Kopdar di BSM

“Emang saya cowok apaan?” ujar Pakdhe tersenyum lucu. Itulah ucapan khas dari seorang Abdul Cholik yang menyempatkan diri kopi darat (kopdar) di Bandung Supermal (BSM), Bandung, hari Sabtu kemarin (24/9). Alhamdulillah, sosok itu bisa bertemu dengan sosok Purnawirawan TNI berbintang satu ini saat beliau menyempatkan diri mampir ke Cimahi. Jauh-jauh dari Surabaya datang ke Bandung tentu takakan dilewatkan begitu saja meski jadwal kopdar kali ini begitu mendadak. Bahkan sangat mendadak!

Semuanya bermula dari sebuah short message service (sms) singkat seorang Nchie Hanie a.k.a Mama Olive yang gemar sekali memposting hasil masakannya. Katanya, Pakdhe mau kopdaran di Bandung. Sosok itu memang sudah tahu kalau Pakdhe akan ke Cimahi di group fesbuk Warung Blogger (WB). Pada saat itu hari telah menjelang siang dan sosok itu telah siap-siap akan ke RS Muhammadiyah guna menengok sang nenek yang sedang dirawat. Saling berbalas sms pun terjadi hingga disimpulkan agar Nchie Hanie yang mengadakan kesepakatan dengan Pakdhe mau kopdar di mana. Sosok itu insya Allah akan mengikut saja. Akhirnya, sebuah sms paripurna pun menyatakan bahwa kopdar akan dilaksanakan di Foodcourt BSM Lantai 3 pada pukul 13.30.

Pada pukul 13.30, sosok itu masih berada di rumah sakit. Sang belahan jiwa harus menunggu sang nenek dan penggantinya belum datang. Setelah disepakati, sosok itu langsung berangkat bersama Kakak Bibin dan Adek Anin ke BSM pada pukul 14.00 kurang sedikit. Kebetulan kalau jarak RS Muhammadiyah dan BSM begitu dekat sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai di sana. Kakak Bibin dan Adek Anin pun begitu senang melihat wajah Kingkong yang menjadi penghias Trans Studio di BSM dari jarak dekat. Sejak Trans Studio dibuka, keluarga kami memang baru kali ini mampir kembali masuk ke dalam area BSM. Alhamdulillah, di lantai 3 sosok itu tidak terlalu lama menemukan Nchie Hanie dan Teh Erry yang sedang bernarsis ria takjauh dari stand Ampera dan Mandarin.

Obrolan ringan pun meluncur dari mulut masing-masing tentang keseharian dan tentu saja tentang Pakdhe yang dianggap sebagai bintang kopdar kali ini. Kakak Bibin dan Adek Anin pun asyik bermain berdua dengan ciri khas mereka yang kadang merengek meminta sesuatu. Taklama menunggu, sang bintang pun datang dengan gagahnya. Eng-ing-eeeng! Penampilannya benar-benar luar biasa. “Saya memang guanteng!” ujar Pakdhe dengan mantap. Dibanding fotonya yang sering dilihat di blog maupun fesbuk, penampilan asli Pakdhe jauh lebih muda. Sosok Purnawirawan TNI yang mengaku seangkatan dengan SBY ini memang tinggi besar, cocok sekali dengan kegemarannya mentraktir para blogger di manapun berada. “Saya kurang sreg kalau mentraktir makan itu dengan porsi yang seadanya. Ayo, mau makan apa? Saya yang jadi host-nya” ujar beliau, kurang lebih begitu.

Ada perasaan yang luar biasa dari kopdar kali ini. Kebersamaan dan kekeluargaan begitu terasa di hati. Sosok itu merasa bahwa para blogger yang hadir adalah keluarga dekat yang lama tidak bertemu. Kerinduan pada Nchie Hanie yang pernah kopdar perdana di CFD–meski sangat disayangkan tidak membawa serta Olive–, kegembiraan dapat bertemu dengan si Bibi Titi Teliti a.k.a Teh Erry yang pertama kalinya, kebahagiaan dapat bertemu dan mengobrol langsung dengan Pakdhe yang telah menjadi sosok pakdhe yang sebenarnya, juga keasyikan dapat bersua kembali dengan Asop yang saat ini menjadi mahasiswa tingkat akhir di ITB. Asop sendiri datang terlambat karena harus menghadiri acara teater dengan lakon Ramayana berbahasa Minang di Museum KAA. Sosok itu pun sangat senang karena juga didampingi oleh sang belahan jiwa yang turut menyusul dan bisa makan bersama.

“This is the beauty of blogging,” kata Om NH berkali-kali. Ya, ngeblog tanpa kopdar seperti sayur tanpa garam. Rasanya akan hambar dan kurang sedap. Oleh karena itulah kopdar semakin melengkapi kebahagiaan ngeblog yang sejati. Silaturahim begitu sangat kuat antarblogger dibanding jalinan pertemanan media lainnya di dunia maya. Semoga ke depannya persaudaraan antarblogger menjadi lebih indah dan semerbak meski masing-masing blogger berasal dari daerah dan latar yang berbeda. Tidak hanya untuk kemarin atau hari ini, tetapi juga untuk masa depan yang insya Allah jauh lebih gemerlap lagi. Amiiin.[]

Advertisements

10 thoughts on “Kopdar di BSM

  1. wah kalau lihat kopdar yg hebat jadi ngiri nih???…sayang pakde ga mampir ke jakarta…next time ke jakarta ya pakde….biar bisa bertemu dengan pakde….ayo erry…mana update blog nya??

  2. sy gak bisa ikut kopdar rame2 nih .. Alhamdulillah masih bisa berkunjung ke Cimahi & bertemu Pakdhe disana ..

    Iya ya, Pakdhe lebih muda aslinya dibanding di foto ..

    Ayo bang, bikin acara kopdar temen2 blog yg di Bandung.

  3. Ralat: ~ saya se angkatan pak SBY waktu Seskoad, beliau angkatan 1973 di Magelangnya, sedangkan saya angkatan 1974, jadi adik kelas beliau.
    Terima kasih mas kebersamaannya yang hangat dan full guyon.
    Kalau kopdar gak makan ya kecut maaaaaas……
    Saya jadi bolak-balik bercermin dan ternyataaaa…..saya memang ganteng kok.

    Salam hangat dari Surabaya

  4. Hmm..Pakdhe kita memang guanteng tenan rek..
    tuh kan bener kan..
    jauh lebih muda kalo ngelihat aslinya,..

    Bang,pas mo turun eskalator,kan nchie bilang gini..
    “pakdhe kalo dari belakang kaya anak muda”
    pakdhe ketawa terbahak-bahak ampe BSM gempa tuh haha..
    pakdhe bilang “kalo dari depan dah tua ya” bisa ajja..
    wah kena timpuk deh nchie ma si bibi,ngetawain wong tuwo,pamali

    Kopdar yang selalu memberikan kenangan,meski jarak yang memisahkan kita,tapi pas ketemu langsung akrab ya..
    Makasih ya Bang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s