Tips Tulisan Headline

Sosok itu yakin bahwa tulisan yang muncul pada headline sebuah situs akan membuat penulisnya merasa bangga. Bagaimana tidak, tulisan itu akan terpampang dengan jelas dan semua mata yang membuka situs bersangkutan langsung disuguhi tulisan dimaksud. Beberapa situs yang dimaksud dan menjadi tampat kumpulnya para blogger adalah BlogDetik, Kompasiana, dan VivaNews. Bahkan fenomena hot threads pada forum kaskus juga begitu luar biasa.

Alhamdulillah, tulisan sosok itu pernah terpampang pada headline situs yang dimaksud di atas. Memang basi karena tulisan yang dimaksud adalah edisi jadul, tetapi takada salahnya kali ini sosok itu akan berbagi tips tentang bagaimana membuat sebuah tulisan itu bisa menjadi headline yang sebenarnya adalah teknik mencuri perhatian admin situs yang bersangkutan.

Akan tetapi sebelum menuju tips-tips jitu, mari kita review 3 (tiga) tulisan sosok itu yang masuk headline. Tulisan pertama adalah tentang pembukaan Dago Car Free Day di Bandung (25/04/2010) yang berjudul “Dago Car Free Day 2010: Tunas-tunas Itu Pada Akhirnya Bermunculan Juga”. Tulisan ini sebenarnya adalah duplikasi dari tulisan yang ada di kompasiana tetapi tulisan yang dimaksud sudah menghilang entah kemana.

Tulisan kedua adalah tentang perbedaan fisik dan nonfisik antara cewek dan cowok. Judul aslinya adalah “Pertarungan Cewek Vs Cowok”, tetapi yang terpampang di headline VivaNews adalah “Perbedaan Laki-laki dan Perempuan”. Hal ini disengaja mengingat VivaNews sangat mengharamkan copy-paste meski itu adalah tulisan kita sendiri.

Sedangkan tulisan ketiga adalah tentang informasi ngaBLOGburit yang diadakan oleh blogdetik yang berjudul “BlogDetik Sawer Rp500 Ribu Setiap Hari!”. Kebetulan tulisan ini pun juga di-review kembali di sini.

Nah, inilah tips bagaimana tulisan kamu bisa masuk menjadi headline:

  1. Carilah sumber tulisan yang sedang ramai diperbincangkan. Untuk saat ini bisa dicontohkan tentang Nazarudin atau Ramadhan atau lebaran.
  2. Pelajari setiap headline yang ada. Mengapa mereka bisa masuk headline dan bacalah detail tulisannya. Dari sana kamu pasti akan mendapatkan ‘lampu terang’ bahwa menulis itu bagusnya seperti ini atau itu. Telaah dengan baik, ya?
  3. Pilih judul yang paling menarik perhatian. Provokatif boleh tetapi juga harus ada relevansinya dengan konten yang ada. Jangan sampai judul yang menarik tetapi tidak diimbangi dengan konten yang menarik pula.
  4. Selalu berusaha menulis dengan gaya bahasa yang unik dan enak dibaca. Untuk bisa menulis dengan gaya ini, berlatihlah tiap hari yang artinya update blog kamu sesering mungkin dan tidak dihinggapi sarang laba-laba.
  5. Just keep writing! Tanpa menulis, apa yang mau ditampilkan?[]

Baca juga artikel yang berkaitan atau melihat daftar isi

Advertisements

2 thoughts on “Tips Tulisan Headline

  1. Salam Takzim

    Usaha menambah sahabat terkadang salah
    Usaha menambah ilmu terkadang keliru
    Dipenghujung Romadhan yang penuh berkah
    kusambut Aidil Fitri dengan rindu

    Mohon maap segala salah
    Mohon maap kekeliruan itu
    Minal Aidin wal Faidin

    Salam Takzim batavusqu

  2. Buat Bang Aswi yang udah menjadi salah satu dari pendorong bunda untuk menulis, apa aja. Yang penting menulis, hehehehe………tapi untuk jadi “headline”, ambooooiii…..rasanya masih jauuuhhh……………untuk bisa merealisasikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s