Tips Menguatkan Pikiran

it’s all in the mind
ya, hidup bukan main-main
apakah otak hanya sebesar kutil?
just find your mental steel

Semua memang sudah ada di dalam pikiran. Kita mau jadi apa, semua sudah terkonsep di dalam pikiran itu. Kita mau menjadi lemah. Kita mau menjadi yang selalu kalah. Kita mau menjadi sang pecundang. Atau kita ingin menjadi yang kuat dan menjadi pemenang? Semuanya sudah terkonsep di dalam pikiran kita. Mau jadi apa kamu?

Semua memang sudah ada di dalam pikiran. Inilah yang ditekankan oleh seorang psikolog dari Manhattan—Dr. Joseph Cilona—yang menjelaskan bahwa kekuatan atau ketangguhan mental secara teoritis berada dalam genggaman siapa pun. Pikiran kitalah yang menentukan segalanya.

Apa itu ketangguhan mental? Adalah kemampuan untuk mengendalikan ketidaknyamanan fisik atau kesakitan dan emosi yang tidak menyenangkan tanpa adanya dampak negatif atau bahkan tidak terpengaruh sama sekali. Bagaimanapun, melepaskan diri dari emosi-emosi yang menyakitkan kadang-kadang bisa tidak menyehatkan. Mengapa? Karena beberapa orang memang mengatasinya dengan memutuskan diri dengan perasaan mereka. Mental mereka tampak belum tangguh.

Di bawah ini ada beberapa tips menguatkan pikiran yang bisa kamu pakai dan praktikkan. Lakukan seperti halnya kamu belajar akan keterampilan tertentu, yaitu layaknya mengontrol pernafasan dengan sebaik-baiknya. Tips di bawah ini diambil dari beberapa buah pikiran orang-orang yang bisa jadi kamu kenal. Seraplah energi mereka itu.

  1. Bergeraklah Terus.
    Life isn’t like Disneyland or Hollywood. I’ve read tha I flew up the hills and mountains of France. You don’t fly up a hill. You struggle slowly and painfully up a hill, and maybe, if you work very hard, you get to the top ahead of everybody else. But pain subsides. Quitting lasts forever. (Lance Armstrong, pebalap sepeda)
  2. Tariklah Pemicunya.
    You always know the right thing to do. The hard part is doing itu. (Norman ‘Stormin’ Schwarzkopf, jenderal legendari AS)
  3. Jangan Berkubang dan Mengasihani Diri.
    I don’t believe in pessimism. If something doesn’t come up the way you want, forge ahead. If you think it’s going to rain, it will. (Clint Eastwood, aktor)
  4. Berpikirlah Positif.
    The greatest thing about tomorrow is that I will be better than I am today. (Tiger Woods, pegolf)
  5. Jaga Perspektif Kamu.
    You can’t win or lose if you don’t run the race. (David Bowie, penyanyi)

Baca juga artikel yang berkaitan atau melihat daftar isi

Advertisements

12 thoughts on “Tips Menguatkan Pikiran

  1. Ya bang..emosi itu memang sebaiknya tidak ditinggalkan tapi dilibatkan dan dirasakan…justru itu yg membuat perasaan kita akan lbh terkontrol, saya pernah ikut platihan self healingnya Reza Gunawan ada di postingan ttp://puteriamirillis.blogspot.com/2011/03/saat-ini.html…salam^^

  2. mantap tips nya bang, jadi inget sebuah pepatah “you are what you thinking” jadi emang harus selalu untuk berpikiran positif :))

  3. suka yang jangan mengasihani diri, memang kita musti bangkit dari setiap kekalahan dalam hal apapun… agar hidup tetap dalam nilai positif dan terus melangkah maju.

  4. >> Puteriamirillis : Postingan yang sangat menarik. Insya Allah ke TKP. Salam kembali.
    >> IbuDini : Iya, berhenti mengeluh. Terima kasih sudah menambahkan.
    >> emfajar : Betul sekali bahwa “you are what you thinking”.
    >> Orin : Sama-sama, Orin.
    >> Masbro : Luar biasa dahsyatnya. Dah malam nih ^_^
    >> irfanandi : Dicoba saja.
    >> Pendar Bintang : Dah malam hehehe … terima kasih.
    >> hanif mahaldy : Hayuuuu … maju terus pantang mundur!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s