Semangat untuk Menang

Hidup adalah interaksi dan dinamisasi, bukan cuci tangan apalagi diam membeku. Hidup adalah jihad. Malah lebih dulu berjihad melawan siapa saja yang bersilang kaki. Hidup adalah semangat untuk menang. Sedang kemenangan tidak akan didapat tanpa kerja keras. Hidup adalah kenikmatan. Sedang takada kenikmatan minus peluh keringat.

Hidup adalah ketika dirimu terbebas dari kungkungan. Sedang tidak ada kebebasan bila tidak bergerak. Hidup adalah ketika dirimu menjadi khalifah di muka bumi. Tugas dirimu adalah memimpin. Hidup adalah ketika dirimu mengatakan, “Tidak!” sedang bibirmu dipenuhi penolakan terhadap kezaliman dan kesewenang-wenangan. Jika dirimu diam, masuklah ke dalam kelompok penghuni liang lahat. (Yusuf Al-Qardhawi)

Ya, proses perubahan adalah proses kecerdasan ketika takada satu masalah pun yang dihadapi dengan senda gurau. Sebaliknya, setiap masalah ditanggapi dengan serius dan dianggap sebagai starting point untuk eksis, berkesinambungan, unggul, dan sukses. Siapa yang tidak maju, dia akan didahului. Siapa yang tidak mengubah dengan cerdas, dia akan gagal dan penuh penyesalan. Kesuksesan hari kemarin tidak berarti kesuksesan hari esok. Mimpi hari ini adalah kenyataan hari esok. Tugas seorang individu adalah menentukan perubahan, tentunya setelah sebelumnya bertawakal dan memohon pertolongan kepada Sang Maha. Setelah itu, ia harus memulai dan jangan pernah terlambat.

Perubahan yang cerdas membutuhkan kepada pandangan jauh ke depan dan pemahaman terhadap aspek-aspek praktis yang berbeda seputar perubahan. Sebagaimana ia membutuhkan pemahaman mengenai kiat-kiat berinteraksi dengan rancangan tadi. Perubahan adalah sebuah keniscayaan yang dibutuhkan semua orang dalam segala aspek kehidupan mereka. Perubahan termanifestasikan pada keinginan yang terpendam dalam diri setiap orang disebabkan satu dan lain hal. Perubahan memang sangat mudah secara teori. Tinggal merenungi dan menyusun langkah-langkahnya semudah membalikkan telapak tangan. Namun perubahan ternyata lebih sulit saat dipraktikkan. Meski sulit (dan bahkan sangat sulit) tetapi tidak ada yang mustahil.

Untuk mau berubah, ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan. Yang pertama adalah bekali diri kamu dengan ilmu pengetahuan. Pengetahuan ini mencakup beberapa hal yang harus dipikirkan semisal bagaimana caranya atau dampak yang terjadi setelah kamu berubah. Yang kedua adalah sikap kamu (yang positif). Yang ketiga adalah aktualisasi diri yang penuh kepercayaan. Dan yang keempat adalah dukungan dari sekitar atau dari komunitas tertentu. Di sinilah pentingnya sebuah komunitas atau kelompok agar perubahan besar bisa terjadi.

Jadi, siapkah kamu untuk berubah dan siap untuk menjadi pemenang?[]

Baca juga artikel yang berkaitan atau melihat daftar isi

Advertisements

4 thoughts on “Semangat untuk Menang

  1. >> Asop : Iya, memang harus seperti itu, Sop.
    >> Dhenok : Insya Allah semua layak menjadi pemenang. Jika semuanya pemenang, maka kita harus menjadi pemenang sejati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s