Antara Banci dan Gaban

Jumat dan Sabtu kemarin benar-benar hari yang melelahkan bagi sosok itu. Waktunya telah habis di perjalanan. Dari total 31 jam Bandung-Cilacap-Garut-Bandung, hanya 8 jam lebih 30 menit yang ia habiskan diam di tempat, yaitu 4 jam di Garut dan 4,5 jam di Cilacap.

Ya, sosok itu dan keluarga besarnya telah melakukan Trip Banci Gaban alias perjalanan non-stop Bandung-Cilacap-Garut-Bandung selama dua hari kemarin dimulai dari Jumat, 22 April 2011 pukul 06.00 sampai Sabtu, 23 April 2011 pukul 13.00 dengan menggunakan bus besar.

Trip kali ini memang dalam rangka ziarah ke makam ibu mertua sosok itu yang wafat tiga tahun lalu sekaligus mengajak beberapa handai tolan yang belum mengetahui makam dan kota kelahirannya, Cilacap. Keluarga besar sang belahan jiwa sosok itu yang terdiri atas 4 (empat) kakak beradik pun sepakat untuk patungan sekaligus berdarmawisata keluarga. Total yang mengikuti trip ini adalah 51 orang terdiri atas 10 balita dan 10 anak-anak.

Jumat subuh sosok itu telah menunggu bus pariwisata di depan Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Bandung dengan tiga dus air mineral. Setelah dipastikan busnya sampai, sosok itu memberitahu semua peserta trip untuk segera berangkat ke lokasi bus. Pukul 06.00 trip pun dimulai dengan tujuan utama ke Cilacap, kota bermotto Jala Bumi Wijaya Kusuma Cakti. Hari pertama liburan panjang pada akhirnya membuat trip ini berjalan agak lambat dengan adanya beberapa titik kemacetan hingga baru sampai Masjid Agung Ciamis pada pukul 11.30. Dan memang cukup melelahkan ketika sampai tujuan jarum jam pendek telah menunjukkan angka empat.

Hari pun menjelang gelap saat rombongan trip meninggalkan pemakaman ibu mertua sosok itu dan bertambah gelap saat semuanya melepas kepenatan di Teluk Penyu. Istirahat sesaat di rumah saudara sedikit menyegarkan karena pada pukul 23.00 rombongan sudah harus naik ke atas bus dan dilanjutkan perjalanan menuju Garut. Lelap pun dilanjutkan. Setelah rombongan menyempatkan diri shalat Subuh di masjid Tasikmalaya, bus pun sampai di Cipanas, Garut, pada pukul 07.00 tepat. Upacara mandi pagi berbiaya paling murah 15ribu pun dimulai. Upacara selesai 4 jam kemudian dan dilanjutkan pulang ke Bandung yang sampai di depan Unjani pada pukul 13.00.

Bagi sosok itu, perjalanan kali ini begitu menyenangkan meski sangat melelahkan. Kapan lagi bisa bercengkerama bersama-sama sebanyak ini dengan rute yang lumayan jauh? Pengalaman ini sangat berharga karena bisa jadi kalau ada umur dan rezeki panjang akan ada trip kedua dengan tujuan Yogyakarta (tepatnya Bantul), kota kelahiran bapak mertuanya yang beberapa tahun lalu terkena gempa dan merenggut nyawa sang paman.

NB: Sosok itu mengenang sang ibu mertua yang tergolong ibu serbabisa. Tidak hanya memasak dengan bisnis kateringnya, beliau pun pandai menjahit dan segala keterampilan lainnya yang tidak hanya untuk skala rumah tangga. Sosok itu pun menaruh hormat yang luar biasa karena kepercayaan beliau menerima lamarannya mempersunting sang belahan jiwa yang pada 2002 belum memiliki pekerjaan tetap dan hanya menyerahkan uang 700ribu sebagai tambahan walimatul ’ursy. Uang yang sangat tidak seberapa. Begitupun kegigihan beliau saat menghadapi penyakit kanker ganas yang menghancurkan payudaranya. Allahummafirlahaa warhamhaa wa afihi wafuanhaa….

Advertisements

4 thoughts on “Antara Banci dan Gaban

  1. Semoga amal ibadahnya di terima di sisi Nya..

    Hmm hari-hari yang melelahkan tapi seneng kan..Bang!!

    >> Iya, dan memang sangat menyenangkan! ^_^

  2. Haha…. singkatannya keren 😀
    Hmm… tidak banyak ibu yang mau menerima pemuda yang ‘belum jelas’ 🙂

    > Hehehehehehe. Iya, Ka, sampai sekarang pun pertanyaan mengapa ibu mertua mau menerima saya pun belum jelas. Namun, alhamdulillah kepercayaan itu saya buktikan dengan hasil nyata ^_^>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s