Buku: Anne of Green Gables

Apa yang bisa diceritakan tentang si gadis berambut merah itu? Bisikannya tentang dedaunan sudah pasti akan membuat imajinasi banyak orang merekah dan merindu akan sosoknya. Dan sosok itu akan bercerita sekilas tentang gadis yatim piatu itu di sini, sesuai dengan janjinya beberapa saat yang lalu. Ya, inilah buku tentang Anne—yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Qanita dengan ketebalan 516 halaman—yang dibeli sosok itu dan telah menjadi best seller (terjual lebih dari 50 juta kopi).

Anne Shirley adalah gadis kecil yang taksengaja tinggal di Desa Avonlea. Anne adalah gadis penuh imajinasi yang lebih senang menunggu Matthew di luar daripada harus duduk seperti patung di ruang tunggu Stasiun Bright River. “Lebih banyak ruang untuk berimajinasi,” katanya. Dialah si gadis 11 tahun yang menurut Nyonya Spencer harus diikat lidahnya dengan tali dan digantung agar tidak berbicara panjang-panjang. Dialah si gadis berkepang dua yang mengganti Jalan Utama menjadi Jalan Putih nan Membahagiakan, mengganti Danau Barry menjadi Danau Riak Air Berkilau, atau menamakan pohon ceri raksasa yang tumbuh di depan kamarnya dengan sebutan Ratu Salju.

Desa Avonlea adalah desa terindah yang menjadi surga bagi Anne. Desa yang kemudian membawanya pada petualangan dan pengalaman seru bersama Diana, Jane, Ruby—para sahabatnya—atau berseteru dengan Pye bersaudara dan Gilbert—musuh bebuyutannya. Desa Avonlea sendiri berada di Pulau Prince Edward dimana terdapat Anne Statue sebagai simbol selamat datang. Mengenai hal ini kita juga diingatkan oleh Pulau Belitong yang menyematkan ‘Negeri Laskar Pelangi’. Di pulau itulah terdapat sebuah rumah dimana Anne tinggal, yaitu Green Gables.

Kisah Anne kemudian dijadikan film seri TV pada 1985 dan di-release di Amerika pada 17 Februari 1986. Film ini diproduksi oleh Sullivan Entertainment Inc. dan memenangkan Emmy Award. Tokoh Anne Shirley diperankan oleh Megan Follows yang menurut kabar mengalahkan 3.000 wanita pada saat casting. Megan Follows sendiri lebih sering memerankan tokoh dalam film seri TV dibandingkan film bioskop, beberapa di antaranya adalah The X-Files (episode Per Manum, 2001), CSI: Crime Scene Investigation (episode Bad to the Bone, 2004), dan CSI: Miami (episode Whacked, 2005).

Bagi yang ingin mengoleksi DVD-nya secara lengkap bisa memesannya ke Amazon.

Anne Shirley diciptakan oleh Lucy Maude Montgomery pada 1908 dari pengalaman hidupnya sendiri sehingga menjadikannya sebagai penulis yang dicintai para pembacanya sepanjang masa. Guru sastra di beberapa sekolah ini termasuk penulis yang produktif dimana dia telah menghasilkan 20 novel serta lebih dari 500 cerpen dan puisi. Maude pun pernah memenangkan lomba menulis di sebuah surat kabar. Hidupnya memang difokuskan pada ujung mata pena, terbukti dengan aktivitasnya sebagai pengurus majalah sastra dan membuat scrapbook serta jurnal.

Anne of Green Gables pernah mengalami penolakan berkali-kali di beberapa penerbit hingga akhirnya diterbitkan oleh L.C. Page Company di Boston. Novel ini pun mengubah kehidupan Maude, dari bukan siapa-siapa dan tinggal di tempat terpencil hingga menjadi selebritis dan menerima banyak surat.[]

Advertisements

13 thoughts on “Buku: Anne of Green Gables

  1. >> lidya : Kurang tahu ya, tapi sepertinya belum ^_^
    >> Fahrie : So pastinya hehehehe….
    >> gie : Beli dulu, baru baca bukunya.
    >> aina : Memang menarik. Kalau penasaran, ya beli bukunya dulu. Salam kenal kembali, Aina.
    >> tunsa : Mau beli? Atau mau baca?

  2. hi bang aswi,..salam kenal.
    aku udah punya buku before green gables.
    untuk dvd nya bisa mesan kemana yach??? apa buku anne ada serial2nya juga ya,..kepingin koleksi nich…
    mohon infonya yach,…makasi ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s