Sewa Sepeda di Bandung

Halte Sepeda

BANDUNG, KOMPAS.com – Rencana Kota Bandung untuk memiliki penyewaan sepeda sudah mulai bergulir dengan pembangunan halte sepeda di beberapa tempat, dimulai dari titik Babakan Siliwangi. Nantinya, halte tersebut berperan penting dalam manajemen penyewaan sepeda yang bakal menjadikan Kota Bandung sebagai daerah yang ramah lingkungan.

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil dari Bandung Creative City Forum (BCCF) sebagai salah satu konseptor penyewaan sepeda. Dengan penyelenggaraan Tunza Indonesia, konferensi internasional mengenai lingkungan di Bandung, pihaknya dipercaya untuk mengelola sekitar 1.500 unit sepeda untuk disewakan.

“Setiap orang bisa menyewa dengan hanya membayar Rp2.000 per jam. Tarif tersebut terjangkau oleh siapa pun, terutama wisatawan,” kata Ridwan, Selasa (27/9/2011) di Bandung.

Mekanismenya, sepeda disiapkan di berbagai halte yang tersebar di titik keramaian Kota Bandung, seperti hotel, pusat perbelanjaan, hingga restoran. Penyewa tinggal datang ke salah satu halte, menunjukkan kartu anggota kepada penjaga halte, kemudian langsung digowes ke tujuan mereka. Untuk mengembalikannya, tidak perlu di halte semula, tinggal mencari halte yang terdekat dan dikembalikan di sana.

Dengan mekanisme tersebut, seorang wisatawan tidak perlu bermacet-macetan untuk menikmati Bandung. Dia tinggal memarkirkan kendaraannya di hotel, mencari halte sepeda, dikayuh sampai tujuan, seperti factory outlet, restoran, atau mal dan mengembalikan sepeda di halte terdekat. Begitu pula sebaliknya bila dia ingin menuju lokasi lain maupun kembali ke hotel.

BCCF masih merumuskan mekanisme yang lebih rapi, efisien, dan mengurangi kemungkinan sepeda tersebut dibawa pulang peminjamnya. Yang pasti, persiapan terus dilakukan dan rencananya bakal bergulir dalam waktu enam bulan ke depan.[]

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2011/09/27/23164599/Ayo.Berkeliling.Bandung.dengan.Sepeda

Advertisements

6 thoughts on “Sewa Sepeda di Bandung

  1. Wah beneran nih bang..
    Assik donk..
    Ah..aku mah ga mau sewa..
    Pinjem aja ke Bang Aswi haha..

    >> Bisanya minjem aja. Tapi gak papa kok hehehe … ^_^

  2. salam hangat. yang mau rental sepeda, kami “My Bike (di kota Bandung)”, khusus merentalkan sepeda termasuk sepeda mtb, sepeda ini mungkin bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk kegiatan outbound dan kegiatan untuk wisata baik itu wisata kota, desa dan cross country, dll. Dimana trend bersepeda ini lagi naik daun. Bersepeda ini banyak positipnya lho, al : baik untuk kesehatan, menimbulkan keakraban, menimbulkan persaudaran, menimbulkan keceriaan, menimbulkan kebersamaan, dll. Untuk lebih jelasnya tentang rental sepeda, klik aja website My Bike di : http://www.rentalsepeda.com.
    thx, ya, mdh2an bermanfaat. arnold 0817 230 8338

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s