Gadis Tomboy

Tomboy memang selalu diidentikkan dengan kemaskulinan. Namun demikian, tomboy tidak bisa dilekatkan pada sosok yang maskulin alias laki-laki tetapi lebih cenderung pada sosok yang feminin alias perempuan. Jadi, tomboy lebih disematkan pada sosok perempuan yang memiliki sifat maskulin atau tingkahnya mirip dengan laki-laki.

Asal kata tomboy sebenarnya berasal dari beberapa abad yang lalu, yaitu tepatnya sebelum abad ke-16. Tomboy waktu itu lebih ditujukan pada anak laki-laki yang tidak mau diam (boisterous). Akan tetapi pada akhir abad ke-16 (tahun 1800-an), istilah tomboy lebih menempel pada sosok anak perempuan yang tingkahnya seperti anak laki-laki (yang tidak mau diam). Bisa jadi istilah Jawa ‘mbois’ berasal dari kata ‘boys’ atau ‘boisterous’ itu.

Tom adalah bentukan kata dari Thomas yang dijadikan simbol dari maskulinitas atau ‘maleness’ atau ‘typical male aggressiveness’. Bentukan tomboy yang melekat pada sosok anak perempuan biasanya terlihat dari cara berpakaian, aktivitas fisik, atau bahkan lebih cenderung menyukai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dahulu lebih didominasi oleh kaum laki-laki.

Para ahli psikologi bahkan mengaitkan sifat tomboy yang tidak hilang setelah anak perempuan tersebut menjadi dewasa dengan istilah lesbian. Semoga saja ini hanya pengamatan semata dan tidak menjadi acuan bahwa anak tomboy akan selalu demikian. Nauzubillah min dzalik, apalagi Adek Anin terlihat sekali sifat tomboynya. Dan memang, pembahasan tentang masalah tomboy ini berkaitan dengan cerita Adek Anin yang ini dan juga foto-foto di bawah ini.[]

This slideshow requires JavaScript.

NB: Alhamdulillah meski Adek Anin terbilang tomboy tapi akhir-akhir ini dia mau juga memakai rok yang dulunya kayak benci gitu. Apalagi dengan kejadian dia motong rambut sendiri biar mirip laki-laki. Doh! Mohon doanya, ya, biar Adek Anin menjadi anak yang salehah. Amin.

Advertisements

35 thoughts on “Gadis Tomboy

  1. tomboy..sah sah aja kok…asal diajarkan cara menjadi permepuan jg…
    motong rambut sendiri??
    mantap…

    Bang Aswi : Insya Allah sedang diajarkan. Mantap kali pun bisa motong rambut sendiri ^_^

  2. Lapor bang, diriku jg tomboy kok, tapi tetap cantik kan? *ups* hahaha…
    InsyaALLAH Dek Anin tetap jadi anak yg shalehah bang, Aamiin…

    Bang Aswi : Betulkah? Waaaah … Orin memang cantik ^_^
    Amin ya Allah … makasih ya doanya.

  3. Biarpun tomboy asal klo manjat pohon mangga ga jatuh kan gpp Bang, iya gak dek Anin? 😀

    Bang Aswi : Nah, kalau itu belum pernah secara gak ada pohon mangga, tapi kalau manjat2 dan loncat2 kayaknya sudah gape, tuh!

  4. tenang aja bang
    nanti dia genit2 blom waktunya jantungan juga 😀
    biarlah, begitu lebihenak dipandang, ketimbang mau pake tank top ato rok mini kemana2 😀

    Bang Aswi : Iya, semoga nanti gedhe jadi gak terlalu genit dan mau memakai baju muslimah dengan sempurna. Doakan ya …

  5. salam kenal, Bang!
    Ane justru suka ama cewek tomboy, tinggi, kuat (Loh?)

    Bang Aswi : Salam kenal kembali. Wah, beneran?

  6. aku?
    agak tomboy iya, temen2 banyak yg bilang aku rada tomboy
    tp itu dulu 😀

    Bang Aswi : Masa cuma dulu aja? Sekarang bukannya masih … hehehehe

  7. aku juga tomboy bang,
    tapi tetep kalo lagi naksir cwo, malu2 kucing hihihi

    Bang Aswi : Masa, sih? Sama kucing saja malu, gimana sama cowok ganteng yang suka kucing?

  8. Moga adek Anin gak tomboy sampai besar.

    Tetangga saya ada Bang…anaknya cantik banget malah, tapi emang dasarnya dari kecil udah suka sama gaya laki2 jadi gak mau menggunakan baju perempuan…bisa dibilang semua serba laki2.

    Alhamdullilah setelah masuk SD….punya banyak temen cewek dan sekarang gak suka lagi baju laki2. ..dan rambutnya juga panjang.

    Bang Aswi : Amiiin, ya, Bu. Nah, kurang lebih seperti itulah Adek Anin. Gak mau diem dan berdandan ala laki-laki. Semoga ketika masuk SD, bahkan masuk TK, feminitas Adek Anin muncul ya, Bu ^_^

  9. anakku juga tomboy, namun belakangan ini, sudah mulai menggunakan gaun dan pakai bando…kalo kita mau mengajarinya, pasti ada perubahan pada dirinya…..

    Bang Aswi : Alhamdulillah … insya Allah bisa ya …

  10. Dari judulnya dah nebak kalo cerita ini tentang dek Anin…
    saya hebat!!! 😎

    Bang Aswi : Nah, ini nih yang sok hebat. Maunya jual mahal terus ^_^

  11. setuju dengan mbak lidya…ajakin aktifitas cewe..karena dengan begitu mudah2an bisa merubah kebiasaannya….Nedia kelakuan tomboy tapi karena mamanya ga punya teman cewe akhirnya bisa juga kayak cewe…meskipun galak dan gaya berjalannya masih kayak preman….hahahaha

  12. mungkin lingkungan bisa merubah Dik Anin bang,,tapi bila diarahkan Insyaallah akan berubah Bang,,dik Anin semoga jadi putri yang sholehah ya..salam ☺ ☺ ☺

  13. Abaaaaaaaaaaaang… hoooh maaf yah lama gak maen ke sini
    😀
    *sambil nyari postingan soal kopdar yang kemaren itu*
    hehehehhee.
    tenang Bang, aku yo dulu tomboy, kakak sama adek ku cowok dan aku suka malu gitu mau maen boneka di depan mereka
    ><

    tapi nanti kalau udah agak besar dikit juga mau kok pake berurusan dengan hal-hal kewanitaan laennya.
    dan adek Anin teteup manis looh
    [kek aku, hahahahahahhahaha!]

  14. >> Lidya : Salam kenal kembali, Teh … ^_^
    Hayulah belanja bareng. Kapan?
    >> Necky : Ternyata samaan ya, Mas.
    >> aina : Selamat belajar.
    >> Sofyan : Amiiin, makasih doanya ya …
    >> ais ariani : Gak papa. Alhamdulillah Ais masih mau main ke sini. Gaya lah gak mau main boneka hehehe … Wow, manis juga rupanya tapi insya Allah Adek Anin memang manis.

  15. >> Puteriamirillis : Cowok melambai? Pasti diketawain sama Adek Anin dan Kakak Bintan. Eh, yang jiwanya tetap wanita tuh siapa? Umar? b.a.h.a.y.a.

  16. saya yakin dek anin nantinya malah jadi feminim waktu gadisnya lho… insyaallah, dengan banyak aktivitas yang berhubungan dengan kewanitaan misal diajak ke sanggar tari atau fashion, dll.
    akan ada keinginan sendiri untuk memakai rok, memanjangkan rambut, memakai sepatu cewek…. saya dukung ya bang

  17. jgn menganggap sepele mslh penampilan tomboy bang..aku pny pengalaman yg krng menyenangkan ttg itu..mngkin klo ad ksmptn suatu saat ak sharing.. *insya 4JJl

  18. banyak banget yg bilang akuu kayaag cowog gtu,
    drii cara jalan ku,berpakaian.dan sifatku.
    akuu pengend bget berubah nmun susah banget brubahh,
    sampe2 akuu sempat dibilang lesbian
    gilaa
    tapii kan tiap manusia punya kriteria maing2,ap akuu harus merubh smua it??

  19. wew ? dik anin segitu tomboynya ?

    agak ngeri liatnya, tapi gue liat liat..
    kalo pas pakai baju perempuan cantik, tapi kalo pakai baju laki – laki juga ganteng,

    wajah dua gaya, kepengen juga nih.. (hehehe)

  20. saya orang.nya juga tomboy, banyak cwek yg suka sama aku, tapi aku pngen merubah sikap qhu mnjadi feminim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s