Kiat Mengatasi Grogi

Bangun Kepercayaan Diri

  • Sebelum tampil, lakukan persiapan yang memadai. Jika kamu seorang guru jangan mengajar tanpa persiapan yang memadai. Jika kamu seorang sales, jangan menghadapi klien sebelum bisa menata emosi, menyusun kata dan kalimat yang pendek dan tepat, serta berpenampilan yang rapi. Jika kamu akan berpresentasi, lakukan persiapan yang matang. Kuasai materinya, kuasai metode penyampaiannya, dan kuasai keterampilan komunikasi.
  • Datanglah paling lambat lima belas menit sebelum acara dimulai. Dengan kedatangan yang lebih awal, kamu lebih bisa menata emosi, melihat-lihat kembali segala persiapan yang kamu bawa, dan yang lebih penting, mengenali medan.
  • Periksalah semua alat. Lakukan percobaan terhadap semua alat-alat pendukung, mulai dari mikrofon, komputer, LCD, lightning, sampai pendingin ruangan. Kerusakan atau gangguan salah satu dari alat itu akan merusak penampilan kamu yang sekaligus akan mengurangi kepercayaan diri kamu.
  • Buka kehangatan. Sesempit apa pun waktumu, sempatkan membuka acara dengan sebuah kehangatan. Kehangatan hubungan akan membantu penerimaan audience terhadap kamu. Untuk menciptakan kehangatan ini, kamu bisa melakukan dengan menunjukkan wajah yang bersahabat, ramah, dan dekat. Lemparkan senyum dengan tulus, ulurkan tangna untuk menjabat tangan mereka. Jika orang yang kamu temui tidak banyak, jabat tangan semuanya. Jika jumlahnya banyak, cukup kepada orang yang dekat dengan kamu. Jangan lupa memperkenalkan diri. Jika masih ada waktu berilah kesempatan orang lain untuk memperkenalkan dirinya. Bukalah pembicaraan dengan menyampaikan ilustrasi, joke, atau cerita yang sedang hangat menjadi perbincangan umum.

Bangun Integritas

  • Kamu bisa tampil meyakinkan bila kamu memiliki integritas. Tanpa integritas kamu hanya akan menjadi orang lain, bukan menjadi diri sendiri.
  • Berusahalah untuk jujur, adil, dan tulus. Jika nilai-nilai itu tetap kamu bawa, ke mana pun kamu dan kepada siapa pun kamu berhadapan, kamu mempunyai nilai. Hargai diri kamu dengan integritas diri agar orang lain menghargai kamu.
  • Satukan visi kamu dengan visi perusahaan yang mengirim kamu. Hanya dengan itu kamu bisa tampil meyakinkan, tanpa grogi. Percayalah, tidak selamanya kamu bisa bermain sandiwara. Panggung sandiwara itu kecil dan terbatas, selebihnya adalah panggung kehidupan yang sesungguhnya. Itulah sebabnya kamu harus memiliki integritas yang tinggi.[]

Baca juga artikel yang berkaitan atau melihat daftar isi

Advertisements

6 thoughts on “Kiat Mengatasi Grogi

  1. percaya diri dengan orang yang dikenal masih bisa diatasi, tapi dengan orang-orang baru tips di atas akan saya coba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s