Ngeblog Itu Menguntungkan

Sejak ngeblog dari akhir 2006, sosok itu telah mendapatkan begitu banyak keuntungan. Keuntungan terbesar dan teristimewa tentu saja berkah keluarga dengan mengenal banyak orang yang awalnya tidak saling kenal sama sekali. Merekalah para blogger yang sangat beragam latar belakang pendidikan, budaya, usia, jenis kelamin, dan tempat tinggal. Dari yang berdomisili satu kota, satu provinsi, satu pulau, satu Indonesia, bahkan meluas hingga ke mancanegara. Berkah silaturahmi ini jelas takternilai dan taktergantikan oleh apa pun juga.

Fenomena kopdar semakin memperkuat hubungan itu hingga takmenutup kemungkinan adanya ketertarikan antarblogger. Persahabatan sesama jenis maupun lawan jenis. Bahkan, pernikahan antarblogger telah menjadi suatu hal yang luar biasa bagaimana salah satu jaringan sosial media ini begitu kuat pengaruhnya terhadap masalah hati. Hal tersebut dimungkinkan oleh adanya tulisan di blog yang kontennya mayoritas cenderung bersifat pribadi.

Keuntungan lainnya dari ngeblog yang dialami sosok itu adalah masalah materi. Selain kepuasan batin mencurahkan apa yang dialami blogger dengan tulisan, beberapa bahkan merasakan adanya tambahan materi. Hal itu dimungkinkan dari banyaknya kuis atau sayembara yang berhubungan dengan dunia nge-blog, seperti lomba menulis, lomba foto, atau lomba SEO. Selain lomba, hal lain yang dimungkinkan akan mendatangkan materi adalah dari pemasangan iklan yang menggunakan metode PPC, PPA, atau bahkan job review.

Sosok itu merasaan keuntungan materi dari ngeblog pertama kali adalah dari sayembara menulis yang diadakan oleh salah satu instansi telekomunikasi di Indonesia pada 2007. Tidak tanggung-tanggung, sosok itu langsung mendapatkan juara 1 dan berhak mendapatkan sejumlah uang jutaan dan sebuah laptop terbaru. Dari satu peristiwa tersebut, sosok itu pun makin rajin mengikuti beberapa lomba menulis, apa pun hadiahnya sebagai sarana melatih keterampilannya dalam menulis.

Selain keuntungan dari lomba menulis, sosok itu pun kemudian mengenal dunia lain dari ngeblog. Salah satunya adalah pemasangan iklan seperti yang telah dijelaskan pada dua paragraf sebelumnya. Namun sosok itu tidak terlalu tertarik dengan iklan model PPC atau PPA karena hasil yang didapat tergolong kecil, meski dirinya tetap memasang satu atau dua iklan model tersebut. Target utamanya adalah mendapatkan job review, yaitu menuliskan sebuah iklan dengan gaya penulisan tertentu yang diminta. Alhamdulillah, sosok itu berhasil mendapatkan job review berbahasa Indonesia pertama kali seperti yang telah dijelaskan di blogdetik milik sosok itu baru-baru ini.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apa keuntungan yang kamu dapatkan dari ngeblog? Tidak ada salahnya kamu sharing di sini.[]

Baca juga artikel yang berkaitan atau melihat daftar isi

Advertisements

16 thoughts on “Ngeblog Itu Menguntungkan

  1. silaturahim dan latihan menulis bang…saat ini baru sampe di tahap itu…suka ikut2an lomba jg tp ya baru tahap awal lah…^^
    tp saya suatu saat *jika hati sudah berpihak, mau jg bisa mendapat sesuatu yg lebih dr ngeblog…(huf, kmrn ga bisa ikut acr bagus…)

  2. selamat bang, udah dapet job review.
    Keuntung saya dari ngeblog saat ini, banyak temen yang bisa dipromosiin jualan online saya, hehehe …

  3. kalo saya keuntungan ngeblog pernah dikrimin paket sm makanan dr temen blog…pdhal belum pernah ketemu, trus dapat buku dr menang kontes, trs dapat kiriman souvenir dr teman di LN trs yg terakhir dapat hadiah sajadah dr menang kontes…dan yg pastinya dapat teman banyak dr ngeblog…..uhuyy…ngeblog emang menguntungkan

  4. Saya juga merasakannya Bang..memiliki teman yang banyak, saling membantu berbagi tips dan sebagainya. meskipun belum pernah bertemu serasa sudah kenal lama dan sudah bertemu.

  5. >> Mabruri Sirampog : Itu pun sudah indah.
    >> Puteriamirillis : di awal sudah baik, semoga di akhir begitu juga.
    >> nique : Alhamdulillah, makasih …
    >> dey : Betul itu.
    >> Meidhy Aja : Mantaps!
    >> nia/mama ina : Ahahay, kapan ya saya bisa kayak gitu?
    >> -tHe NanNy- : Silakan …
    >> Asop : Hidup EKSIS!
    >> lidya : Three musketeers yang sangat diharapkan ^_^
    >> IbuDini : Alhamdulillah.
    >> iin aina : Bonus yang sangat diharapkan … hehehe

  6. Abaaaang…nanti ajarin Orin ya, tapi udh ga bs chat uy huhuhuhu..
    Buat skrg mah keuntungannya ‘baru’ punya banyak sahabat baru dan belajar menulis ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s