Liburan Sekantor di Gunung Puntang

PR Online — KATA ‘libur’ adalah kata sifat yang mempunyai makna bebas dari bekerja atau masuk sekolah (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Sedangkan ‘berlibur’ berarti mengalami libur atau pergi (bersenang-senang, bersantai-santai, dsb) menghabiskan waktu libur. Istilah lainnya adalah bervakansi yang merupakan serapan dari bahasa Inggris ‘vacation’.

Dari pengertian di atas, jelas sudah bahwa berlibur haruslah mengandung unsur ‘fun’ dan ‘happy’. Satu unsur lagi yang tidak boleh dilupakan adalah kebersamaan, karena mayoritas tujuan dari acara berlibur adalah mengumpulkan kesenangan dan kebahagian itu bersama orang-orang terdekat. Inilah mengapa pada beberapa hari yang lalu perusahaan tempat saya bekerja mengadakan acara gathering di Gunung Puntang. Tepatnya di Villa Bougainville.

Kejenuhan bekerja di belakang meja, bertemu dengan orang-orang baru atau orang yang itu-itu saja, menghadiri rapat dan membahas masalah yang sepertinya tidak pernah selesai, atau pulang sampai larut demi mengejar deadline memang pada akhirnya memunculkan puncak keletihan yang amat sangat. Semua itu pun mengerucut pada semangat yang terus menurun. Namun alhamdulillah, dengan adanya gathering ini, kesenangan-kebahagiaan-kebersamaan seolah-olah terlahir kembali dalam bentuk yang amat cantik nan mempesona.

Format acara yang disusun oleh panitia gathering terbukti menghancurkan tembok-tembok individualisme dan egosentris masing-masing orang. Takada istilah si anu jabatannya ini dan si anu jabatannya itu. Semuanya sama. Atasan dan bawahan tidur dengan alas dan langit yang sama, makan dan minum dengan menu yang sama, tertawa dalam satu kelompok atau berusaha meraih kemenangan atas kelompok yang lain. Dinginnya udara Gunung Puntang terbukti takmampu mengalahkan kehangatan kebersamaan kami dan panasnya rasa cinta dan perhatian di antara kami semua.

Saya? Alhamdulillah bisa merasakan kebahagiaan yang lebih. Bermain bola, mencari jejak, senam bergembira, jurit malam, shalat berjamaah di tengah lapangan, mengelilingi api unggun dan bermain kuis, permainan mengenal kawan, saling bercerita, permainan tentang jabatan, permainan tutup mata, atau bahkan permainan kerjasama mengalirkan air melalui paralon yang terpotong-potong. Saya sendiri yang telah berkeluarga dengan dua orang anak tiba-tiba saja lupa dan merasa kembali menjadi seperti anak kecil atau anak ABG yang haus akan semua permainan itu. Semuanya mengalir begitu saja dan takpeduli dengan sifat-sifat jaim (jaga image) yang kadang dimunculkan saat di kantor.

Villa Bougainville memang layak dan pantas dijadikan acara kebersamaan seperti ini. Keindahan lokasi dan keberagaman fasilitasnya mampu menghipnotis semua peserta gathering untuk malas kembali ke rumah. Tempat penginapan, kolam renang, lapangan terbuka, flying fox, lahan ATV, lahan paint ball, taman bermain, aliran sungai yang dingin dan jernih, juga lahan parkir yang cukup luas. Pelayanan makanannya pun begitu memuaskan dengan cita rasa tradisional yang sangat cocok dengan lingkungan pedesaan.

Dan ketika semua acara gathering dari panitia selesai, sebagai penutup saya dan kawan-kawan dilepaskan begitu saja untuk mencicipi semua fasilitas itu. Mulai dari berenang atau bermain polo air, mencoba adrenalin dengan menaiki flying fox dan mencoba bertempur pada ajang paint ball, hingga menjadi anak kecil dengan bermain ayunan atau jungkat-jungkit. Semuanya begitu menyenangkan dan mengasyikkan. Saya merasakan betapa acara yang hanya 2 (dua) hari 1 (satu) malam itu begitu mengesankan. Taksalah kalau liburan bersama kawan-kawan sekantor ini sangat membekas di hati saya hingga kini.

Seminggu sampai dua minggu kemudian pembicaraan di kantor terus-menerus membicarakan acara gathering itu. Hal itu menunjukkan betapa acara yang bisa jadi menghabiskan dana tidak sedikit itu terbilang sangat berhasil. Kebersamaan yang berhasil dilahirkan di antara kami semua bernilai sangat berharga jika dibandingkan dengan dana itu. Semoga, kebersamaan yang berhasil dilahirkan kembali itu juga memacu semangat saya dan kawan-kawan sekantor saat bekerja dan meraih prestasi demi kebaikan perusahaan dan kami semua. Amin.(Agus Wibowo)***

NB: Tulisan ini dimuat di PR Online (Rabu, 13/7/2011) dan bagi yang tidak berkeberatan, silakan me-like tulisan ini di sini. Terima kasih.

Baca juga artikel yang berkaitan atau melihat daftar isi

Advertisements

4 thoughts on “Liburan Sekantor di Gunung Puntang

  1. >> Lidya Fitrian : Sebelum Pangalengan belok kiri, ada plangnya kok ke Villa dan ke arah Gunung Puntang. Villa ini ada sebelum Bumi Perkemahan Gunung Puntang.
    >> Orin : Thank youuu …
    >> Susindra : Alhamdulillah, semua itu ada hikmahnya … ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s