Maka Menulislah Tiap Hari

Apa yang bisa digambarkan dari sebuah kamar? Banyak. Mulailah dari bawah dan lihatlah bagaimana lantai itu terbuat. Dari ubin. Dari keramik. Atau mungkin dari sesuatu yang takterbayangkan oleh kita semua. Lihatlah berapa panjang sisi-sisinya pada setiap kotak. Berapa jumlah ubin/keramik yang dibutuhkan untuk sebuah kamar. Bagaimana coraknya. Bagaimana sensasinya. Kaupun juga bisa menggambarkan perasaanmu pada kamarmu.

Lalu lihatlah barang-barang yang ada pada sebuah kamar. Lihatlah benda-benda besar yang ada. Lemari. Meja. Mungkin tempat tidur. Simetrikah? Apakah semuanya terbuat dari kayu atau dari bahan plastik dengan pengemasan tertentu. Ataukah dari besi yang membutuhkan pengerjaan seorang tukang las profesional. Lalu warna apa yang cocok untuk keberadaan mereka semua. Rasakan dan amatilah. Jangan lupa pasti masih ada bantal, guling, sprei, taplak, dan pakaian di dalamnya. Barang-barang elektronik mungkin ada.

Amati pula benda-benda kecil yang bisa jadi luput dari perhatian kita. Buku. Alat-alat tulis. Mainan. Jangan lupa dengan gorden yang terikat pada sebuah jendela. Hei, masih ada lampu di atas sana. Langit-langit jangan dilupakan. Panjang sisi-sisinya mungkin bisa dihitung. Jumlahnya apa lagi. Warnanya sudah pasti harus dijabarkan. Belum bunga kering yang teronggok di atas meja. Jenis bunga apakah mereka. Ada berapa kelopak berapa daun berapa mahkota berapa warna dan berapa tangkai. Masih banyak yang perlu diperhatikan dari sebuah kamar.

Takperlulah mencari sesuatu yang besar atau luar biasa untuk sebuah tulisan. Lihatlah baik-baik akan sebuah kamar yang biasa ditempati. Amati satu persatu dari mereka. Lalu tulislah apa adanya. Setiap hari. Ya, tulislah tentang keadaan kamarmu setiap hari. Itulah teknik kepenulisan yang benar-benar mujarab. Tulislah keadaan kamarmu secara detail dengan setiap hari. Dan akan kautemukan penguasaan kata pada tulisanmu nantinya.

Seminggu kau menulis tentang keadaan sebuah kamar, setiap hari akan kautemukan kata-kata lugas dan menari pada tulisanmu. Setiap hari kaumenulis tentang keadaan kamarmu, setiap hari akan kautemukan detail pada mereka. Bahkan, mungkin akan kautemukan sesuatu yang sering luput dari perhatianmu selama ini. Ya, takperlulah berusaha menulis yang jangkauannya takdapat kauraih. Cukup lihatlah keadaan kamarmu. Tuliskan saja apa adanya tentang kamarmu. Itulah ilmu kepenulisan yang harus kaukuasai.

Maka menulislah setiap hari.[]

Advertisements

21 thoughts on “Maka Menulislah Tiap Hari

  1. Saya sangat setuju sekali, terkadang bingung dengan tema tulisan apa yang akan kita buat, padahal dari hal disekeliling kita bisa terbuatlah sebuat tulisan. Semoga saya bisa menulis setiap hari. πŸ™‚

  2. kalau begitu ga ubahnya dengan membuat diary ya bang,padahal saya kurang suka membuat diary tp perlu di coba nih….makasih bang πŸ™‚

  3. Kata pertama atau kalimat awal yang kita tulis adalah pintu gerbang yang dibuka untuk kalimat-kalimat selanjutnya. Dan sebenernya banyak hal memang yang bisa dijadikan inspirasi tulisan.. asal satu aja : ada niat menulis, semua terlaksana

  4. maka menulis lah tiap hari,
    sedang di usahakan bang.
    tiap hari.
    walau hanya satu kalimat. karena pernah ada masa nya aku nulis tiap hari. tiap hari pake tangan.
    yah walaupun hanya bercerita tentang kenapa hari ini si itu gak keliatan di kantin, kenapa tadi di jemputan si mas anu pendiem banget
    (idih juga yah kalau di ingat – ingat sekarang)
    hahahhahahaha

  5. sangat bersyukur bisa tau blog nya bang aswi. saya semakin banyak belajar dari bang aswi.
    Alhamdulillah πŸ™‚
    yuuup dan saya akan berusaha untuk menulis tiap hari πŸ˜€

  6. Menulis dari apa yang kulihat , kudengar, kurasakan dan sedang kupikirkan. itu yang kulakukan selama ini , meski belum bisa setiap hari karena berbagai alasan dan pertimbangan. Insya Allah, dengan semangat dan tips yang dibagikan semacam ini, keinginan untuk menulis setiap hari semakin kuat, semoga tidak hanya kuantitas yang nanti dikejar, tapi kualitas juga harus dipertahankan.
    Terima kasih bang.

  7. menulis memang bisa menuangkan segala uneg-uneg dan pikiran kita… . dan alangkah indahnya jika tulisan kita bisa tidak hanya sekedar tulisan tapi bisa memberikan manfaat untuk pembacanya.

  8. >> zan : apa pun namanya semua bermula dari sana. bahkan yang serius sekalipun …
    >> boyin : alhamdulillah, lanjutkan mas boy!
    >> gaphe : betul! niat menulis, itu saja ….
    >> mama ina : pasti bisa, ayolah …

  9. >> ais : apa pun bisa ditulis. kalau hari itu menulis banyak, berbagilah untuk hari esok. maksudnya 2 tulisan perhari bisa untuk 2 hari ^_^
    >> jasmine : alhamdulillah kalau begitu. Hayu menulis tiap hari….
    >> abi sabila : jika kuantitas semakin mantap, kualitas pun juga akan semakin berimbang. kurang lebih hukumnya seperti itu meski tidak terlalu saklek….
    >> gie : jadi, sudahkan gie meliriknya? ^_^
    >> erlin : wlkmslm, salam kenal juga teh erlin. semoga targetannya tercapai…
    >> mauna : itulah yang harus kita kejar. yuuuk!

  10. Teknik menulis deskkripif yg menari bang..
    dimulai dari yang paling dekat dengan kehidupan kita
    kamar dan segala detailnya..
    hehehehe
    aku mau nyoba ah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s