Dua Orang Perempuan

: Cerpelai
Cerita Pendek Sekali
Ah … terdengar terlalu alay
Semoga tetap berarti

Seorang perempuan tua duduk di depan lapak kecil di tepi jalan, dengan baju-baju beraneka warna. Seorang perempuan kecil datang menghampiri. Rambutnya kusut dan kulitnya berbusik. Wajahnya memancarkan kekhawatiran. Hingga akhirnya ia menyodorkan plastik hitam yang dibawanya.

“Maaf, Mbah. Mbah bisa menolong saya?”

“Nolong apa?”

“Ini baju saya, Mbah. Baju lebaran saya tahun lalu.”

Plastik hitam berpindah tangan. Satu baju yang sudah kotor dan lusuh dikeluarkan.

“Saya tidak punya baju lagi untuk lebaran nanti, Mbah. Mbah mau menolong saya, kan?”

Si perempuan tua bangkit. Ia pun melihat-lihat baju anak di belakangnya dan mengambil salah satunya. Ia langsung menyerahkannya pada si perempuan kecil. “Ini buat kamu.”

“Benar, Mbah?” Si perempuan kecil tertawa. Giginya tidak rata dan berwarna hitam sebagian.

“Baju ini bawa lagi.” Plastik hitam berpindah tangan kembali.

Perempuan kecil itu lalu memasukkan baju barunya ke dalam plastik hitam, dan pergi dengan mata berbinar.[]

NB: Cerpelai di atas memiliki 142 kata, 837 karakter (tanpa spasi), dan 968 karakter (dengan spasi). Judul dan NB ini tidak masuk hitungan ya….

Advertisements

33 thoughts on “Dua Orang Perempuan

  1. biar cerpelai tapi inti ceritanya kena, tak berpanjang-panjang kata bang aswi…
    jadi teringat sebuah acara reality show minta tolong di tv… kadang yang nolong malah orang kecil lagi….

    >> Syukurlah kalau langsung mengena. Iya, biasanya memang seperti itu…

  2. Subhanallah.. mulia sekali hati si Mbah ya Bang!
    Ceritanya bikin penasaran! saya pengen tau kelanjutannya! 😳

    >> Alhamdulillah, si Mbah memang mulia. Eh, emang ada kelanjutannya?

  3. wah itu mah julie banget bang
    aku suka banget nulis cerpelai

    ayo katanya bang aswi mau bikin cerpen dari puisiku
    *nagih*

    >> Owh, Julie banged! Nanti ya, kita bikin buku duet xixixixi (gak janji ah ^_^)

  4. cerpelay ya? k1rA1n TuL1s4nYa Al4y
    haha, tapi maknanya dapet banget tuh. kalo mau lebara, tawarkan baju pada nenek2 gitu kan
    peace 😀

    >> Iya, pengennya tulisannya alay gitu tapi gak biasa aja hehehe …

  5. bener-bener pendek
    asli cerita pendek
    iya kan Bang?

    sedj

    >> Kalau cerpen bisa sampai 6 halaman, tapi ini cerpelai, jadi jauh lebih pendek lagi …

  6. cerpelai cerita pendek sekalai dong?
    haha
    pantes dibilang terlalu alay.
    tapi cerpen ga sampe 6 halaman juga ah, 3-4 aja.

    >> Iya, emang alay hehehehe. Itu juga betul. Sebenarnya dalam karya sastra tidak ada pengotak-kotakan, hanya mempermudah para peneliti sastra saja ^_^

  7. tak perlu berpanjang kata untuk menyampaikan sebuah makna. Saya harus banyak belajar menulis lagi di sini.

    >> Iya, menulis kisah pendek jauh lebih sulit daripada berpanjang-panjang ria.

  8. saya baru dibatas penikmat cerpen nih Bang (jadi kapan saya bisa mulai berguru 🙂 ). di cerpelai aja saya seperti ikut melihat kegiatan dua perempuan, apalagi disebuah cerpen..

    >> Kapan-kapan harus jadi pelakunya ya …

  9. bang, sering – sering dong bang bikin postingan tentang cerpelai kek gini
    aku lagi mau belajar bikin cerpelai yang gak alay
    😀
    serius loh ini
    karena aku mau nyoba mbikin cerpelai

    >> Insya Allah, semoga bisa menunjukkan beberapa cerpelai ya …

  10. saya baru tau istilah cerpelai utk ini.. kira-kira, cerpelai itu apa ya?!?! bukannya nama binatang?!?

    >> Iya, cerpelai itu nama binatang. Mungkin kenal dengan tokoh Sid di film Ice Age. Itulah cerpelai.

  11. Aku sempet bingung bacanya… dua kali baca baru ngeh…hahhaahhhaa… aku bikin cerpelai juga ah… kapan2.. 😀

    >> Jadi gak bingung kan sekarang?

  12. cerpelai? hmm…. ingin mencoba membuatnya bang 🙂 Salam kenal yaa… saya punya beberapa buku Bang Aswi ^^

    >> Iya, salam kenal juga dan semoga berhasil membuat cerpelainya. Oh ya … gimana rasanya membaca tulisan sosok itu di buku?

  13. ooh… contohnya kaya gini yah bang??
    hihihi… ajarin indah atuh bang…hehehehhe

    >> Iya, ini sebagai contoh meski yang lain pada gak tahu hehehehe … kalau OL kita belajar ya.

  14. Figur si Mbah (perempuan sepuh itu) semakin hari kok semakin langka ya Bang..

    >> Iya, dan tidak diturunkan pula kebaikannya ke generasi berikutnya …

  15. enak siy baca cerpelay, tapi kok rasanya nanggung ya hihihi
    mau lagi dong bang 😀

    >> Justru nanggung itulah kenikmatannya ^_^

  16. mau ikut, tapi blogku baru banget, postingannya baru 7, ga lolos persyaratan… hakzz … T_T

    >> Coba sering posting yang banyak, siapa tahu bisa lolos.

  17. Assalamu’alaykum….
    Bang Aswi,, kalo cerpelai itu tanpa dialog nggak apa2?
    atau lebih panjang narasinya?
    atau kebanyakan dialog?
    mana yang lebih bagus Bang Aswi?
    terimakasih 🙂

    >> Wa’alaikumsalam, bebas kok, gimana baiknya aja.

  18. Seru juga kayaknya ya bikin cerpelai, nanti tak coba aagh.. hehe..salam kenal bang aswi 😉

    >> Silakan ^_^

  19. Baru tahu kalau ada yang namanya cerpelai. Nanti coba bikin ah…
    Salam kenal Bang Aswi. 🙂

    >> Sudah selesai Kuisnya, Kang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s