangan jiwa sosok itu. “Thanks honey atas segala pngertian dan keberadaanmu mmmmmmmmmmmmmmmuachhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.” Pasti kepengen?[]

Advertisements

14 thoughts on “Puisi: Kekuatan Kata yang Luar Biasa

  1. >> Boyin : Apa kabar, Mas? Yuk ah, terus bikin puisi, terutama untuk pasangan jiwa kita ^_^
    >> Julie : Nulis atuh. Wah, terpana juga ya ….
    >> Ade : Prikitw! Manis euy!

  2. >> puteri : Memang, karena itulah kita harus bijak menyebarkannya. Dan untuk kasus di atas, untung baru tahap penelitian dan kebanyakan para ‘korban’ sudah tahu siapa sosok itu ^_^

  3. hehe, begitulah efek puisi, bahkan sebuah puisi juga dapat menjadi pemicu pembunuhan bagi penulisnya. Sebut saja Mutanabbi, penyair masa kekhalifahan Abbasiyah yang terbunuh karena salah satu syair yang di tulisnya….:-)

  4. Bukan puisi yang aku suka, tapi menulis apa saya. Tapi ketika ada suatu kejadian yang menimpa diri dan sangat membekas, baik itu tentang cinta atau kekaguman, maka begitu saja terlahir untaian kata dalam bentuk puisi. Jadi kekuatan dari dalam yang melahirkan kata-kata indah dan bermakna (setidaknya bermakna untuk diri sendiri dan diri mereka yang merasa senasib dengan penulis, hehehehehe…..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s