Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon

Hari ini adalah tanggal 5 Juni dan hari ini adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Ada banyak cara yang bisa dilakukan kita pada hari ini, dan komunitas pesepeda B2W Indonesia pun mencanangkan kegiatan Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon. Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) dan Bike to Work (B2W) Indonesia. Acara ini diselenggarakan serentak di 100 kota, di 33 provinsi di Indonesia. Dan B2W Bandung juga terlibat untuk menanam 100 pohon di beberapa titik di Kota Bandung.

Selain itu, ada juga acara BEBEJA atau Bebenah Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Balad Kuring dan Badan Pengembangan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) dengan tema “Hutan Penyangga Kehidupan”. Ada tiga acara yang dilibatkan, yaitu sepeda santai menuju Taman Hutan Raya Djuanda, yoga, dan menanam pohon. Alhamdulillah sosok itu terlibat pada acara Bebeja yang didukung oleh beberapa komunitas dan lembaga seperti Bulb, British Council, Yoga Leaf, Yayasan Kaisa, Greeneration Indonesia, dan Sasusu.

“There is no Planet B.” Ya, kita memang telah tinggal di Planet A, yaitu Bumi. Jadi, tidak ada lagi istilah bahwa nanti kita bisa tinggal di Planet B. Kegiatan manusia telah secara dramatis mengubah lingkungan dunia yang kita tinggali bersama. Melalui penebangan hutan dan pemakaian bahan bakar fosil, tindakan kita telah melepas gas rumah kaca ke atmosfer, mengingkatkan suhu daratan, laut, dan udara. Perubahan iklim mempengaruhi kita semua dan berlangsung pada skala global dan lokal.

Sekarang, satu-satunya pertanyaan adalah bagaimana kita menghadapinya? Bagaimana melakukan adaptasi dan mitigasi?

Mudah saja dan tidak usah terlalu repot. Ambil cara sederhana yang bisa kita lakukan, misalnya saja dengan menghemat penggunaan listrik atau kendaraan bermotor, membuang sampah pada tempatnya dan tidak menambah sampah baru, atau menanam pohon dan merawatnya hingga besar. Dari semua itu, langkah awal yang bisa kita lakukan adalah mulailah dengan mencari informasi lebih banyak lagi mengapa kita harus menjaga lingkungan di sekitar kita. Anda bisa mengeceknya di www.tcpindonesia.org, www.iklimkarbon.com, www.greenlifestyle.or.id, www.the dailygreen.com, www.greenpeace.org/seasia/id, www.wwf.or.id, atau www.thebodyshop.co.uk/_en/_gb/values-campaigns/index.aspx.

Masalah lingkungan hidup adalah masalah bersama. Apabila Anda melihat atau merasakan gejala-gejala seperti pergantian musim takmenentu, hujan badai di mana-mana, angin puting beliung yang memorak-porandakan, gelombang tinggi yang menerjang, banjir dan kekeringan terjadi pada waktu yang bersamaan, wabah penyakit meningkat, atau terumbu karang memutih; itulah bukti bahwa Anda telah menjadi saksi terjadinya Climate Change.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan bersama. Salah satunya adalah Anda bisa memilih dari 20 cara di bawah ini atau melakukan semuanya, yaitu:

  1. Gunakan lampu hemat energi. Akan lebih baik lagi jika mematikannya saat tidak digunakan.
  2. Bayar segala tagihan secara online. Selain menghemat kertas, juga menghemat energi untuk berkendara.
  3. Matikan monitor komputer saat tidak digunakan.
  4. Tolak kantong plastik, kecuali yang terbuat dari bahan ramah lingkungan dan mudah terurai. Lebih baik lagi, bawa kantong sendiri saat hendak berbelanja.
  5. Minimalisasi packaging. Pilih produk dengan kemasan minimal karena kemasan yang berlebihan hanya akan menambah mahal harga produk dan menimbulkan sampah.
  6. Tolak styrofoam karena bahan ini tidak dapat terurai hingga ribuan tahun.
  7. Mulai gunakan kendaraan umum (desak pemerintah untuk memperbaiki layanan angkutan umum) karena transportasi adalah penyumbang 14% emisi gas rumah kaca yang memperburuk kondisi Global Warming.
  8. Gunakan dua sisi muka kertas.
  9. Segera perbaiki keran air yang rusak. Selama satu tahun, ratusan liter air akan terbuang percuma sementara hanya 1 dari 5 penduduk bumi ini yang mempunyai akses untuk air bersih.
  10. Tanam pohon sebanyak mungkin. Selain mengurangi polusi udara, juga dapat membantu penyerapan air. Akan tetapi yang lebih penting, turut mendukung semua usaha pelestarian hutan tropis yang kita miliki, termasuk menghentikan kebakaran hutan dengan illegal logging.
  11. Coba matikan AC dan buka jendela lebar-lebar, sehingga kita dapat merasakan hembusan angin yang menyegarkan.
  12. Saat berlibur, pastikan untuk “leave nothing but footprints, kill nothing but time, and take nothing but beautiful pictures”.
  13. Ajak rekan yang searah untuk berangkat serta pulang kantor bersama.
  14. Uji emisi kendaraan secara berkala.
  15. Gunakan tangga, tidak hanya membuat badan sehat dan tubuh langsing, juga akan sangat menghemat penggunaan listrik.
  16. Usahakan untuk memilah sampah, paling tidak sediakan tempat khusus untuk membuang sampah kertas agar dapat didaur ulang. Mendaur ulang 1 ton kertas berarti menyelamatkan sekitar 17 batang pohon.
  17. Tampung air hujan untuk menyiram tanaman dan mencuci mobil.
  18. Jadilah role-model bagi masyarakat sekitar dengan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan.
  19. Saat menggosok gigi, jangan lupa mematikan keran.
  20. Mulai mencari informasi tentang upaya pelestarian lingkungan atau menjadi relawan kelompok pelestari lingkungan.

Jadi, sudahkah Anda?[]

Advertisements

13 thoughts on “Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon

  1. Terima kasih akhirnya ikut menjawab “Tantangan untuk Para Blogger”.

    Dari 20 hal ini mana yang telah kita lakukan. Ayo kita pilih!

    Selamat Hari Lingkungan Hidup 2011; “Forests: Nature at your Service”.
    Yang belum menjawab tantangan dari Alamendah langsung ceck TKP di: alamendah.wordpress.com/2011/06/03/tantangan-untuk-para-blogger-indonesia/

  2. Wah selamat hari lingkungan hidup …walah baru ngeh hari ini..apa yang sudah saya lakukan…?? nggak buang sampah sembarangan…hemat energi?? masih belum bisa banyak saving energinya..terbukti pln yang tiap bulan makin naik bukan makin turun penggunaannya… 😦

  3. >> alamendah : Iya, makasih juga sudah mengingatkan ^_^
    >> Mabruri Sirampog : Benar, Mas, dari hal yang kecil saja dahulu.
    >> Necky : Alhamdulillah.
    >> Puteriamirillis : Syukurlah, Put.

  4. banyak banget yg bs kita lakukan sebenarnya.
    ehem.. dirumah diusahakan hemat listrik dan air. Dikantor lebih suka pake kertas bekas. Tapiii belum pernah nyobain tampung air hujan.. hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s