Tentang Cinta #1

Apa sih artinya cinta? Kadang kita juga bingung untuk mengartikan arti cinta karena memang cinta itu kadang bikin hati kita senang dan kadang hati kita benci pada seseorang.

Mereka yang tidak menyukainya menyebutnya tanggung jawab, Mereka yang bermain dengannya, menyebutnya sebuah permainan, Mereka yang tidak memilikinya, menyebutnya sebuah impian. Mereka yang mencintai, menyebutnya takdir. Kadang Tuhan mengetahui mana yang terbaik, akan memberi kesusahan untuk menguji kita. Kadang Dia pun melukai hati, supaya hikmah-Nya bisa tertanam dalam. Jika kita kehilangan cinta, maka pasti ada alasan di baliknya. Alasan yang kadang sulit untuk dimengerti, namun kita tetap harus percaya bahwa ketika Dia mengambil sesuatu, Dia telah siap memberi yang lebih baik.

Mengapa menunggu? Karena walaupun kita ingin mengambil keputusan, kita tidak ingin tergesa-gesa. Karena walaupun kita ingin cepat-cepat, kita tidak ingin sembrono. Karena walaupun kita ingin segera menemukan orang yang kita cintai, kita tidak ingin kehilangan jati diri kita dalam proses pencarian itu. Jika ingin berlari, belajarlah berjalan duhulu. Jika ingin berenang, belajarlah mengapung dahulu. Jika ingin dicintai, belajarlah mencintai dahulu. Pada akhirnya, lebih baik menunggu orang yang kita inginkan, ketimbang memilih apa yang ada. Tetap lebih baik menunggu orang yang kita cintai, ketimbang memuaskan diri dengan apa yang ada. Tetap lebih baik menunggu orang yang tepat, karena hidup ini terlampau singkat untuk dilewatkan bersama pilihan yang salah, karena menunggu mempunyai tujuan yang mulia dan misterius.

Perlu kamu ketahui bahwa bunga tidak mekar dalam waktu semalam. Kota Roma tidak dibangun dalam sehari. Kehidupan dirajut dalam rahim selama sembilan bulan. Cinta yang agung terus bertumbuh selama kehidupan. Kebanyakan hal yang indah dalam hidup memerlukan waktu yang lama. Dan penantian kita tidaklah sia-sia. Walaupun menunggu membutuhkan banya hal—iman, keberanian, dan pengharapan—penantian menjanjikan satu hal yang tidak seorang pun dapat bayangkan. Pada akhirnya, Tuhan dalam segala hikmah-Nya, meminta kita menunggu karena alasan yang penting.

When two people love each other,
nothing is more imperative and delightful than giving
(Guy de Maupassant)

Cinta berpijak pada perasaan sekaligus akal sehat. Miskonsepsi pertama yang ditentang Bowman adalah manusia jatuh cinta dengan menggunakan perasaan belaka. Betul, kita jatuh cinta dengan hati. Tapi agar tidak menimbulkan kekacauan di kemudian hari, kita diharapkan untuk juga menggunakan akal sehat. Bohong besar kalau kita bisa jatuh cinta dengan begitu saja tanpa bisa mengelak. Yang sesungguhnya terjadi, proses jatuh cinta dipengaruhi tradisi, kebiasaan, standar, gagasan, dan deal kelompok dari mana kita berasal. Bohong besar pula kalau kita merasa boleh berbuat apa saja saat jatuh cinta, dan tidak bisa dimintai pertanggungan-jawab bila perbuatan-perbuatan impulsif itu berakibat buruk suatu ketika nanti. Kehilangan perspektif bukanlah pertanda kita jatuh cinta, melainkan sinyal kebodohan. Cinta membutuhkan proses, Bowman juga menolak anggapan cinta bisa berasal dari pandangan pertama. “Cinta itu tumbuh dan berkembang dan merupakan emosi yang kompleks,” katanya.

Kali pertama mata menatap, ketika tangan saling menyentuh, ketika ada cumbu yang mengawali atau tidak. Dalam hati tumbuh sebuah rasa, dalam jiwa terselip kerinduaan, dalam hitungan hari, minggu, bulan, bahkan milenium sulit dilupakan. Itulah yang dianggap sebagai cinta pertama. Tidak ada jarak jauh sebagai penghalang, tidak ada dinding tebal menghadang, bayangan dan rindu datang menjelang seiring dengan waktu serta bayang-bayang.[]

Baca juga artikel yang berkaitan atau melihat daftar isi

Advertisements

4 thoughts on “Tentang Cinta #1

  1. Memang betul-betul love is beautiful koq. Jadi pengen muda lagi nih untuk bisa mencintai dan dicintai…..cihuuuuiiii…….. (tapi jadi judulnya bunda gak bersyukur ya koq udah dikasih bonus umur yang buanyaaak minta muda lagi….ckckckckckckc…..). Ya Allah ampunilah hambamu ini, hehehehe……….

  2. >> Mabruri Sirampog : Dan sudahkah kamu bercinta? Halah!
    >> langit11 : Silakan menyimak …
    >> yati rachmat : Alhamdulillah sudah menikmat cinta yang indah. Dan memang, dengan cinta usia kita akan terus muda, Bun … ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s