ASEAN Bloggers Conference

Perkembangan teknologi saat ini telah semakin menipiskan hubungan antarnegara yang dahulunya masih bersifat konvensional, apalagi dengan berkembangnya internet. Tipis di sini berarti sudah tidak ada lagi jarak antara satu negara dengan negara lainnya dan masing-masing masyarakatnya sudah dapat berkomunikasi secara bebas. Blog adalah salah satu bagian dari jejaring media sosial yang kini makin diperhitungkan keberadaannya seiring dengan perkembangan informasi yang sangat mudah diakses. Tidak hanya itu, blog pun telah menjadi sumber informasi dan atau referensi yang sangat dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat dunia, sekaligus menjadi gaya hidup yang dapat dipertanggungjawabkan.

Alhamdulillah sosok itu sudah membuat blog sejak 2008 dan hingga saat ini masih konsisten menulis di blog tersebut hingga sering terlibat aktif dalam berbagai acara yang berkaitan. Dari blog pula dia mendapatkan banyak manfaat baik sebagai masyarakat awam maupun sebagai penulis/jurnalis. Tak heran kalau para blogger sering disebut sebagai citizen journalism yang tidak jauh berbeda dengan para kuli tinta (wartawan) hingga sosok itu pun sering diundang untuk meliput acara dari instansi terkait seperti Hotel Aston, PT Telkom, PT Indosat Tbk., perusahaan yang memproduksi Magnum Ice Cream, Kecap ABC Black Gold, Anlene, dan dalam waktu dekat ini adalah Aqua.

Perkembangan ASEAN—khususnya pasca disepakatinya Piagam ASEAN pada tanggal 15 Desember 2008—telah berubah menjadi suatu organisasi baru dengan aturan hukum yang jelas dan memiliki legal personality, yaitu menuju terbentuknya suatu Komunitas ASEAN 2015 yang didasarkan pada tiga pilar: Politik Keamanan, Ekonomi, dan Sosial Budaya. Sejalan dengan perkembangan yang terjadi, kepemilikan dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan ASEAN menuju dan pasca Komunitas ASEAN 2015 dirasakan penting untuk mendorong partisipasi berbagai lapisan masyarakat, tak terkecuali blogger Indonesia dalam proses pembangunan Komunitas ASEAN.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya pada pembukaan Sidang Ke-44 ASEAN Ministerial Meeting di Bali memuji gagasan pembentukan ASEAN Blogger Community (ABC). Komunitas-komunitas blogger di tanah air yang tergabung dalam ABC diakui memainkan peranan penting dalam mendorong proses terbentuknya Komunitas ASEAN 2015. Menurut presiden, terbentuknya hubungan antara rakyat-rakyat di kawasan Asia Tenggara menjadi tugas terbesar ASEAN—yang merupakan organisasi kerjasama kawasan yang paling berhasil setelah Uni Eropa—dan untuk itu ASEAN abad ke-21 itu harus dinamis dan relevan. Untuk menjadi dinamis dan relevan, ASEAN harus berpusat pada rakyat (people-centered) dan digerakkan oleh rakyatnya (people-driven).

Berkaitan dengan itu, alhamdulillah sosok itu diundang sebagai perwakilan Komunitas Blogger Bandung pada acara ASEAN Blogger Conference di Nusa Dua, Bali, selama 4 (empat) hari pada 16-18 November 2011. Konferensi ini—meski tidak terkait secara langsung dengan ASEAN Summit yang diadakan hampir bersamaan di Denpasar, Bali—dilaksanakan demi menunjang kerjasama antar negara-negara ASEAN. Hal ini sesuai dengan tujuan dibentuknya ABC, yaitu:

  1. Membantu upaya-upaya memperkuat integrasi ASEAN yang bersifat kerakyatan (people centred) dan mendorong interaksi ASEAN dengan masyarakatnya yang lebih mendekatkan mereka satu sama lain.
  2. Memberikan masukan bagi berbagai kebijakan dan kerjasama pilar-pilar ASEAN bagi peningkatan kepentingan nasional dan kesejahteraan rakyat.
  3. Menjembatani komunikasi di antara blogger dan partisipasi publik di antara rakyat di negara-negara ASEAN melalui blog dan sosial media serta kegiatan offline.
  4. Menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendorong pelibatan blogger dan masyarakat agar memiliki rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi dalam kerangka kerjasama ASEAN.
  5. Membentuk sebuah wadah bagi para blogger untuk menampung dan menyampaikan aspirasi serta melaksanakan berbagai kegiatan terkait ASEAN.

ABC chapter Indonesia dideklarasikan pada tanggal 10 Mei 2011 di Kedai Es Teler 77, Jakarta Selatan, yang dihadiri oleh kurang lebih 70 orang Blogger. Deklarasi tersebut dibacakan kemudian ditandatangani dengan disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN, Djauhari Oratmangun. Deklarasi ABC chapter Indonesia ini dilaksanakan sebagai upaya strategis mendukung terbentuknya Komunitas ASEAN dan sejalan dengan prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN 2011 serta memperkuat integrasi ASEAN yang bersifat kerakyatan (people centred). Misi ini seiring dengan seruan pemerintah Indonesia dalam mentransformasikan ASEAN yang selama ini menjadi domain antar-pemerintah 10 negara anggota ASEAN untuk menjadi organisasi yang berbasis pada masyarakat di Asia Tenggara.

ASEAN Blogger Comunity

Djauhari Oratmangun menyatakan, “Upaya ini merupakan langkah konkrit pelibatan masyarakat agar mereka semua memilki rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi. Karena pada akhirnya, masyarakatlah yang akan menjadi yang pertama dan yang paling utama mendapatkan keuntungan dari inisiatif ini. Sosialisasi program-program ASEAN di kalangan masyarakat untuk memiliki rasa kesetiakawanan dan identitas dirasakan krusial mengingat seringnya perbedaan pendapat antar-negara dalam soal-soal politik, ekonomi, dan sosial budaya yang menimbulkan pergesekan dan bahkan cyber-war.”

Pembentukan ABC chapter Indonesia ini karena kedudukan Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN dalam arti penduduk, luas wilayah, maupun secara ekonomi. Oleh karena itu, keberhasilan ASEAN adalah keberhasilan yang perlu dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh rakyat Indonesia. Ditambahkan, bahwa kedudukan Indonesia sebagai pengguna paling aktif media sosial bukan hanya di kalangan negara-negara ASEAN, tetapi juga pada tingkat dunia (data terakhir menunjukkan bahwa Indonesia adalah pemakai facebook kedua terbesar dan pemakai twitter ketiga terbesar).

Hazairin Pohan (Mantan Dubes RI untuk Polandia) mengutarakan optimismenya dengan kehadiran komunitas ini akan memberikan peluang bagi Blogger Indonesia untuk menjadi duta informasi dan sosialisasi pengembangan komunitas ASEAN. Karena sifatnya yang kolegial dan referral, lanjutnya, potensi komunitas ini untuk memberikan informasi yang jelas bagi masyarakat tentang berbagai kebijakan-kebijakan strategis terkait pengembangan ASEAN di masa depan.

Komunitas ini diharapkan lebih membumikan perannya dalam implementasi program-program yang menyentuh kebutuhan masyarakat banyak. Apa yang disampaikan blogger lewat informasi di blog akan menjadi referensi yang bermanfaat bagi peningkatan kesadaran masyarakat untuk hidup lebih baik. Mengingat potensi blogger yang sangat besar di Indonesia, maka hadirnya ABC di setiap negara anggota ASEAN bukan hanya untuk keperluan sosial-budaya semata, tetapi juga sangat berarti dalam pembentukan kerjasama strategis di bidang ekonomi, meskipun diharapkan agar komunitas ini tetap independen dan berjalan atas dasar ikatan kolegial dan solidaritas yang kuat antar sesama blogger.

ASEAN Bloggers Conference yang berlangsung pada 16 – 18 November 2011 di Nusa Dua, Bali, akan menghadirkan Dirjen Kerjasama ASEAN, Menteri Luar Negeri RI, Menteri Komunikasi dan Informatika, Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, dan Mark Zuckerberg (Facebook Owner). Pembahasan utama yang paling utama dari konferensi ini adalah tentang peranan dan perkembangan sosial media di ASEAN dikaitkan dengan pergerakan ABC di sana. Dari sini, secara tidak langsung ABC akan sangat berperan dalam mengawasi beberapa kebijakan ASEAN seperti di bidang ekonomi dan tentunya akan berhubungan erat dengan kepentingan perusahaan di mana pun.

Blog adalah salah satu dari beberapa jejaring sosial media di dunia maya yang kini sudah mewabah dan bahkan telah menjadi sumber informasi yang makin diakui kredibilitasnya. Di luar itu masih ada beberapa jejaring sosial media seperti twitter, facebook, plurk, Blackberry Messenger (BBM), dan lain sebagainya. Keberadaan sosial media sudah merambah ke berbagai wacana, mulai dari yang remeh temeh semacam diari penulisnya hingga pada laporan khusus layaknya seorang jurnalis. Dan sebagai media promosi, blog pun sudah tidak ketinggalan dan makin dicari apalagi dengan tumbuhnya beberapa agensi yang menghubungkan para blogger dengan instansi-instansi yang ingin mempromosikan produk dan jasanya.

Sama halnya dengan jejaring sosial media lainnya dan bahkan dalam dunia nyata sekalipun, individu-individu yang kreatif sangat membutuhkan adanya sebuah komunitas. Dengan komunitas, seorang blogger akan lebih dikenal dan juga makin kuat pijakannya. Mereka memiliki wadah yang bisa mengayomi sekaligus menjadi tempat untuk bereksplorasi ide tanpa batas. Tak heran jika komunitas blogger sangat diperlukan keberadaannya dari yang tingkat sekolah, perkantoran, wilayah kota, provinsi, hingga negara dan dunia. ABC chapter Indonesia sendiri merupakan bagian dari komunitas blogger tingkat dunia karena sudah merambah pada kerjasama antarnegara meski masih pada lingkup ASEAN. Tidak hanya itu, ABC adalah ujung tombak beberapa komunitas blogger lokal di seluruh Indonesia. Dan ASEAN Bloggers Conference di Bali hanyalah langkah awal dari satu tujuan baik tentang keberadaan blogger terhadapan hubungan antarnegara di ASEAN.[]

Advertisements

8 thoughts on “ASEAN Bloggers Conference

  1. asikkk, ke Bali uy …
    moga2 sukses acaranya, tong hilap Bang .. oleh2 ..:D

    >> Mudah2an ada rezeki buat beli oleh2 ^_^ Doain ya …

  2. Keren Abang Kita..
    Di doain moga lancar ya Bang ABC nya di Bali..
    Sip..biasa titipan Oleh2..

    >> Alhamdulillah. Abangnya siapa dulu ^_^
    Makasih ya doanya dan semoga juga ada rezeki untuk beli oleh2….

  3. kok saya berusaha daftar ABC di websitenya gak bisa2 sih, error terus tuh

    >> Kalau berkaitan dengan hal itu saya tidak bisa apa-apa. Coba tanyakan pada admin yang bersangkutan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s