Laptop Si Unyil

Masuk TV? Siapa yang tidak mau, apalagi kalau itu gratis dan mempromosikan produk yang kebetulan salah satunya dibuat oleh kita sendiri. Alhamdulillah, tokoh boneka terkenal sejak zaman TVRI pada era 80-an, Unyil, mau mampir ke kantor sosok itu untuk memperkenalkan proses pembuatan Al-Quran. Dan sosok itu pun menjadi bagian dari proses syuting meski untuk masuk ke dalam rekaman jadinya sudah diketahui akan sangat minim.

Unyil adalah sebuah produk televisi yang bertemakan anak-anak dan nasionalisme. Tokoh boneka itu selalu hadir setiap hari Minggu di TVRI, satu-satunya stasiun TV yang tayang pada era 80-an. Unyil diciptakan oleh Pak Raden yang tokoh bonekanya juga muncul sebagai sosok orang kaya yang terkenal pelit dan gampang marah (meski punya penyakit encok). Unyil sendiri adalah tokoh anak SD dengan banyak pengalaman dengan teman-temannya seperti Usro dan Meilani.

Kini, Unyil hadir dengan format baru dan disiarkan di Trans 7. Bisa jadi mengikuti jejak beberapa pendahulunya yang sangat digemari seperti Bocah Petualang (Bolang), Jejak Petualang, dan lain sebagainya. Dan Laptop Si Unyil-lah nama acaranya. Dengan tokoh Unyil sebagai tokoh utama yang berkeliling Indonesia dan bahkan sampai ke mancanegara, mencoba mengajak pemirsa (khususnya anak-anak) untuk mengetahui berbagai macam budaya atau pembuatan produk tertentu.

Alhamdulillah, kali ini Unyil ingin menyoroti pembuatan Al-Quran yang saat ini memang berusaha menyajikan episode yang berkaitan dengan Ramadhan. Format 11-15 menit sengaja dipaksakan selama durasi 30 menit tayangan yang tentunya sudah dikurangi dengan penayangan iklan. Jadi, selama setengah jam itu itu Unyil akan menyajikan 3 (tiga) topik berbeda. Salah satunya adalah proses pencetakan Al-Quran.

Proses syuting berjalan lancar, dan ternyata kru Unyilnya pun hanya tiga orang, yaitu kameramen, asisten, dan pemain boneka Unyil yang sekaligus merangkap sebagai scriptwriter-nya. Oleh karena sudah dikonsep sejak awal, proses syuting pun berjalan dengan baik dan tanpa berbelit. Setelah perkenalan dan kita harus bagaimana, syuting pun langsung rolling. Sosok itu kebagian sebagaimana mestinya, yaitu sebagai figuran layouter (desain isi) dari Al-Quran yang sedang dibuat. Adegan awal dimulai ketika Unyil membaca Al-Quran dan akhirnya mengalir bagaimana Al-Quran itu dibuat.

Proses pembuatan Al-Quran dimulai dari konsep yang dipaparkan pada sebuah rapat kecil. Setelah itu penyusunan materi hingga proses layouting atau penataan letak di komputer. Proses ini sangat panjang dan bisa berhari-hari sampai berbulan-bulan, setelah itu dilanjutkan pada proses percetakan yang juga bisa berhari-hari. Mesin-mesin besar di ruang produksi pun lebih banyak disyuting, termasuk bagaimana pemilahan kertas, penyusunan, hingga pengeleman dan pengepakan. Semua proses itu dikemas dengan sangat padat hingga bisa tayang di TV berdurasi 11-15 menit. Sosok itu pun hanya kebagian sepersekian detik saja … ^_^

Sosok itu merasa bahagia. Unyil adalah figur boneka kesukaannya dan masih terngiang dalam benaknya bagaimana masa kecilnya memiliki kaos tanpa lengan dengan gambar Unyil yang sedang mengendarai tank. Luar biasa! Bagaimana dengan masa kecil kamu?[]

Advertisements

4 thoughts on “Laptop Si Unyil

  1. Sudah tayang kah Bang Aswi?

    Kawan saya juga pernah diliput oleh Si Unyil ini, yg kemudian membuat produknya menjadi semakin dikenal orang dan berturut-turut diliput oleh acara sejenis di Trans 7; si Bolang dan Cita-citaku.. šŸ™‚

    >> Sudah tayang pas tulisan ini dibuat ^_^ Iya, insya Allah berkah setelah tayang di TV, asal bisa memenuhi pesanan, Uda.

  2. Sy junior from kal-teng nih nyil,sy tertarik sama liputannya tentang batubara yg di produksi mirip biji kenari.klo bisa sy di kirimkn alamat pabrik dan no telp yg bisa sy hubungi,berhubung minyak susah di dapat nyil,trims ya.
    Ini no telp sy.085754444944

    >> Silakan menghubungi Trans 7. Sosok itu bukan bagian dari tim tapi dari sebuha produk yang diliput oleh Laptop Unyil. Terima kasih atas perhatiannya ā€¦.

  3. Salam nyil,nyil sy tertarik sama acaranya nyil apalagi tentang sabut kelapa yang di tayangkan pada tanggal 19 maret 2012 kemarin,klo bisa sy di kirimkn alamat pengolahan sabut kelapanya nyil dan no telp yg bisa sy hubungi,,trims ya nyil

    >> Sama dengan komentar di atas, silakan menghubungi pihak Trans 7

  4. Nyil saya mau bisnis jualan carpet/ambal carakter (helo kitty, cropy,dll) tolong tayangkan tempat pabrik dan cara pembuatannya,
    Minta infonya juga saat mau ditayangkan.
    Terimakasih sebelumnya, semoga sukses selalu

    >> Semoga sukses selalu ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s