Ultah Adek Anin

Alhamdulillah, tepat pada lebaran kemarin adalah bukan saja hari yang berbahagia bagi seluruh umat Muslim (di luar konteks ada yang lebaran pada hari Selasa, 30 Agustus 2011) tetapi juga hari pengingat bagi sosok itu. Ya, tepat 1 Syawal 1432 H (mengikuti keputusan pemerintah RI) kemarin adalah peringatan milad sosok itu yang jatuh pada tanggal 31 Agustus. Tanda bahwa dirinya sudah semakin berkurang usia hidupnya dan makin mendekati ke tanah. Sebuah teguran untuk dirinya.

Dan hari ini, adalah hari kebahagiaan juga bagi sosok itu. Taklain adalah putri keduanya, Nindya Rahmani alias Adek Anin, juga memperingati miladnya yang ke-5. Tidak ada acara khusus untuk ulang tahunnya kali ini seperti mengadakan sebuah pesta dan semacamnya tetapi demi menghibur dia yang sudah pasti akan “sueneng buanget” maka sosok itu dan sang belahan jiwa pun pergi ke toko kue. Ya, apalagi kalau bukan untuk membeli kue ulang tahun. Meski membelinya pada sore hari tertanggal 3 September 2011.

Jadilah pada sore yang menjelang gelap, sosok itu dan sang belahan jiwa membeli kue ulang tahun di daerah Antapani, tepatnya diperempatan Jl. Jakarta. Toko Kue Larissa, toko langganan yang dikenal murah namun enak dengan bentuk yang juga eksklusif. Terlihat di sana betapa pengunjung begitu ramai meski lebaran baru lewat beberapa hari, sedangkan toko kue di sebelahnya malah terlihat sepi. Pilihan pun jatuh pada kue ulang tahun yang dihiasi strawberry dan desain semacam jaring laba-laba di atasnya. “Spiderman!” kata Adek Anin teriak senang.

Kue ultah pun berpindah tangan, sementara magrib telah lewat beberapa saat. Saat melewati Pasar Kiaracondong, Adek Anin merajuk untuk membeli kembang api. Roket kecil langsung beralih ke tangan Adek Anin. Dia terlihat senang sekali di atas motor, sampai-sampai beberapa kali hampir lompat karena kegirangan. Sosok itu sering merasa jerih dan khawatir kalau Adek Anin duduk di depan. Gerakannya begitu tiba-tiba dan kadang sering mengganggu penglihatannya saat bermotor. Sedang kalau duduk di tengah, dia cenderung ingin berdiri atau melompat-lompat. Benar-benar anak yang tidak mau diam.

Selepas shalat maghrib, sosok itu mengajak anak-anak ke lantai atas, tepat di area jemuran. Kebetulan memang banyak anak-anak di rumah karena ada empat keponakan plus saudara-saudara yang datang dan menginap. Petasan roket pun dipasang dan dinyalakan. Roket itu meledak di atas meski tidak terlalu kelihatan karena ledakannya amat kecil. Mereka tampak takpuas karena tidak bisa melihat indahnya kembang api yang meledak di atas. Meski begitu, mereka semua senang sekali, apalagi Adek Anin.

Setelah itu semuanya kembali ke bawah. Kue ultah pun disiapkan di ruang tengah. Lampu dimatikan, meski tidak semuanya. Setelah lilin berangka lima ditancapkan di tengah, api pun dipindahkan sehingga kue ultah itu lengkap sudah. Semua anak segera menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” untuk Adek Anin. Dia sendiri terlihat senang bukan kepalang. Gerakannya begitu terlihat lucu. Inilah momen dimana dia banyak tingkah karena kegeeran. Api di lilin ditiup dan dia pun mendapatkan tepuk tangan yang meriah. Kue dipotong sama rata dan segera dibagikan oleh Adek Anin sendiri ke semua yang hadir. Kue pertama diberikan pada Eyang Kakung. Semua senang dan semua kenyang.

Ya Allah, jadikanlah anak hamba ini sebagai anak yang salihah. Anak yang mau berbakti kepada Abi dan Umminya, serta mau bermesraan dengan-Mu dan menegakkan agama-Mu. Ampunilah dia jika melakukan kesalahan dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan. Ya Allah, berikanlah keberkahan dalam hidupnya yang akan datang dan mau menjaga silaturahim dengan saudara-saudaranya di mana pun dia berada. Amiiin … []

Advertisements

One thought on “Ultah Adek Anin

  1. Yah…namanya anak-anak acara ulang tahunnya banyak dihadiri oleh teman-temannya dengan membawa kado tentunya…he..he.. 😆

    >> Iya hehehe … nuhun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s