Lomba: Mengasah Kemampuan

Beberapa tidak suka dengan kompetisi. Mereka langsung tiarap atau menggeleng saat mendengar istilah lomba. Entah di benak mereka. Padahal hidup itu adalah berkompetisi. Kita adalah produk kemenangan mutlak satu sperma dari berjuta-juta sperma. Kita menjadi seperti yang sekarang ini pun adalah proses dari kompetisi yang berkelanjutan, disadari atau tidak. Dan sosok itu adalah fans dari kompetisi.

Sosok itu dibentuk oleh beberapa lomba. Paling diingat adalah saat perayaan hari kemerdekaan negara ini saat sosok itu masih berseragam putih merah. Meski bangun kesiangan, ia berlari dan mengikuti lomba memasukkan pensil ke dalam botol (pensil digantungkan di belakang celana dan memasukkannya dengan cara seperti orang yang BAB). Lomba baru dimulai sementara lomba-lomba yang lain sudah selesai. Dan ternyata, sosok itu berhasil meraih juara pertama.

Masih di tingkat SD, sosok itu dipercaya mengikuti beberapa kompetisi seperti menggambar, kaligrafi, dan cerdas cermat keagamaan. Begitu pula saat berseragam putih biru pada kompetisi bahasa Inggris, matematika, atau pelajar teladan. Pada saat berseragam putih abu-abu kompetisinya makin mengerucut khusus pada bidang matematika dari tingkat antarkelas hingga antarsekolah se-Jakarta. Dan berbagai juara telah diraihnya.

Meski sudah tidak berseragam lagi, sosok itu masih rajin mengikuti lomba. Tak heran kalau sosok itu makin dikenal saat menjuarai beberapa lomba, khususnya menulis. Sebut saja lomba menulis blog atau beasiswa kepenulisan. Sosok itu merasa bahwa kompetisi telah membentuknya menjadi pribadi yang tangguh. Kegagalan karena naskah ditolak atau sering kalah tidak membuatnya berhenti menulis. Masih banyak PR yang harus ditulisnya.

Buat kawan-kawan, di bawah ini ada beberapa lomba yang bisa diikuti. Jangan pernah berpikir bahwa karya kita belum layak atau memiliki perasaan minder saat pesertanya banyak dan mampu. Berjuanglah semampunya dan cari celah tema-tema yang unik untuk digarap. Apabila sudah berusaha, serahkan hasilnya pada para juri dan Sang Maha. Di luar itu, sebenarnya masih banyak lagi kompetisi yang bisa dicari dengan mudah karena teknologi informasi yang sangat terbuka.

  1. Lomba Menulis Naskah Komik yang diadakan oleh Indscript Creative. Ini bukan lomba membuat komik, tapi menulis naskah komik yang diharapkan menarik, kreatif, dan kaya nilai. Hadiahnya tidak sedikit, apalagi bekerjasama dengan Brownies Amanda. Deadline-nya adalah 29 Januari 2011. Keterangan lebih lanjut silakan lihat di sini.
  2. Lomba Blog Cermin Berhikmah yang diadakan oleh Blog Camp. Blogger satu ini memang rajin membuat lomba. Hadiahnya pun tidak bisa dibilang sedikit. Lumayan lah untuk melatih teknik kepenulisan kita. Deadline-nya adalah 31 Januari 2011. Keterangan lebih lanjut silakan lihat di sini.
  3. Lomba Mengarang Cerpen Khusus Guru yang diadakan oleh Majalah Bobo. Guru sebagai pendidik ditantang untuk menulis kisah yang indah, menarik, sekaligus mengandung nilai moral pada anak. Deadline-nya adalah 31 Maret 2011. Keterangan lebih lanjut silakan lihat di sini.
  4. Lomba Fotografi dan Digital Imaging untuk Alam yang diselenggarakan oleh Teh Kotak. Objek foto bebas asal tetap menonjolkan produk teh kotak sebagai salah satu elemen karya foto. Hadiahnya lumayan besar. Deadline-nya adalah 9 Maret 2011. Keterangan lebih lanjut silakan lihat di sini.
  5. Lomba Desain Batik Nasional yang diadakan oleh Yayasan Akar Wangi. Desain batik yang dikirim harus bertema post modern, flora fauna, dan youth culture. Hadiahnya sangat menarik. Deadline-nya adalah 30 Maret 2011. Keterangan lebih lanjut silakan lihat di sini.[]
Advertisements

10 thoughts on “Lomba: Mengasah Kemampuan

  1. Sepertinya begitu. Semoga bisa belajar dari Bang Aswi yang ikutan program wordpress Post A Day 2011. Tetap semangat menulis ya Bang 🙂

  2. wah, bagus nih bang klo sahabat blogger yang lain juga sering berbagi info mengenai lomba2 yang diadakan.
    kalau ikut dan menang kan alhamdulillah
    kalau ikut tpi blum menang, setidaknya nambah teman dan bisa eksis
    kalau nggak ikutan yah nggak bakal dapat apa-apa, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s