Pangram: The Quick Brown Fox

Bagi seorang desainer atau yang terbiasa berhubungan dengan dunia font (huruf), pasti takaneh dengan kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog”. Yang menjadi pertanyaan adalah apa hubungannya srigala cepat berbulu coklat yang melompati anjing pemalas itu dengan huruf?

Inilah yang kemudian memunculkan istilah pangram. Kalau anagram, sosok itu begitu sangat mengenalnya, terutama setelah booming film-film box office semacam Harry Potter dan Da Vinci Code. Pangram lebih dikenal dengan kalimat holoalfabet (holo = satu), adalah kalimat yang menggunakan setiap huruf alfabet minimal satu kali.

Nah, kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog” adalah pangram. Dua puluh enam alfabet dari A-Z digunakan semua minimal satu kali, terkecuali huruf ‘T’ dua kali, huruf ‘H’ dua kali, huruf ‘E’ tiga kali, huruf ‘U’ dua kali, huruf ‘O’ empat kali, dan huruf ‘R’ dua kali. Oleh karena itulah pangram digunakan sebagai alat bantu untuk mencari font yang sesuai. Pangram juga sangat cocok digunakan untuk tes keterampilan menulis dan kaligrafi.

Dari sejarahnya, pangram “The quick brown fox jumps over the lazy dog” telah digunakan di The Michigan School pada 14 Maret 1885 sebagai alat bantu latihan menulis. Kalimat lengkapnya adalah “A quick brown fox …” bukan “The quick brown fox….” Pada akhir abad 19 dimana makin menjamurnya penggunaan mesin tik, kalimat pangram ini semakin dikenal sebagai alat bantu pengajaran stenografi. Begitu pula dengan pendiri gerakan pramuka, Robert Baden-Powell, yang menggunakannya sebagai alat bantu untuk pengiriman sinyal.

Ada banyak pangram di dunia ini, bahkan setiap negara pun ternyata memilikinya. Di Indonesia, kita juga telah mengenalnya pada setiap daerah. Yang paling dikenal tentu saja dari suku Jawa (dan Sunda) yang menggunakan pangram “Hanacaraka datasawala padhajayanya magabathanga”. Kalimat pangram dalam bahasa Inggris yang juga dikenal adalah “Jackdaws love my big sphinx of quartz” yang digunakan oleh Microsoft Windows XP ketika menampilkan font TrueType atau OpenType.

“The quick brown fox jumps over the lazy dog” telah digunakan pula sebagai alat bantu pada program Ms. Word selain “Lorem ipsum dolor sit amet….”. Bagi pengguna program Ms. Word 2007 ke atas bisa menggunakan kata kunci ‘=rand.old()’ dan enter (tanda kutip dihilangkan) dimana pada Ms. Word 2003 ke bawah menggunakan kata kunci ‘=rand()’. Bagi yang belum mengetahui, kalimat “Lorem ipsum dolor sit amet …” juga bisa digunakan di Ms. Word dengan kata kunci ‘=lorem()’.

NB: Semalaman, sosok itu berusaha menciptakan pangram dalam bahasa Indonesia dan berhasil menemukan kata ‘Xenograf’ dan ‘Qudsi’. Mungkin kondisi fisiknya tidak memadai sehingga KBBI pun tergeletak begitu saja ditinggal tidur dan pangram pun tidak selesai. Ada ide lain?

Advertisements

24 thoughts on “Pangram: The Quick Brown Fox

  1. Wah, kayaknya saya juga baru tau tuh. soalnya biasa nulis pake arang di batu dan bukan pake komputer, hehe. Makasih banyak Bang, ane bisa tambah2 ilmu…

  2. >> bang pendi : Saya pun kadang masih suka gitu, Mas. Malam tadi juga begitu dan langsung diwarnain sama si Kakak ^_^
    >> Iyha : Pangram itu pastinya nikmat ya hehehehe …
    >> newbiez : Iya, sama-sama …

  3. saya baru tau bang aswi… pangram si rubah coklat, saya baru memahami juga kalo bisa untuk tes keterampilan menulis dan kaligrafi, makasih ilmu barunya loh… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s