Anlene Scan The Nation

Alhamdulillah, sosok itu kembali diundang pada acara yang digagas oleh Anlene sebagai blogger. Sosok itu bersama beberapa kawan-kawan seperti sang belahan jiwa, Dede Anto, Syarif Niskala, Cici Fera, Rani Yulianty, Ade Truna, dan Aki Niaki mewakili Komunitas Bandung Kota Blogger (Batagor) untuk menghadiri acara “Anlene Scan The Nation” (16/10) di Restoran Rice Bowl, BIP, Bandung. Kegiatan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya diselenggarakan di Supermal Karawaci, Tangerang.

Gelaran ini direalisasikan dalam rangka menyambut Bulan Osteoporosis yang jatuh setiap Oktober (20 Oktober adalah Hari Osteoporosis Dunia), dan Anlene memberikan periksa tulang secara cuma-cuma dengan  menggunakan alat ukur GE Healthcare’s Achillies Ultrasonometer. Sosok itu pun berkesempatan mencobanya dan hasilnya sungguh di luar dugaan, yaitu berada pada angka -1 yang artinya kondisi tulang sosok itu berada pada batas tulang beresiko rendah dan beresiko sedang. Hmmm … selain harus berolahraga secara teratur ternyata mengonsumsi susu juga penting, apalagi yang mengandung kalsium tinggi.

Anlene Scan The Nation

“Anlene Scan The Nation” merupakan bentuk komitmen dan kepedulian Fonterra Brands Indonesia, sebuah perusahaan berbasis susu yang berpusat di New Zealand. Apalagi berdasarkan Data Puslitbang Gizi, Departemen Kesehatan RI tahun 2006, bahwa 2 (dua) dari 5 (lima) perempuan di Indonesia berpotensi Osteoporosis. Mengingat bahwa penyakit ini tidak dapat disembuhkan maka cara terbaik adalah selain mencegahnya sejak dini, juga melakukan perbaikan kualitas hidup mulai dari pola makan, pola gerak tubuh, dan juga sikap hidup.

Hadir sebagai pembicara pada siang ini adalah dr. Marina A. Moeliono, SpRM (Ketua Perhimpunan Osteoporosis Indonesia–PEROSI–cabang Jawa Barat), Vienno Monintja (Marketing Director Fonterra), dan Indy Barends (Brand Ambassador Anlene). Indy menyadari betul manfaat tulang sehat bagi penampilannya. “Sebagai public figure, sangat penting bagi saya untuk tampil prima dengan postur yang baik. Pola hidup sehat seperti rajin jalan kaki setiap hari, meningkatkan kualitas asupan termasuk mengkonsumsi susu berkalsium tinggi seperti Anlene, sangat membantu saya memiliki kondisi tulang yang sehat,” kata Indy.

Sosok Itu dan Indy Barends

Ia juga mengajak masyarakat untuk terus peduli pada kesehatan tulang. Menginvestasikan tulang sejak dini adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat sampai usia matang. “Banyak cara sederhana yang dapat kita lakukan dalam keseharian seperti jalan sehat 10.000 langkah setiap hari, adalah selalu yang dikampanyekan Anlene selama ini. Ngeri loh kalau sudah terkena (Osteoporosis). Selain kita nggak bisa beraktivitas dengan leluasa, keluarga juga terkena imbasnya secara psikologis. Saya nggak bisa bercengkerama, menggendong anak-anak, atau nemenin mereka beraktivitas.”

Profesor Heike Bischoff-Ferrari, direktur Centre on Aging and Mobility di University of Zurich, menulis sebuah laporan setebal 24 halaman yang mempromosikan strategi tiga langkah untuk memperoleh tulang sehat dan otot kuat. Pertama, Anda harus memastikan asupan vitamin D yang cukup. Kedua, adalah diet Anda harus mencakup jumlah kalsium dan protein yang cukup. Dan ketiga, Anda harus memastikan bahwa Anda melakukan latihan menanggung berat badan dan latihan penguatan otot tiap hari.

Olahraga yang paling penting untuk mencegah osteoporosis adalah jenis olahraga ‘weightbearing’, yaitu olahraga pembebanan yang bertumpu pada kedua kaki sehingga tubuh pun bekerja melawan gravitasi. Pembebanan ini akan menyebabkan tulang beradaptasi terhadap beban dan tarikan otot sehingga respons yang terjadi adalah pembentukan jaringan tulang. Contoh olahraga atau aktivitas ‘weightbearing’ itu adalah jalan cepat, jogging, hiking, berkebun, sepak bola, baseball, basket, tenis, bowling, dansa, step aerobics, naik tangga, dan weight training dengan beban bebas/barbel atau mesin. Bersepeda dan berenang termasuk aktivitas aerobik yang baik, namun tidak termasuk aktivitas pembebanan. Wow! Sosok itu baru mengetahuinya.

Kesimpulan dari kegiatan ini selain mendapat cinderamata berupa termos unik, pulpen berbentuk tulang, dan mug dengan foto diri adalah bahwa osteoporosis termasuk “the silent disease”. Osteoporosis memang pada umumnya mengenai kaum perempuan berusia di atas 60 tahun namun juga dapat mengenai siapa pun dan usia berapa pun. Osteoporosis tidak dapat disembuhkan sehingga dibutuhkan penatalaksanaan yang baik dan komprehensif, yaitu dengan tindakan preventif, deteksi dini, dan penanganannya. Akan tetapi, tentu jauh lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Batagor dan Hari Osteoporosis Dunia

Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan Osteoporosis:

  • Merokok, alkohol, dan berat badan kurang (indeks massa tubuh di bawah 19) terbukti berdampak negatif pada kesehatan tulang.
  • Aktivitas fisik harian mutlak penting untuk tulang dan kekuatan otot pada semua umur.
  • Latihan paling efektif adalah aktivitas menanggung berat badan seperti berjalan, naik tangga, melompat atau jalan cepat, serta latihan penguatan otot seperti angkat berat.
  • Program latihan menanggung berat badan itu mampu meningkatkan kecepatan cara berjalan, kekuatan otot, dan keseimbangan. Pada manula, latihan tersebut dapat mengurangi resiko jatuh sebesar 25-50 persen.
  • Manula dengan asupan protein yang menurun itu lebih rentan terhadap kelemahan otot, sarcopenia, dan kerapuhan. Semuanya dapat meningkatkan risiko jatuh dan patah.
  • Asupan kalsium dan protein yang cukup dapat dicapai melalui makanan bergizi yang mencakup produk susu, kacang-kacangan, beberapa sayuran kaya kalsium, buah, dan air mineral. Produk susu memiliki kalsium terbanyak dan juga memberikan protein.
  • Vitamin D diproduksi di kulit setelah terpapar sinar matahari. Sumber vitamin D pada makanan agak terbatas. Vitamin D ditemukan pada ikan berlemak dan telur.
  • Produksi vitamin D di kulit menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, manula memiliki kemampuan memproduksi vitamin D empat kali lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa muda.[]
Advertisements

3 thoughts on “Anlene Scan The Nation

  1. salam,
    bapak, kalau saya ingin bekerja sama dengan anlene untuk cek kepadatan tulang, saya harus menghubungi contact person siapa ya?
    terima kasih

    >> Bisa follow twitternya @Anlene_ID atau ke FB-nya id-id.facebook.com/AnleneIndonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s