B2W Day 2011

Insya Allah pada Jumat pagi ini (23/9) akan diselenggarakan sebuah acara bersepeda bersama dalam rangka Bike to Work Day 2011. Semuanya serentak di seluruh Indonesia, tidak terkecuali Bandung. Inilah acara bersepeda serentak dari Sabang sampai Merauke, yang diikuti oleh wilayah-wilayah B2W Indonesia se-jabodetabek yaitu Rombongan Selatan, Rombongan Barat, Rombongan Timur-Utara, Rombongan Gado-Gado, Rombongan Depok, Rombongan Cileduk, Rombongan Tangerang, Rombongan Bekasi, dan secara serempak pula dilakukan di 106 koordinator wilayah yang merupakan satu rangkaian gerakan oleh B2W Indonesia.

Di Jakarta sendiri pelaksanaan akan dilaksanakan pada pagi hari di Taman Monas yang kemudian akan menuju ke Gedung Menpora dengan rute Balai Kota, Thamrin, Bundaran HI, Sudirman, Jembatan Semanggi, Gatot Subroto, dan Jl. Pemuda. Acara kemudian ditutup oleh sambutan dari Pak Ketum–Om Toto–dan sambutan dari Menpora sembari sarapan tradisional. Khusus di Jakarta, akan diadakan pula gowes malam dimulai dari pukul 18.00 di Gedung Menpora. Rute yang akan dilewati adalah Gatot Subroto, Jembatan Semanggi, Sudirman, Thamrin, Bundaran BI, Thamrin, Sudirman, Jembatan Semanggi, Gatot Subroto, dan Jl. Pemuda. Pelaksanaan ini akan dilengkapi dengan hiburan, games, dan doorprize.

Di Surabaya, acara Bike to Work Day 2011 memiliki nama Kunang-Kunang After Hours yang akan dilaksanakan pada pukul 19.00 di Taman Bungkul. Perjalanan akan menuju Monumen Kapal Selam dengan rute Raya Darmo, Panglima Sudirman, Urip Sumoharjo, Embong Malang, Bubutan, Praban, Tunjungan, Pemuda, Yos Sudarso, dan Balai Kota. Sedangkan di Bogor dilaksanakan pada pukul 07.00 di Balai Kota Bogor bersama Kapolres Bogor. Rute akan menuju Kantor Kelurahan Setu Gede yang terletak di tepi Danau Setu Gede. Akan ada penyerahan bantuan rak sepeda dari komunitas B2W Bogor kepada Lurah Setu Gede. Acara kemudian dilanjutkan menuju Kantor CIFOR di dalam kawasan Hutan Penelitian Darmaga dan kemudian sarapan bersama.

Di Solo juga dilakukan pada pagi hari dimulai dari Loji Gandrung bersama Walikota Joko Widodo dan akan ada penyerahan donasi sepeda dari pengurus B2W setempat. Bagi yang berminat di kota ini bisa menghubungi Tante Dian (08562810170).  Di Medan, acara dilaksanakan di rumah dinas Gubernur Sumatera Utara dan akan gowes bersama ke Kantor Gubernur. Sedangkan di Tasikmalaya, acara dimulai dari Alun-alun Tasikmalaya. Bagi yang berminat silakan menghubungi Om Eka (085624197810). Di Pasaman, Sumatera Barat, acara gowes bersama akan diikuti oleh Bupati, Muspida, dan Kepala SKPD dimulai dari halaman Kantor Bupati Pasaman ke Monumen Equator di Bonjol. Acara juga bertepatan dengan pembukaan Festival Equator di Bonjol. Untuk informasi bisa menghubungi Om Zoel (08126692069).

Di Kudus, gowes bersama dilakukan dari Alun-alun dan bagi yang berminat bisa menghubungi Om Edy (08156554446). Di Pangkalpinang akan dilaksanakan gowes bersama Polygoners dan bagi yang berminat bisa menghubungi Om Toink (08117172617). Di Manokwari, silakan menghubungi Om Bowo (081221859966). Di Sidoarjo, dimulai dari Taman Bungkul Surabaya hingga ke seputaran Alun-alun Sidoarjo pada hari Minggu, 25 September 2011, pukul 06.30. Di Sukabumi akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu dan bisa menghubungi Om Hondo (08164866071). Di Luwu Timur, silakan menghubungi Om Hamri (0856961453337). Di Blora bertepatan dengan Haornas dan bisa menghubungi Om Umar (08122929878). Di Bontang akan gowes bersama Walikota dan Ketua DPRD. Bagi yang berminat bisa menghubungi Om Isnandar (08125531100). Sedangkan di Yogyakarta akan dilakukan dalam tajuk Critical Manner, yang bertujuan memberikan edukasi tentang bersepeda di jalan umum. Bagi yang berminat silakan menghubungi Om Indy (082133778878).

Di Bandung sendiri, acara akan dilaksanakan di area Gedung Pakuan sejak pukul 06.00. Rute bersepeda akan melewati Jl. Kebun Jukut, Viaduct, Jl. Wastukencana, Jl. Aceh, Jl. Banda, dan finish di Gedung Sate. Sorenya akan dilaksanakan Pawai Sepeda Kelap Kelip dimulai dari Taman Cikapayang Dago pada pukul 17.30 WIB, yang kemudian berpawai bersama-sama menggunakan sepeda berkeliling kota melalui jalan-jalan utama di kota Bandung.

Apakah kamu berminat?

Dear teman-teman,

Empat tahun yang lalu di ruang rapat Gedung Indosat Jl.Asia Afrika telah dibentuk B2W Bandung dengan kekuatan sekitar 50 orang dari berbagai instansi. Tanggal 7 September adalah B2W Day pertama yang dilakukan di Bandung. Saat itu, sekitar 100 t-shirt dikirim dari Jakarta melalui travel Cipaganti dan saya bawa ke Gedung Sate dengan sepeda. Di Gedung Sate, kita berkampanye dan dilanjut gowes ke Balaikota. Cuaca yang mendukung dan suasana meriah serta cerita ceria membuat suasana penuh dengan aura semangat bahagia menyambut Bike to Work Day 2007. Setelah melakukan gowes bersama pada pagi hari, tentunya para pesepeda bisa kembali beraktivitas masing-masing. Mari Om dan Tante, Akang dan Teteh, kita kumpul-kumpul bersama kembali untuk mengenang masa-masa awal komunitas ini.

Om Tiyo (Ketua B2W chapter Bandung)

Advertisements

One thought on “B2W Day 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s