Menulis Novel dalam Sebulan

Apa yang ada di benak ketika ada orang yang mengajak kamu untuk menulis novel dalam waktu sebulan? Bisa? Atau semua itu hanya khayalan semata karena kamu tahu sendiri kapasitas pribadi dalam menulis, apalagi novel. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau usaha. Dan Habiburrahman El-Shirazy adalah buktinya saat menulis “Ayat-Ayat Cinta”. Beliau berhasil menulis novel best-seller itu hanya dalam hitungan 30 hari.

Di luar Indonesia sana ada yang mencanangkan program menulis novel selama sebulan, yaitu National Novel Writing Month atau NaNoWriMo. NaNoWriMo bekerjasama dengan WordPress dan konsep teknisnya pun dibuat mudah seperti halnya kita bersenang-senang di taman bermain. WordPress telah terbukti (terlihat) berhasil dengan program Post A Day 2011, dimana sosok itu pun juga terlibat di dalamnya, dan di sinilah konsep sederhana menulis novel dalam waktu sebulan.

Jadi, persiapkan diri kamu (bagi yang ingin berpartisipasi) mulai sekarang karena program NaNoWriMo akan mulai di-launching pada 1 November 2011 dan berakhir pada 30 November 2011 (tepat pada pukul 11:59:59). Targetnya adalah sebuah novel dengan 50.000 kata (sekira 175 halaman). Percayalah bahwa kamu bisa dan dengan membuat jadwal yang teratur setiap harinya tentu menulis novel selama sebulan akan tercapai. Paling tidak, ada semangat kebersamaan karena kamu menulis novel tidak sendirian.

Target jadinya pun tidak muluk-muluk, yaitu tercapainya novel yang kamu buat. Semua ini memang hanya membicarakan kuantitas, bukan kualitas. Jadi, bukti nyata bahwa kamu sedang menulis novel harus diperlihatkan. Ini adalah langkah awal agar kamu mau menulis sehingga pada periode berikutnya kamu bisa meningkatkan kualitasnya. Segera ambil resiko dan menulislah dengan senang dan tanpa beban apa-apa layaknya kamu menulis blog sehari-hari.

Para peserta atau Wrimos akan bersenang bersama-sama menciptakan sebuah novel selama bulan November. Sekali lagi, bukan hanya kamu sendiri, tetapi orang-orang di seluruh dunia juga melakukan hal yang sama denganmu: Menulis novel dalam waktu satu bulan! Semuanya akan menghasilkan the Great Frantic Novel. Sebagai pembanding, pada 2010 ada 200.000 orang yang terlibat. Lebih dari 30.000 orang terus berusaha mengejar deadline, sampai akhirnya terciptakan sebuah rekor dunia. Mereka adalah para mekanik, mantan aktor, atau bahkan guru bahasa tingkat SMP.

Jadi, mari ramaikan ajang ini sebagai bekal pembelajaran bahwa kamu semua bisa menjadi penulis. Dimulailah dari menulis novel sederhana yang berhubungan erat dengan lingkungan kamu sendiri. Ingatlah bahwa pengalaman itu adalah sumber informasi dan energi ide-ide kamu selama pembuatan novel ini. Jangan pernah menganggap susah jika belum mencobanya. Bismillah saja dan jalani. Menulislah setiap hari selama beberapa jam seperti layaknya kamu menulis blog setiap hari. Insya Allah target sebuah novel 50.000 kata akan tercapai. Kamu bisa, kan?[]

Advertisements

11 thoughts on “Menulis Novel dalam Sebulan

  1. ini nulisnya di word aja gitu ya bang? ga di blog kan? berarti sehari berapa hal ya? 175 hal dibagi 30 jadi? *ayo dihitung! 6 halaman, (banyak juga ya), tapi insya Allah dicoba ah. suami saya kan ultah 30 november, mau buat kado ah 😀

    >> Sepertinya begitu, Put. Wah, ikutan neh hehehe … ^_^

  2. wah, asik juga ini, paling gak sehari harus nulis 6 atau 7 halaman ya Bang
    nulisnya di words aja khan Bang ?
    trus nanti gimana?
    salam

    >> Iya, nulisnya di words, tetapi lebih lengkapnya baca ada langsung di source-nya, Bun. Biar lebih sreg jawabannya hehehe … da saya mah bukan panitianya

  3. hiks, nampaknya keren, tetapi saya kira hanya orang orang tertentu saja yang bisa menulis novel dalam sebulan, masih ingat, saya berpartisipasi dalam post a day 2011, tapiiiiii … saya sering gagal menulis satu posting dalam tiap hari 🙂

    >> Dicoba dulu, Mas. Siapa tahu …

  4. baca juga dipostingan sahabat blogger yang lain soal ini..waduh..novel?? nulis cerpen aja nggak bener..waduh masih blom pd neh emak kinan..tapi bener juga kapan belajarnya kalo gak mulai mulai..
    thanks sharingnya

    >> Iya, kapan belajarnya kalau tidak dimulai dari sekarang dan mumpung ada event yang mendukung …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s