Eksis di Media Massa

Hal yang lumrah jika seseorang ingin dikenal. Ingin dianggap. Tak heran kalau beberapa pun menggunakan berbagai cara untuk memuluskan jalan itu. Dari yang normal sampai yang sudah tidak wajar lagi. Bagi orang-orang tertentu, menggunakan cara yang unik atau tidak biasa bisa jadi jalan. Dan memang, eksis dianggap suatu seni tertentu agar dapat dikenal dan dikenang.

Sosok itu beberapa kali menunjukkan keeksisannya. Tidak hanya melalui tulisan yang memang sudah mendarah-daging di media massa. Tercatat, sudah ada empat kali fotonya terpajang di media massa. Anggap saja tidak disengaja. Akan tetapi, hal itu pun karena akitivitasnya di beberapa komunitas. Ya, semakin kita aktif, semakin eksis pula seseorang. Sangat berbeda bagi yang ingin tiarap dan tidak melakukan apa-apa.

Kegiatan olah fisik yang paling digandrunginya adalah bersepeda yang telah dilakoni secara serius pada 2005. Beberapa pesepeda sudah biasa eksis. Eksis yang narsis. Hanya bekal kamera atau HP terbaru, eksislah dia dengan berbagai komentar pada halaman foto di jaringan sosial. Sosok itu bersepeda murni dari hati. Sehingga ketika beberapa kawan berhenti atau istirahat sejenak dari kegiatan bersepeda, sosok itu masih asyik saja menggowes.

Pada pembentukan B2W chapter Bandung, sosok itu beruntung fotonya termuat di Koran Sindo, 2007. Tema “Hidup Sehat dengan Bersepeda” menemani aktivitas bike to work yang memang sudah dijalaninya. Dengan berhelm biru, sosok itu sedang asyik bersepeda melewati Jl. Jawa bersama dua orang kawan sekantornya. Awal yang baik bagi kegiatan menyehatkan, tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi lingkungan hidup.

Profesi awalnya adalah penulis, tak heran kalau sosok itu begitu serius di komunitas kepenulisan. Selain Forum Lingkar Pena (FLP), sosok itu juga aktif di Forum Penulis Bacaan Anak-anak (PBA). Tepat pada acara gathering pertama di Bandung, sosok itu pun kembali beruntung menghiasi Koran PR dengan rompi khas sepedanya. Tema “Bangun Jejaring Kepenulisan” menambah daya tarik berita tentang komunitas di Minggu yang tenang, 19 April 2009.

Menulis pada era ini rasanya tidak lengkap kalau tidak mengenal blog. Blog layaknya diari online yang sedikit berbeda dengan diari rahasia yang tersimpan di dalam lemari terkunci atau di bawah bantal dan kasur. Perkembangannya pun begitu signifikan hingga beberapa penyedia blog gratis dari luar negeri menyediakan layakan bahasa Indonesia karena begitu banyaknya blogger dari negeri liliput ini.

Sebagai seorang blogger, sosok itu pun terlibat pada salah satu komunitas blogger asal Bandung, yaitu Batagor (Bandung Kota Blogger). Beberapa kegiatan diikutinya dan dua acara diliput oleh media massa. Di sanalah wajah sosok itu terpampang begitu jelas. Yang pertama di rubrik komunitas Koran PR, 7 Januari 2009. Bukan kebetulan, foto itu diambil setelah Batagor merayakan miladnya dengan berbagi kesenangan di Panti Asuhan Annida. Tema “Blog, Keunikan Budaya Digital” semakin mempermanis liputan tersebut. Sedangkan liputan kedua adalah kegiatan Batagor mempelajari sejarah gedung-gedung tua di Kota Bandung. Sosok itu kebetulan membawa serta putri pertamanya, Bibing. Tak disangka, keberuntungan menyertainya. Harian Tribun Jabar mencatatnya (11 Maret 2009) dalam bentuk tulisan dan foto dengan tema “Keliling Indonesia di Jalanan Kota Bandung”.[]

Advertisements

6 thoughts on “Eksis di Media Massa

  1. jadi bertanya2 siapa yang dibicarakan diatas, dan sudah dijawab oleh bunda mahes, jadi betul tho, yg difoto mpunya blog ini 😀 . selamat deh 🙂

  2. yg namanya manusia, kapan dan dimanapun dia berada… klu kesempatan bagus pasti di manfaatin sebaik2nya buat ttp bsa eksis 🙂 bin narsis.. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s