Ultah ke-1 Sasusu

Komunitas adalah wadah yang membawahi beberapa orang yang memiliki pandangan sama tentang sesuatu. Kesamaan ini bisa bermacam-macam seperti memiliki hobi yang sama (bersepeda, bermotor, bermobil, berjalan, berlari, dll) atau bisa juga menicicipi makanan atau minuman yang sama. Di Bandung, ada satu komunitas sepeda yang bernama ‘ABEU’. Kepanjangannya ternyata unik dan lucu, yaitu ‘aya bubur eureun’ alias ‘kalau ada (tukang) bubur langsung berhenti’.

Nah, sekarang main tebak-tebakan tak berhadiah. Apa yang ada di benak kamu saat mendengar kata “sasusu”? Persepsi dari kita semua bisa jadi akan berbeda-beda tergantung pengalaman hidup masing-masing. Yang paling sering–mungkin–adalah saudara sepersusuan. Dan dari semuanya sudah pasti akan menyimpulkan ada hubungannya dengan susu. Hayooo ngaku? Mau berbentuk bubuk, cream, murni, atau bahkan asli sekalipun pasti frame susu telah hadir di benak kita semua. Satuju … ta!

Akan tetapi, ‘sasusu’ yang dimaksud di sini adalah nama sebuah komunitas sepeda. Lagi-lagi komunitas sepeda? Ya, hal ini tidak bisa dihindari oleh sosok itu yang memang sehari-harinya bersepeda dan berkegiatan dengan sepedanya. Dan komunitas ini memang tidak dapat dipisahkan dari kata ‘susu’. Apalagi sosok itu juga merupakan bagian tak terpisahkan dari komunitas ini, meski bukan anggota resmi yang memiliki kaos sepeda (jersey) berwarna hijau terang.

Sejarahnya dimulai ketika beberapa orang pesepeda yang gemar ‘nongkrong’ dan berdiskusi sambil tertawa (baca: bercanda) di lapak-lapak pinggir jalan. Kebetulan sekali lapak yang sering dikunjungi adalah lapak pedagang susu murni yang memang banyak bertebaran di Kota Bandung. Jumat sore setelah kumpul bersama di Taman Cikapayang Dago dengan teman-teman dari Bike to Work (B2W) Bandung, para pesepeda ini pun gowes bareng menuju lapak-lapak itu. Hal itu pun berlangsung terus-menerus dan rutin.

Komunitas Sepeda SASUSU

Sampai akhirnya terbersitlah ide untuk membuat sebuah komunitas baru yang tidak resmi alias tidak formal sebagai wadah senang-senang dan bersuka ria. Lalu muncullah nama “SASUSU” yang ide awalnya adalah bahwa kumpulan pesepeda yang ada di dalamnya jelas memang saudara sepersusuan alias sama-sama suka ‘nyusu’ di lapak yang bersangkutan. Namun, nama “SASUSU” pun juga bisa dipanjangkan menjadi “Sapedah Suka-Suka”, yang maknanya adalah para pesepeda ini hanya ingin berkumpul dan beraktivitas bersepedanya dengan suka-suka alias bersenang-senang sepanjang hari.

Tanpa terasa, perjalanan komunitas sepeda “SASUSU” ini telah begitu beragam dan panjang. Malam tanggal 23 September adalah perayaan milad ke-1 komunitas ini yang mengambil tempat di rumah Kang Cuham a.k.a Papz Dude. Sudah banyak kegiatan atau event yang melibatkan komunitas sepeda “SASUSU”. Bahkan, mayoritas adalah kegiatan besar tentang dunia sepeda maupun lingkungan hidup. Namun, semua itu adalah konsekuensi dari berkomunitas dan program dari kampanye bersepeda yang terus-menerus. Di luar itu, adalah aktivitas senang-senang berkumpul dan bersilaturahim.

Salah satu kegiatan silaturahim yang paling terasa adalah ketika menghibahkan sebuah sepeda untuk seorang kawan (yang kebetulan adalah anggota aktif komunitas ini) karena sepedanya sudah tak layak pakai lagi. Sepeda baru itu adalah hasil patungan beberapa teman pesepeda yang bukan hanya anggota “SASUSU” tetapi juga dari komunitas lainnya. Begitu pula ketika ada seorang kawan di luar komunitas yang hilang sepedanya karena kecurian. Dari hasil patungan, alhamdulillah bisa dibawa satu sepeda baru. Bahkan, ada teman lainnya yang juga menghibahkan satu sepeda lamanya untuk anak teman yang terkena musibah tadi. Inilah kedalaman sebuah komunitas yang positif.[]

Advertisements

5 thoughts on “Ultah ke-1 Sasusu

  1. Yang hijau-hijau menyilaukan dimana-mana…. sasusu tea…. pasti sasusu banget gitu loh….

    >> Iya, Wen. Terlalu mencolok mata ^_^ tapi menyegarkan hehehehe …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s