Tips Merawat Buku

Buku adalah gerbang ilmu. Dari buku kita bisa mendapatkan informasi yang beragam. Internet memang menyediakan informasi yang sama, tetapi sensasinya berbeda. Tidak hanya dari kenyamanannya saja saat bercengkerama dengan buku melainkan juga ada faktor kesehatan yang tidak disadari oleh kita semua. Namun, tanpa perawatan yang baik tentu buku-buku kita akan terbengkalai dan rusak. Lalu, bagaimanakah cara merawat buku yang baik? Berikut adalah beberapa tipsnya.

  1. Berilah sampul plastik agar buku terlindung dari air, keringat, debu, dan segala hal yang bisa merusak buku. Pastikan tangan dalam keadaan bersih ketika memegang buku agar terhindar dari kotoran yang merusak.
  2. Ketika membaca, bukalah buku dengan sempurna. Jangan menekuk buku ke belakang karena dapat merusak jilid buku.
  3. Jangan membuat coretan apa pun, baik di sampul maupun di halaman dalam agar buku tetap nyaman ketika dibaca. Jangan menggunakan pensil atau bolpoin sebagai pembatas buku karena dapat merusak jilid. Apabila diperlukan, buatlah pembatas buku dari kertas atau karton untuk menandai halaman yang sudah dibaca dan yang belum.
  4. Jangan melipat ruas buku untuk menandai halaman-halaman tertentu. Jangan pula menyobek, menggunting, atau mengambil bagian dari buku secara tidak bertanggung jawab.
  5. Letakkan buku dalam keadaan tertutup saat ingin berhenti membaca. Jangan dalam keadaan telungkup karena bisa merusak jilid. Begitupula jangan memfotokopi buku karena kemungkinan besar akan merusak jilid.
  6. Jangan menjadikan buku sebagai alas apa pun juga, misalnya sebagai alas duduk, alas menulis, apalagi alas makan dan minum.
  7. Jangan pernah menyelipkan buku di pinggang atau bagian tubuh lain yang menyebabkan buku menjadi kusut. Jangan pula memasukkan buku ke saku celana dengan cara melipat buku atau menggulungnya.
  8. Simpanlah buku pada tempat yang kering. Hindarkan tempat-tempat yang lembap karena kertas akan rapuh. Jauhkan buku dari benda-benda yang dapat menyebabkan kerusakan seperti tinta, cuka, api, atau minuman.
  9. Jauhkan buku dari jangkauan anak-anak yang belum tahu bagaimana cara menggunakan buku.

Tips di atas kelihatannya sederhana dan mudah dilakukan. Namun, tanpa kedisplinan, tips-tips di atas akan sia-sia belaka. Jika kita semua memiliki komitmen untuk melakukan tips tersebut, dijamin buku-buku kita akan memberi manfaat dalam jangka waktu yang lama. Selamat mencoba.[]

Baca juga artikel sebelumnya atau melihat daftar isi

Advertisements

2 thoughts on “Tips Merawat Buku

  1. Makasih BAng Tips nya..
    Hehe..dan point no 2 dan 4,merasa kesindir,melipat halaman buku..

    >> Sama-sama, Nchie. Jangan dilipat lagi ya … ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s