CAI: Cerita Anak Islam

Cerita Anak Islam (CAI)

Bismillah. Ya, diawali dengan menyebut nama Sang Maha, sosok itu dan kawan-kawan meluncurkan sebuah situs tentang media cerita yang cocok untuk anak-anak, khususnya Muslim. Situs ini memang memiliki konten yang bahan dasarnya adalah cerita, yaitu terdiri atas video, audio (podcast), cerita pendek (cerpen), dan komik.

Awalnya adalah sebuah kegelisahan yang cukup mengganggu pada Rani Yulianty (@raniyulianty) tentang kesulitannya menemukan media cerita yang cocok untuk anak-anak Muslim. Kegelisahan tersebut menjadikan sebuah tekad untuk menghadirkan sebuah media cerita alternatif. Kegelisahan tersebutlah yang menjadi sebuah awalan diskusi hingga mengumpulkan beberapa kawan seperti Ferry Ardian (@ferryardian), Ali Muakhir (@alimuakhir), dan sosok itu (@bangaswi). Hingga kemudian, diajaklah beberapa orang kawan lagi sebagai penguat seperti Ade Wawa, Adi Suparman, dan Risyanto.

Cerita Anak Islam (Bang Aswi)

Lalu mengapa media cerita? Hal itu disebabkan bahwa dalam tahap perkembangannya kami yakin kalau seorang anak sangat menyukai cerita atau dongeng. Semakin berkembangnya kemampuan berbicara anak sejalan dengan semakin tingginya rasa ingin tahu mereka. Untuk itulah anak-anak membutuhkan cerita sebagai jawaban. Namun, kami juga melihat bahwa tidak semua cerita itu cocok untuk anak-anak. Konten-konten cerita yang ada seringkali tidak cocok untuk kebutuhan anak-anak. Bahkan, ada juga yang memberikan contoh kurang baik.

Pada akhirnya, kami pun berhasil mewujudkan Cerita Anak Islam yang bisa disingkat dengan CAI. Mengapa CAI? Cai adalah sebuah kata yang berarti air dalam bahasa Sunda. Sifat air itu selalu mengikuti bentuk wadahnya dan mudah mengalir sehingga ke depannya CAI bisa diterima oleh seluruh anak-anak Muslim dan juga orangtua sehingga tentunya akan memberikan manfaat lebih dari sekadar sebuah cerita. Konsep CAI dalam bentuk online pun juga agar bisa diakses oleh siapapun dan dari manapun juga. Bukankah air yang diam dan tergenang akan menjadi sarang nyamuk yang nantinya akan menyebarkan penyakit?

Fanpage Cerita Anak Islam

Cerita Anak Islam pada versi awal beralamat di http://project.raniyulianty.com/. Sesuai dengan perjalanan waktu, akhirnya kami berhasil membuat versi betanya di http://ceritaanakislam.org/ sebagai bentuk keseriusan kami. Tidak hanya itu, Cerita Anak Islam pun kami daftarkan pada program Indigo Fellowship 2011, sebuah ajang kompetisi yang memiliki tagline “Digital Creativepreneur for Nation Competitiveness”. Alhamdulillah, situs ini telah lolos seleksi pada tahap awal. Kawan-kawan bisa mendukung situs CAI di sini. Kami pun juga membuat fanpage-nya di sini.

Indigo Cerita Anak Islam

Cerita Anak Islam merupakan sebuah wahana bercerita yang berupaya menyajikan konten-konten cerita mengasyikkan untuk anak-anak dalam format video, audio (podcast), cerita pendek (cerpen), dan komik. Ke depannya, bisa jadi ada penambahan format lainnya seperti animasi yang sedang dalam proses penggodokan. Situs ini memiliki misi memberikan alternatif cerita dengan konten islami yang bermanfaat bagi pendidikan anak-anak Muslim khususnya dan anak-anak Indonesia pada umumnya. Sedangkan visinya adalah menjadikan anak-anak Muslim memiliki kualitas Qur’ani.

Sasaran CAI adalah:

  • Anak-anak Muslim mengenal cerita-cerita teladan.
  • Anak-anak Muslim memiliki teladan yang baik.
  • Anak-anak Muslim dekat dengan Al-Qur’an.

Baca juga artikel yang berkaitan atau melihat daftar isi

Advertisements

20 thoughts on “CAI: Cerita Anak Islam

  1. Alhamdulillah, ada pilihan buat mendongeng anak saya ..
    Anak saya suka bang, apalagi yang audio, bisa didengerin sebelum tidur ,,
    Nuhun ..

  2. Allhamdulillah ini yang saya cari bang, kebetulan suami punya kindle,Pascal minta dicarikan bacaan anak-anak.Ijin copas boleh ya untuk dibaca di kindle

  3. >> Abi Sabila : Hatur nuhun.
    >> alamendah : Thanks.
    >> dey : Iya, semoga menjadi pilihan yang baik. Sama-sama. Ada sosok itu juga yang ngadongeng … ^_^
    >> Lidya : Mangga dan silakan.
    >> ali : Mangga, Mas.
    >> raniyulianty : Saling mendukung!
    >> giewahyudi : Memang tapi dengan format yang lebih islami. Semoga berkah!
    >> Puteriamirillis : Terima kasih. Iya, Ummi sudah cerita dan semoga tetap langgeng ya pertemanannya ^_^
    >> fety : Hatur nuhun, Fety. Insya Allah akan ada banyak materi lagi. Mungkin ada saran?
    >> mulyonoaja : Semoga menjadi lebih baik lagi …

  4. Update terbaru diperoleh saat makan siang jumat tadi di PDAM: Tim akan ke jakarta memenuhi panggilan panitia Indigo Fellowship, inysa Alloh mereka memenangkan lomba … Sukses yaaa?!

    >> Wah, luar biasa! Siapa saja yang dikirim ke Jakarta ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s