Milad Seluruh Umat

Lebaran. Ya, kemarin baru saja seluruh Umat Muslim di dunia merayakan hari raya Idulfitri. Hari kemenangan setelah sebulan dipaksa menahan hawa nafsu dan sangat dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, baik yang wajib maupun yang sunnah. Meski sedikit berbeda dengan beberapa negara yang memilih 1 Syawal 1432 H jatuh pada hari Selasa, 30 Agustus 2011, namun Muslim di Indonesia juga bisa bertakbir, bertahmid, dan bertahlil pada hari Rabu, 31 Agustus 2011.

Inilah milad seluruh umat Muslim. Milad kemenangan yang insya Allah memberikan keberkahan dunia dan akhirat dengan hadiah berupa Lailatul Qadar. Setiap Muslim pasti akan sangat menginginkannya, tidak terkecuali dengan sosok itu. Apalagi, hari Rabu itu juga hari spesial bagi dirinya. Bukan hanya merayakan milad Idulfitri tetapi juga milad kelahirannya yang genap berusia 35 tahun. Usia yang menuju kematangan sebagai kepala rumah tangga. Takada kue ataupun lilin, melainkan takbir mengagungkan Sang Maha dan silaturahim dengan sanak keluarga meski hanya di Bandung.

Sebuah milad secara umum cenderung dirayakan secara hura-hura. Pesta, balon, canda tawa, kue, lilin, dan sebagainya sebagai bentuk rasa syukur. Tidak ada yang salah namun budaya itu bukanlah budaya Islam yang lebih mengutamakan sedekah atau zakat pada orang-orang fakir miskin yang pastinya masih banyak di negara ini. Sosok itu jadi teringat dengan beberapa kawan-kawan SMA-nya yang memilih buka bersama di Bali pada Ramadhan kemarin. Sosok itu hanya mengelus dada mengingat naik pesawat saja belum pernah, apalagi suasana puasa harusnya bisa bertoleransi pada mereka yang belum dan tidak mampu.

Kawan-kawan di kantor pun terkadang tidak bisa meninggalkan suasana ramai itu jika ada karyawan yang milad. Mungkin bukan budayanya yang sengaja dibudayakan tetapi budaya keramaiannya yang senang membuat semacam terapi kejut bagi yang sedang milad. Takdipungkiri sosok itu merasakan suasana itu tahun lalu meski hanya berupa hadiah kaos yang sederhana. Bahkan, ketika sang manajer milad, terapi kejutnya bisa menjadi luar biasa dengan suguhan yang tidak kalah istimewanya. Wallahualam apakah budaya semacam ini yang terus dihidupkan dan diberdayakan dibandingkan budaya sunnah lainnya yang bisa jadi terlupakan begitu saja.

Sosok itu sudah cukup merasakan kebahagiaan karena milad kemarin bertepatan dengan hari raya Idulfitri. Begitupula rutinitas sang belahan jiwa yang mengecupnya perlahan pada malam pergantian hari sambil mendoakan dan meminta maaf atas kesalahan-kesalahan yang sengaja atau tidak sengaja diperbuat. Orang-orang terdekat pun juga ada yang mengirimkan puisi indah nan cantik melalui berbagai media. Kebahagiaan karena begitu diperhatikan sudah cukup bagi sosok itu. Selebihnya adalah sebuah renungan.

Ya, renungan apalagi kecuali mengingatkan pada sosok itu bahwa batas waktu kehidupannya sudah semakin dekat. Sudah semakin dekat mencium bau tanah yang sering kita cium saat sujud dalam shalat. Tanda-tanda ke arah itu pun sudah mulai muncul di beberapa helai rambutnya yang memutih, kerutan-kerutan pada beberapa bagian tubuh, atau bahkan tenaga yang semakin berkurang dibanding dahulu. Semoga, milad tahun ini adalah milad terbaik bagi sosok itu dalam menjalan kehidupan dan ibadahnya. Tidak hanya bagi diri pribadi tetapi juga bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya. Wallahualam. Mohon doanya, Kawan.[]

Advertisements

6 thoughts on “Milad Seluruh Umat

  1. Selamay Idul Fitri dan selamat ulangtahun, Bang Aswi…
    Semoga kebahagiaan yang dirasakan umat Islam sedunia, menambah kebahagiaan dan kesyukuran Bang Aswi di hari kelahiran ini… 🙂

    Mohon maaf lahir batin ya… 🙂

  2. Bang Aswi mohon maaf lahir dn bathin yach kalo ada salah-salah kata….

    met ulang tahun juga…smoga sisa umurnya barokah dan selalu diberikan kesehatan……aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s