The Secret of Einstein

Siapa yang tidak kenal Einstein? Ilmuwan ini begitu disanjung dan (bahkan) dipuja karena kejeniusannya dalam ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, bahkan otak Einstein setelah kematiannya pun diteliti lebih lanjut lagi. Ilmu relativitas yang berhasil ditemukannya dalam bidang fisika telah membuatnya menjadi terkenal, yang kemudian ditemukanlah teknologi nuklir yang menggoncangkan dunia. Akan tetapi, apakah hanya sekadar itukah pengetahuan kita tentangnya?

Ya, kreativitaslah yang bisa membuatnya menjadi besar. Kreativitas diperlukan agar kita bisa menjadi orang yang tidak hanya mengetahui satu ilmu saja. Kreativitas pula yang menjadikan kita tidak diam setelah mencapai satu keberhasilan. Kreativitas diperlukan agar hidup kita terus bermakna dan bermanfaat bagi banyak orang. Thomas Alva Edison juga mengatakan bahwa keberhasilan itu didapat dari bakat (1%) dan kerja keras (99%). Kerja keras itulah kreativitas. Jadi, bakat saja tidak bisa membuat seseorang itu berhasil dan sukses.

Jadi, sudahkah Anda berkreativitas? Mari kita renungkan kembali. Mari bermuhasabah tentang hidup kita selama ini. Mari bercermin untuk menelaah hidup yang telah kita jalani hingga sekarang, apakah sudah bermanfaat bagi kita sendiri dan orang lain? Mari berkreativitas positif. Mari hidup bermakna. Mari hidup yang membuat kita semakin dibutuhkan oleh orang lain. Mari menjadi pribadi yang asyik.

Salah satu bentuk kreativitas kita–seperti yang dikatakan Einstein–adalah mengetahui bagaimana menyembunyikan sumber kreativitas itu. Menjadi pribadi yang asyik, salah satunya adalah mampu menggali kreativitas yang tidak dipunyai oleh orang lain. Apa itu? Ya, hanya kita yang tahu. Menjadi pribadi yang unik. Menjadi pribadi yang tidak ikut-ikutan. Menjadi pribadi yang terus menggali potensi yang kita miliki. Menjadi pribadi yang terus mengasah kreativitas kita agar terus tajam dan tidak cepat tumpul.

The secret to creativity is knowing how to hide your sources. Dan sudahkah Anda memulainya? Mari….[]

Advertisements

8 thoughts on “The Secret of Einstein

  1. wah, artikel yang bagus. Ane sendiri aja belum bisa menilai sumber daya diri ane apalagi menyembunyikan sumber daya ane.

  2. pernah baca kutipan The secret to creativity is knowing how to hide your sources itu di tempat temenku, dan suka banget sama kutipan-kutipan yang berasal dari Opa Einstein…
    apalagi yang ini:
    Imagination more importan than knowledge
    [eh tunggu, itu bener kata Einstein kan?
    hahahahhahaha…

  3. >> ichi : Insya Allah bisa, tinggal bagaimana mengenalinya dengan baik dan benar.
    >> d e w o : Sebenarnya lebih ke pada menemukan jati diri yang sebenarnya, yaitu pada keunikan diri kita yang berbeda dengan orang lain.
    >> ais ariani : Iya, memang ini kutipan yang sangat terkenal. Betul, itu juga termasuk dan ternyata Ais bisa juga mengingatnya (Imagination more importan than knowledge) … ^_^

  4. Sedikit ber-komentar-kreatif tentang headline/judulnya. “Kreatifitas adalah mengetahui cara menyembunyikan sumberdaya” yang berarti menyembunyikan suatu yang berharga untuk digali sendiri dan menjadikannya keunikan … koq agak terkesan individualistik ya đŸ˜›

  5. >> abu4faqih : Kalau ke pribadi memang berkesan individualistik tapi sekali lagi hal ini tergantung pada pemahaman masing2 pribadi karena bisa jadi rahasia itu bisa disebarkan demi kebaikan bersama …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s