Adek Anin yang Metal

Tahu apa kebiasaan Adek Anin belakangan ini? Dia suka sekali mengepres (baca: mendirikan) rambut tengah bagian depan, apalagi kalau kondisi rambutnya sedang basah atau sengaja dibasahkan sambil berujar, “Metal!” Duh! Tuh anak ketularan juga dengan istilah yang terkenal pada konsep musik keras di masa 1970-1980. Musik kesukaan sosok itu semasa SMP-SMA sambil sesekali mengikuti festival band atau manggung di acara sekolah dan Agustusan.

Ya, istilah metal memang dipopulerkan oleh grup musik yang mengandalkan instrumen dan kecepatan mencabik gitar. Istilah itu sendiri diperkenalkan oleh Steppenwolf (1960-an) dan makin terkenal oleh Black Sabbath (1970-an). Pada masa akhir SMP (1980-an), sosok itu dan mungkin remaja di perkotaan Indonesia juga diperkenalkan dengan sebuah produk Sampo Metal. Katanya, dengan memakai produk itu kecepatan pertumbuhan rambut kita akan luar biasa. Entah benar atau tidak, yang pasti produk itu merajalela dan menjadi panutan remaja laki-laki dalam bersampo ria.

Balik lagi ke Adek Anin: saat berenang di daerah Cipanas pada Trip Banci Gaban yang kemarin, Adek Anin kembali memeragakan gaya menjambulkan rambutnya sambil berujar dengan senang, “Metal!” Begitu pula sosok itu pun kepalanya ditarik Adek Anin dan dijambulkan juga sambil berteriak, “Metal!” Sosok itu hanya bisa tersenyum sambil terus memikirkan strategi ke depan untuk mendidiknya.

Model rambut yang Adek Anin maksud sebenarnya adalah model rambut khas suku di Amerika Selatan yang dikenal dengan istilah mohawk. Gaya ini sering diadaptasi oleh anak-anak punk dengan menggunakan lem murah atau hairspray ber-budget mahal, kemudian makin terkenal saat David Beckham yang mamamerkannya. Ya, pergaulan di lingkungan sekitar rumah telah membentuk Adek Anin mengenal gaya rambut itu. Termasuk ucapan-ucapan kasar yang sering terlontarkan ketika hatinya merasa dikecewakan atau aktivitasnya dilarang.

Sosok itu pun terus belajar dan berdiskusi dengan sang belahan jiwa apa yang harus dilakukan dalam mendidiknya. Bagaimana sosok itu berusaha mencari padanan kata agar tidak ada kata ‘jangan’ atau ‘nggak boleh’, namun tetap saja kesulitan jika berhadapan langsung dengannya. Begitu pula dengan hypnotheraphy menjelang tidur berupa sugesti positif bahwa Adek Anin adalah anak perempuan yang cantik, pintar, rajin ngaji, dan lain sebagainya. Semoga sosok itu bisa. Bismillah … []

NB: Saat membuat tulisan ini, sosok itu sempat mengalami jeda karena harus ke rumah sakit guna memeriksakan kesehatan dimana pagi ini pernafasannya agak terganggu. Sudah seminggu lebih penyakit asmanya kambuh (karena faktor cuaca dan banyaknya pekerjaan) namun hanya diterapi dengan olahraga ringan dan minum obat warung (jika terpaksa), termasuk ketika kopdar kemarin dipaksa dengan sprint bersepeda mengelilingi Balai Kota sebanyak tiga kali agar rongga kerongkongannya terbuka lebar. Begitu pula dengan pagi kemarin dimana sosok itu merasa hampir pingsan saat bersepeda ke kantor dengan jalanan menanjak dan berhenti sesaat menenangkan jalur pernafasannya. Alhamdulillah, kini sosok itu sudah segar bugar kembali dengan membawa oleh-oleh dari rumah sakit dan sempat di-nebulizer. Hatur nuhun atas doa semua kawan-kawan ^_^

Advertisements

19 thoughts on “Adek Anin yang Metal

  1. Kirain Adek Anin tuh cowok..hihii.. bis suka metal-metalan gitu…

    So, udah seger buger kembali kan, Bang? Alhamdulillah…
    Selamat beraktifitas..

  2. >> bundamahes : Alhamdulillah, coba di-sms pastinya senang sosok itu. Salam metal juga, Bun ^_^
    >> aina : Coba dibayangin.
    >> dewifatma : Belum tahu dia! Terima kasih, Ceu.
    >> IbuDini : Insya Allah dan hatur nuhun. Salam hangat kembali.
    >> Lidya : Pengen jadi tentara, Tante. Makasih …
    >> kangmartho : Wah, efeknya jangka panjang ya ^_^
    >> guru rusydi : Itu mah cuma main-main, berenangnya juga pake ban dan digendong hehehe …

  3. habis kopdaran sakit yaa bang. salam buat belahan jiwa-nya
    semoga berdua bisa mendidik buah hati menjadi anak yang membanggakan dunia-akhirat.amiin

  4. metal asal bukan mellow total atau melayu total sih ngga papa bang. hehehe.. namanya juga masih anak-anak, pengen gaya-gayaan doank mah.

    semoga sosok itu segera sembuh yaa..

  5. bang.. punya asma yah? sama kek adek ku, tapi dia udah mulai jarang kambuh, karena mulai sering latihan niup terumpet,

    semoga lekas sembuh yah bang

  6. >> jumialely : Senyum juga membuat kesehatan datang kembali dengan berlari hehehe ^_^
    >> mauna : Sakitnya dari sebelum kopdaran tapi mungkin memang tidak pernah terlihat …
    >> Gaphe : Iya, memang hanya sesaat biasanya. Amiiin, nuhun.
    >> ais ariani : Kirain sama kayak Ais. Iya deh, makasih doanya ya.

  7. Hmm… Setiap bertemu pasien asma, saya serasa ikutan sesak napas juga… Semoga nggak sering kambuh ya…
    Oiya, jadi ingat dulu waktu saya kecil juga suka yang metal2, semacam metallica n sepultura 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s