Sepeda (Lagi)

Sepeda adalah mesin luar biasa yang telah ditemukan manusia lebih dari satu abad yang lalu. Tahun demi tahun hingga hari ini, perkembangan sepeda juga begitu fantastis sehingga sepeda yang kita kenal hari ini begitu ringan, kuat, dan jauh lebih efisien. Sepeda memiliki banyak keuntungan, yaitu sebagai moda transportasi paling hemat energi, menyehatkan, tidak berpolusi, ekonomis, dan aman. Tidak hanya itu, sepeda juga memiliki bentuk yang unik, takketinggalan jaman, dan bisa menunjukkan kepribadian pengendaranya.

Pada saat bersepeda, Anda akan merasakan sensasi yang luar biasa setiap harinya: berkelit, merasakan angin yang menerpa wajah dan melewati celah rambut, bau rerumputan, bau tanah setelah hujan, bahkan bau roti saat pagi menjelang. Menggerakkan kaki secara teratur dan konstan jelas memberikan irama pengalaman dan juga pemacu adrenalin saat meningkatkan kecepatan. Perpaduan pikiran, tubuh, dan mesin akan menghasilkan efek yang takmudah dilupakan.

Sepeda, bagaimanapun adalah merupakan alat atau mesin yang terdiri atas beberapa elemen keras. Sebut saja besi dan sebagian lainnya adalah campuran dari logam tertentu seperti karbon atau titanium. Elemen-elemen yang ada pada sepeda pun sebagiannya membutuhkan pelumas karena putarannya begitu vital. Belum lagi ban yang bahannya adalah karet dan mudah terkelupas atau bocor.

Oleh karena itu, sudah takbisa dipungkiri bahwa sepeda memerlukan perawatan khusus agar fungsinya sebagai alat transportasi atau sebagai sarana berolahraga dan bersosialisasi bisa maksimal. Perlu dicatat bahwa perawatan jauh lebih murah daripada harus memperbaiki.

Dengan merawat sepeda, Anda pun akan mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu:

  • Sepeda dapat berjalan dengan baik.
  • Komponen sepeda menjadi lebih awet.
  • Sepeda jadi lebih aman dikendarai.
  • Biaya perbaikan akan lebih murah.

Ada beberapa bagian sepeda yang harus diberi perawatan dengan pelumas karena seringnya bergesekan atau berputar. Pelumasnya pun tidak boleh sembarang dan memberikannya juga memiliki jadwal tertentu, termasuk tata caranya. Misal, rantai harus diberikan chainlube dengan metode sikat atau semprot yang dilakukan 2-4 minggu sekali. Derailleur (dan rodanya), kaliper rem, tuas rem, dan shifter harus diberikan pelumas jenis lubricant dengan metode semprot yang dilakukan 1-2 bulan sekali. Khusus untuk shifter bisa dilakukan 2-4 bulan sekali.

Hub, bottom bracket, pedal, dan freewheel harus diberikan pelumas jenis grease dengan metode diolesi. Hub bisa dilakukan 2-4 bulan, bottom bracket bisa dilakukan 4-6 bulan, sedangkan pedal dan freewheel bisa dilakukan 3-6 bulan. Kabel rem dan kabel derailleur harus diberikan pelumas jenis oli dengan cara diolesi yang dilakukan 2-4 bulan. Sedangkan headset sama bottom bracket. Semoga bermanfaat.[]

Advertisements

22 thoughts on “Sepeda (Lagi)

  1. >> alirakita : Kalau baru tahu kayaknya harus mencek beberapa postingan tentang sepeda nih ^_^
    >> bundamahes : Gak usah bilang-bilang, cukup acungkan tangan sambil menutup keteknya dengan tangan yang lain hehehehe …

  2. Nah ini dia, hobi Bang Aswi. :mrgreen:

    Bang, di Bandung sini di mana ya bengkel sepeda yang biayanya terjangkau?
    SAya tahunya cuma toko sepeda Polygon di jl. Abdul Rivai ama di (kalo ga salah inget) jl. Malabar gitu. Itu toko, jadi gak tahu apa di sana nerima servis ato perawatan sepeda.
    Apa memang gak ada ya, bengkel sepeda, jadi kita sendiri yang harus merawatnya. ❓

  3. Wah… rumit juga ya perawatan sepeda… *maklum gak ngerti* πŸ˜€
    Hmm… rencana saya beli sepeda tertunda lagi, karena lebih memilih liburan dan kopdarrrr :mrgreen:

  4. ngakak baca balasan komen bunda mahes, hihi
    sambil geleng2 kepala (nggak ngerti juga) hehe.

    met pagi menjelang siang bang, moga sehat2 sekeluarga.

  5. >> Asop : Yang paling terkenal mah Tenda Biru di Jl. Naripan, Dedi Bike di Jl. Ahmad Yani (sebelah IBCC), dan di Bengkel Ipung Jl. Suci (dekat Surapati Core).
    >> Lidya : Bauuuuuuuu!
    >> Kakaakin : Kalau rumit dan membingungkan, tinggal ke bengkel aja, kayak motor. Dah beres kopdarnya kan?
    >> bangauputih : Bikin grup yang mengacungkan tangan aja plus Kakaakin tah! Met pagi juga, Mbak ^_^
    >> Adi Nugroho : Ayoooo ….
    >> harestyafamily : Kapan ya? Coba diingat-ingat ….

  6. Udah lama banget gak naik sepede…gara2 dulu pernag jatoh karna bergaya bisa naik sepeda.

    Dan sekarang sepeda anak saya juga ngangur…padahal belinya waktu dia umur 2 th, gara jatuh juga jadi sampai sekarang belum dinaikin lagi.

  7. >> ilyas afsoh : Mantap apanya?
    >> Orin : Keluarkan atuh dan langsung perbaiki!
    >> IbuDini : Jatuh itu biasa, yang terpenting bangkit dari kejatuhan itu. Sayang, Adek Anin dah jago naik sepeda padahal usianya baru 4 tahun ^_^

  8. wah artikelnya bermanfaat sama saya bang aswi…karena selama ini saya mau tahu bagaimana cara merawat sepeda. Hingga saat ini, sepeda saya yang udh ada sejak belasan tahun yg lalu ga pernah terawat dengan baik….hehehe

  9. >> Fahrie Sadah : Hayu mulai lagi ^_^
    >> Necky : Semoga sepedanya bisa dirawat dengan baik dan yang penting adalah dikendarai lagi seperti dulu ya …

  10. namun saya tetep menyarankan agar disaat ktia akan memulai hoby bersepeda lebih menekankan kepada kegaitan olah raganya jangan sampai tergoda untuk membeli sepeda dengan alasan melihat teman atau perasaan gengsi….

    Disisi lain saya melihat terjadinya pergeseran karena terkadang yang ada ketika kumpul bareng malah adu gengsi sepeda… kalau sebatas konfirmasi masalah sparepart itu bagus tapi kalau ujung-ujungnya ke masalah mahal tidaknya sepeda yang kita tunggangi hhmmm ini jelas ga bagus…

    Seudah banyak contoh karena terbawa arus jadinya kegiatan nyepedanya jarang yang ada malah upragade sparepart sepeda mulu….

    ayo bersepeda… yang penting niat gowes….

    salam sesama goweser

  11. >> omiyan : Ya, bersepedalah karena keinginan yang muncul dari dalam hati. Pertama dari ajakan teman tidak masalah, setelah baru dimantapkan. Kalau pamer sepeda itu tergantung individu masing-masing ^_^ Salam gowes juga dan terima kasih atas partisipasinya di KCP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s