Bukber Sambil Berpuisi

Ada kerinduan tersendiri bagi sosok itu berkumpul dan bercengkerama dalam suasana puitis. Dan hal itu takterjadi jika bukan dalam komunitas penulis yang bergiat di bidang kesusastraan. Forum Lingkar Pena (FLP) memang masih dianggap sebelah mata oleh beberapa kalangan yang menyebut dirinya sastrawan/wati. Beberapa menyebutkanya sebagai kelompok ‘Mualaf Sastra’. Anak kemarin sore yang baru belajar menulis. Akan tetapi inilah FLP.

Inilah FLP yang telah membesarkan dan merawat sosok itu hingga berani mencari segenggam berlian dari kegiatan menulis. Di wadah inilah sosok itu mulai mengenal beberapa nama yang telah malang-melintang di jagad kesusastraan Indonesia. Bersama Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, Izzatul Jannah, Muthmainnah, Afifah Afra, Habiburrahman El-Shirazy, Sinta Yudisia, M. Irfan Hidayatullah, dan masih banyak nama lain yang jauh lebih tenar dan terkenal dibanding sosok itu. Dan dari komunitas inilah sosok itu kemudian bisa berdiskusi dengan Joni Ariadinata, Bambang Q-Anees, Boim Lebon, Gol A Gong, Taufiq Ismail, Ahmadun Y. Herfanda, Yus R. Ismail, Soni Farid Maulana, dan beberapa nama hebat sastrawan lainnya.

Minggu kemarin (7/8), sosok itu akhirnya bisa bercengkerama lagi dengan komunitas yang sama dalam semangat kebersamaan sebuah acara buka bersama. Yang diundang pun adalah Soni Farid Maulana, seorang penyair yang kini bekerja mengurusi rubrik Khazanah HU Pikiran Rakyat dan aktif di Komunitas Sastra Lingkar Selatan plus Forum Sastra Bandung. Ya, Kang Soni yang tulisannya tentang kreativitas penciptaan puisinya pernah dibahas di sini. Sudah lama sosok itu takbertemu dengannya dalam suasana kehangatan keluarga.

FLP

Satu hal terpenting dari ucapannya mengenai penciptaan puisi di sore yang cerah itu adalah bagaimana seorang penyair yang baik harus menguasai gaya penciptaan. Gaya penulisan yang harus dikuasai tidak hanya dengan rajin menulis tetapi juga dengan diskusi-diskusi sastra dalam sebuah wadah komunitas atau workshop. Pembahasan sebuah karya sastra memang tidak mengenal benar atau salah, tetapi sebuah karya patut diapresiasi bersama dan diketahui bagaimana proses kreativitas itu hingga menjelma sebuah karya sastra. Inilah pentingnya sebuah workshop atau wadah komunitas itu. Pengajian sastra, tadarus puisi, atau apapun namanya tetap menjadi nilai terpenting bagi penciptaan karya sastra yang baik, sekaligus mempererat silaturahim antarpenulis.

Ada banyak hikmah saat berdiskusi dengan Kang Soni, termasuk masukan bagaimana FLP bisa lebih baik lagi ke depannya dan menyemarakkan media yang ada di Indonesia agar muncul karya sastra profetik (meminjam istilah Kuntowijoyo) yang lebih baik. Sebuah karya sastra Islam yang seolah-olah tenggelam dan hanya memunculkan beberapa nama saja. Bahkan karya sastra Islam yang tersebar pun cenderung dianggap Islam tempelan dengan taburan ayat, hadist, dialog Arab, jilbab, shalat, dan lain sebagainya. Bukankah Islam itu universal? Bahkan menyingkirkan duri dari jalan atau hanya sekadar tersenyum saja sudah merupakan bagian dari amalan keislaman yang universal. Inilah tugas bersama dan PR yang harus kita kerjakan bersama jika menginginkan Satra Profetik atau Sastra Islam bisa maju dan berkualitas.

FLP

Obrolan ringan buka bersama FLP Bandung dari beberapa angkatan itu pun berlanjut semakin menarik dengan beberapa pembacaan puisi yang dilantunkan oleh Ananda Putri Bumi, Topik Mulyana, maupun anggota baru dari Jepara, Mas Agus. Begitu pun dengan keindahan petikan gitar Adew Habtsa yang menyumbangkan karya khasnya berupa musikalisasi puisi. Semuanya menyerap dan menenangkan sosok itu akan kehausannya akan keindahan sebuah karya sastra. Sementara di sana, Adek Anin begitu asyiknya bermain di taman berumput bersama teman barunya, Samirana. Pada saat pulang, saku kiri celananya sudah penuh dengan batu sementara di saku kanannya penuh dengan daun-daun kering. Dia baru saja bermain masak-masakan. Suasana yang mengasyikkan.[]

Baca juga artikel yang berkaitan atau melihat daftar isi

Advertisements

3 thoughts on “Bukber Sambil Berpuisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s