Cara Penilaian KCP

Pada beberapa lomba atau kuis yang berkaitan dengan kepenulisan ketika sudah dihadapkan pada keputusan final tentang juara pemenang sering menyisakan beberapa misteri. Akan tetapi, misteri yang paling ingin dipecahkan oleh banyak orang adalah bagaimana sistem penilaian dari karya-karya yang masuk. Bukan hal aneh jika penilaian itu menjadi rahasia tim juri yang bersangkutan. Apapun alasannya memang seperti itulah yang terjadi.

Karya-karya para peserta Kuis Cerpelai Persahabatan (KCP) juga harus melewati beberapa penilaian sampai ditemukan 2 (dua) orang pemenang yang beruntung. Penilaian tahap pertama adalah menyaring dari 84 cerpelai menjadi tinggal 10-20 cerpelai pilihan. Untuk masuk ke tahap ini pun juri mengalami kesulitan karena karya-karya yang masuk memang bagus.

Pada tahap ini, penilaian diberikan secara umum tanpa ada embel-embel angka. Materi pertama yang dinilai adalah cara pengetikan atau keterbacaan. Hal ini penting demi kenyamanan pembaca yang diwakili oleh juri. Materi kedua adalah konten secara keseluruhan (eksplorasi ide) dan benang merahnya dengan tema KCP. Materi lain yang menjadi pertimbangan adalah hubungan sebab-akibat dan gaya bahasa. Namun sekali lagi semua itu dinilai secara umum sehingga cerpelai tersaring adalah cerpelai yang memang benar-benar jauh lebih baik dibanding yang lain.

Hampir terlupakan bahwa penilaian karya peserta tidak melibatkan nama, email, atau alamat blog peserta. Yang ada di hadapan juri adalah karya peserta yang hanya terdiri dari judul dan konten. Dengan adanya peraturan ini, diharapkan juri memang benar-benar tidak subjektif pada peserta tertentu yang dikenalnya melainkan fokus pada karya peserta saja.

Pada tahap kedua, barulah sistem pelabelan angka menjadi sangat penting karena bisa jadi perbedaan antara satu cerpelai dengan yang lainnya hanya berselisih satu angka saja. Materi-materi yang dinilai bisa jadi mengulang pada tahap pertama, namun langsung diberikan angka. Selain materi yang telah disebutkan di atas, materi seperti EYD, tanda baca, dan teori-teori bahasa juga mulai diterapkan. Jumlah total dari angka-angka itulah yang kemudian akan mengurucut pada 2 (dua) karya terpilih yang berhak menjadi pemenang.

Di sinilah baru dibutuhkan data lain yang telah disiapkan panitia berupa daftar peserta yang mencakup judul, nama, email, dan alamat blog peserta. Baik panitia maupun juri pun pada akhirnya akan mengetahui siapa dua terbaik yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai @ Rp250.000. Nah, semoga penjelasan ini membuat para peserta mengetahui bahwa kami (panitia dan juri) berusaha semaksimal mungkin agar tidak ada unsur kolusi dan nepotisme sekaligus pembelajaran bagaimana proses penjurian lomba kepenulisan itu.

NB: Insya Allah pengumuman tahap pertama akan dilaksanakan mulai esok (12-13 Mei 2011) dan pengumuman final akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2011. Mohon doanya agar jadwal ini tidak mundur.

Advertisements

41 thoughts on “Cara Penilaian KCP

  1. amin ya Allah…
    semoga lancar dan tidak ada kendala lagi..
    siapa pun itu yg akan menjadi pemenangnya, dialah yang terbaik diantara kami.. karya nya pasti bagus dan bermakna.. semoga dia (kedua pemenang itu) sukses menjadi penulis besar dikemudian hari nanti.. menulis itu suatu hal yang indah dan menarik.. orang yang kurang menguasai dalam bidang berbicara bisa menuangkan pikirannya dalam buah tangannya.. dan melalui tulisan itu, dia bisa lebih leluasa untuk mencurahkannya..
    semoga Indonesia melahirkan generasi-generasi yang suka membaca dan menulis agar bisa ikut andil dalam kemajuan bangsa ini..
    aku kagum dengan orang yang bisa menuangkan ide nya dalam lembaran kertas maupun yang lain..
    maaf sekali sudah berkomentar banyak.. hehe,, ^_^
    semoga sukses yaa
    sering2 mengadakan acara seperti ini ya bang aswi, dkk…
    wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh….

  2. >> bundamahes : Itu juga sudah komen ^_^
    >> nia/mama ina : Iya.
    >> fauziah : Amin. Alhamdulillah dapat komen segini banyak yang berarti mendukung gerakan menulis demi kemajuan bangsa. Subhanallah …

  3. Wuih, ternyata penjurian lomba menulis tidak semudah yang dibayangkan. Semoga benar-benar memotivasi peserta dan pemenangnya nanti. Buat para juri: terima kasih telah bersusah payah menilai tulisan kami. Padahal nulis cerpelainya mungkin hanya 5-10 menit πŸ˜›

  4. Masih saja ada sesal karena terlewatkan KCP ini. Maaf ya bang.
    Tapi tetap setia pantau pemenangnya kok. Susi suka dengan karya2 teman2.

  5. >> Lidya : Masa sih?
    >> abu4faqih : Memang tidak mudah karena sebuah karya adalah hasil jerih payah yang tidak hanya 10 menit saja.
    >> harestyafamily : Insya Allah ^_^
    >> IbuDini : Amiiin.
    >> dewifatma : Baru ngeluarin kuas buat ngecat mukanya, kabur ke mana ya?
    >> aina : joger dan C59 sekalian!
    >> Orin : Kasih es kelapa muda dong.
    >> Susindra : Terima kasih …
    >> apikecil : Tinggal nyiapin bedug jadi mantab tuh!
    >> jasmineamira : Sukses jadi apa ya? Loh!
    >> idana : Dah sampai Bali lagi, Da?
    >> Kakaakin : Mungkinkah … kayak lagu band jadoel ^_^

  6. salut buat cara sosok itu dan sang indah yang menunjukkan betapa adilnya cara menilai karya peserta. mungkin hal seperti inilah yang susah dilakukan oleh orang lain.
    selamat menilai, berharap keberuntungan berpihak padaku, πŸ™‚

  7. wah! ada yang cuma butuh 10menit?
    saya malah sampai heboh2an hihihi …

    siapapun pemenangnya, pasti itulah yang pantas menurut juri.

    ini kontes perdana saya, dan masih perlu belajar banyak sama senior macam Bang Aswi yang bukunya aja entah berapa yang tudah terbit hehehe

  8. mdh2n dpt hadiahnya, coz aku gi butuh duit bgt nih…
    hehe… ngarep bgt..
    tp saya salut ama tim juri nya, bnr2 menyeleksi dgn baik…
    oke, I’ll be waiting

  9. semoga saja keberuntungan saya bertambah, mungkin tidak sebagai pemenang tapi cerita Cerpelai ini dimuat dalam sebuah buku……. maunyaaaa

  10. >> niQue : Sama-sama belajar ^_^
    >> sedjatee : Thanks.
    >> PuteriAmirillis : speechless!
    >> awan : Hayo, siapa?
    >> Penghuni 60 : Mudah2an beruntung ya …
    >> gerhanacoklat : Nanti ikutan ya, Jul.
    >> melly : Gak tau … ^_^
    >> omiyan : Amiiin.

  11. wah, kok Uda jadi deg2an kayak pas ta’aruf dulu, yak?
    hehehe…
    mudah2an juri bisa melaksanakan tugasnya dengan lancar..
    terima kasih sudah memberi kesempatan berpartisipasi…

    semoga sukses..

    salam sahabat – uda riki

  12. Semoga juri bisa melaksanakan tugasnya dan karya terbaiklah yang tepilih.

    Semangat Kang ! Ku simkuring dibantosan ngangge doa..

    hehehe

  13. Lama tidak berkunjung ke sini, ternyata lagi ada hajatan ya Bang..
    Mantap punya nih..
    Semoga hasilnya menyenangkan semua pihak πŸ™‚

  14. >> alirakita : Amin, nuhun ya.
    >> Penghuni 60 : Sabar ya, dan sudah!
    >> omiyan : Deg-degan terus …
    >> tunsa : Insya Allah. Doakan saja.
    >> yuni cute : Biar makin tegang.
    >> vizon : Amiiin. apa kabar, Uda? Lama tak bersua juga.
    >> khairunisa : Sudah, kok ^_^ (ngeles)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s