Arti Sebuah Keajaiban

Pak Danis memandang tak berbatas. Ajaib merupakan kata yang tidak begitu asing tetapi ajaib adalah kata yang jarang diucapkannya. Kehidupan keras telah membentuk cara berpikirnya bahwa tidak ada keajaiban dalam hidupnya. Semuanya harus diraih dengan keringat dan tenaga yang ada. Termasuk pilihan menjadi pedagang asongan di lapangan Alun-alun Kota Bandung, tepatnya di pelataran Masjid Agung.

Dalam rangka acara kebersamaan karyawan Sygma Publishing, sosok itu pun menjadi ambil bagian mulai Kamis pagi (2/6) hingga Jumat sore (3/6). Awalnya banyak yang menyangka kalau semua peserta langsung berangkat begitu saja ke tempat tujuan yang telah ditentukan, yaitu Gunung Puntang. Namun kenyataan berkata lain. Semua peserta diminta menyimpan dompet dan uang dan per kelompok (minimal 6 orang) dilepas dengan bekal Rp100 ribu saja. Uang itu digunakan sebagai modal dan akomodasi tergantung tempat yang ditugaskan.

Sosok itu menjadi bagian dari kelompok Elang yang terdiri atas Pak Syamsu, Pak Jajang, Pak Saeful, Pak Dhani, dan Pak Yendi. Tugas kelompok ini adalah menuju Alun-alun Bandung dan membantu salah satu pedagang minuman menjualkan dagangannya. Targetnya adalah tercapainya penjualan Rp50 ribu. Pengalaman yang luar biasa. Sosok itu menjadi tahu bagaimana berjualan yang sebenarnya, bagaimana kita dipandang sinis oleh orang lain dan dicuekin, bagaimana kita harus pandai berbicara agar target mau membeli produk kita, termasuk tahu mana minuman yang paling laku dijual.

Alhamdulillah sosok itu berhasil menjual lima gelas minuman teh dan kelompok Elang berhasil menjual habis 14 gelas. Enam gelas dibeli untuk dikonsumsi sendiri sehingga total penjualan adalah 20 gelas yang dihargai Rp30 ribu (@Rp1.500). Uang sebesar itu pun diserahkan pada Pak Danis sebagai rezekinya pagi itu. Dan keajaiban bagi Pak Danis adalah … memperoleh rezeki yang bisa dibawa pulang untuk keluarganya di rumah. Sosok itu dan bisa jadi kawan-kawan sekelompoknya, telah belajar hari ini bahwa mereka harus bersyukur dengan apa yang telah mereka dapatkan karena ternyata kehidupan mereka jauh lebih baik dibanding Pak Danis.

Kelompok Elang kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki mulai dari Alun-alun hingga Tegallega. Sambil mengisi waktu, sosok itu pun bercerita tentang sejarah Bandung Lautan Api melalui stilasi yang ada di sepanjang jalan yang mereka lalui. Perjalanan mereka bukannya takbermakna karena dengan seragam yang dikenakan tentu akan menarik perhatian banyak mata orang sehingga konsep branding akan Sygma Publishing terus dijajaki.

Pada sisa perjalanan itu, kelompok ini pun mencoba berbagi lagi dengan sisa uang Rp20 ribu, yaitu dibelikan dua bungkus es kelapa muda dan dua bungkus nasi bungkus yang langsung diberikan pada tukang becak yang memerlukan. Visi perusahaan yang (mencoba) berbagi keajaiban pada sesama atau ‘sharing the miracle’ telah diwujudkan. Di perempatan Moh. Toha (PLN), kelompok Elang menaiki angkot 05 yang akan mengantarkan mereka menuju RM Cibiuk yang merupakan pos kedua. Di sana mereka baru merasakan nikmatnya makan siang setelah apa yang telah dilalui hari ini.

Setelah shalat Dzuhur, mereka pun ditugaskan ke pos terakhir dengan mobil Nissan yang telah disediakan dengan secarik amplop–yang lagi-lagi berisi uang Rp100 ribu dan petunjuk berikutnya agar bisa sampai di Gunung Puntang–di atas dashboard. Ya, perjalanan masih belum selesai.[]

Advertisements

13 thoughts on “Arti Sebuah Keajaiban

  1. It’s a Miracle…..

    Keajaiban datang setiap hari, ubahlah Persepsi anda tentang keajaiban, dan anda akan menyadari dan menemukannya di sekeliling anda.

    So…. kurasa Keajaiban bisa diciptakan…. ^_^

  2. >> febri : Hatur nuhun, Pak Febri.
    >> RESTU : Ya, keajaiban bisa ditemukan di sekeliling kita dan bahkan bisa diciptakan dari bentuk yang paling sederhana sekalipun … ^_^
    >> rani : Dua jempol juga untuk Legu Pinik alias Kelompok Phoenix hehehe ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s