Kelas Ngeblog [2]

Sebelumnya, kita pernah membahas sedikit tentang tujuan ngeblog dari masing-masing peserta diskusi pada Senin kemarin. Begitu pula dibahas tentang SEO yang tidak banyak blogger tahu (terutama para pendatang baru) dan bagaimana menentukan tema, sekaligus menjaga komitmen dan konsistensi saat ngeblog. Nah, kali ini kita akan membahas tentang mematangkan diri pada komitmen dan konsisten itu, sekaligus akan berbicara tentang platform blog dan yang lainnya.

Sosok itu menjelaskan bahwa ketika sudah komitmen untuk konsisten menulis dengan schedule yang ada, insya Allah segalanya bisa lebih mudah di kemudian hari. Jika ada hari yang lupa, jadikan itu PR agar nantinya bisa diganti di kemudian hari. Sosok itu mencontohkan dirinya sendiri dimana dari Januari 2011 sampai November 2011 alhamdulillah ia bisa berkonsisten menulis setiap hari meski banyak sekali rintangannya. Desember ini pun ia memiliki banyak PR karena kesibukan yang luar biasa, dan hanya di bulan ini saja.

Lalu, untuk pemilihan platform blog seperti wordpress, blogspot, blogdetik, kompasiana, tumblr, dan lain-lain adalah tergantung sreg-nya masing-masing orang. Sosok itu sendiri lebih menyukai wordpress dibanding blogspot. Coba deh cari platform yang bikin kita nyaman ngeblog atau kalau sudah mau yang berbayar, silakan beli domain sendiri … ^_^ Rike Swasono juga berpendapat lebih enak wordpress. Alasannya adalah karena aplikasi di wordpress lumayan lengkap daripada blogger dan tidak harus menggunakan java.

Yunita Hentika kemudian menanyakan apakah boleh kita memposting tulisan yang agak pribadi seperti menceritakan kesehariannya, menyebut nama anaknya, dan bahkan pekerjaannya. Menurut etikanya bagaimana? Sosok itu kemudian menerangkan bahwa sah-sah saja seorang blogger akan menuliskan apa saja di dalam blognya. Akan tetapi blog yang berisi hal-hal pribadi (banget) sebaiknya dipikirkan lebih matang lagi apakah harus di-share atau tidak. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sosok itu mengingatkan bahwa dunia maya adalah dunia tanpa batas dimana akan ada banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Keuntungan lain memiliki blog adalah bisa mengikuti berbagai macam lomba blog yang selalu ada setiap bulannya. Kita bisa melatih kemampuan kita menulis dan jika menang bisa menikmati hadiah berupa buku, uang, gadget, atau persahabatan. Kopdar atau kopi darat adalah pertemuan para blogger di dunia nyata dan tentunya mengasyikkan seperti postingan di Kerajaan Parongpong. Bukan hanya itu saja, bahkan, saat ini keberadaan blogger juga semakin diperhatikan oleh berbagai macam instansi/perusahaan. Buktinya kemarin para blogger Bandung diundang oleh instansi produsen air kemasan. Sebelumnya pun, sosok itu juga dipercaya untuk menjadi koordinator bagi para blogger bagi produsen Magnum, Anlene, dan Indosat.

Blog pun bisa dijadikan alat dagang, tetapi tentunya harus dengan cara halus seperti bercerita layaknya pengguna (user experience). Bukan langsung dagang seperti sales yang makin dijauhi para konsumen. Berdaganglah dengan bijak sehingga blog kita akan dikunjungi oleh calon pembeli. Jangan lupa, berbagi dengan mengadakan lomba sederhana juga bisa menjadi sarana agar blog kita juga dikunjungi oleh banyak orang. Kanya Puspokusumo juga men-sharing sedikit pengalamannya, yaitu rajin ngeblog plus ditambah kemampuan bahasa Inggris juga bisa membuka kesempatan untuk jadi penulis di luar negeri. Buktinya adalah beberapa tulisan pendeknya yang kini sudah tercetak di beberapa buku di luar negeri (Inggris, Brasil, dan Jerman). Ia pun beberapa kali juga diminta untuk membuat sebuah review buku dan dimuat di sebuah majalah kesehatan di Inggris.

Langkah yang paling sederhana saat menulis di blog adalah menulislah apa yang ada di sekitar kita. Menulislah apa adanya dan dengan bahasa yang kita kuasai. Berlatihlah seperti layaknya seorang jurnalis/wartawan tetapi dengan gaya kita sendiri. Sebagai contoh dan tolong komentarnya (karena sedang diikutkan lomba ^_^) adalah tulisan sosok itu tentang Scan the Nation. Lalu, bagaimana dengan hak cipta? Apakah orang bebas untuk menggunakan atau menerjemahkan tulisan kita di berbagai kesempatan? Adakah aturan khusus untuk itu?

Mbak Kanya kemudian menjelaskan, selama dia tetap mencantumkan nama kita sebagai penulisnya sepertinya tidak menjadi masalah. Beliau bahkan melihatnya sebagai promosi gratis untuk blog dan tulisannya di luar negeri. Jadi, dilihat dari sudut pandang positifnya. Sedangkan menurut sosok itu, hak cipta selalu ada di dunia kepenulisan mana pun (termasuk online). Jika mengutip, lebih baik mencantumkan link-nya. Jangan pernah meng-copy paste di dunia blog atau blog kita akan ditinggalkan. Begitu pula dengan fasilitas google translate yang terus terang bikin pusing yang baca. Dunia blog pun juga harus ada editan meski tidak seketat mengedit tulisan di buku. Di dunia blog, aturan ini dikenal dengan kode etik seperti jangan menyinggung masalah SARA.

Nah, meski ngeblog itu bebas tetapi harus direncanakan dengan matang agar tidak lumutan blognya nanti hehehe…. Tentukan tema, buat schedule, lalu bikin komitmen dan berkonsistensilah. Belajar ngeblog itu tidak bisa dengan 1 atau 2 hari saja. Ia perlu proses yang bisa jadi berbulan-bulan. Nikmati saja dan happy blogging ^_^

NB: Ada beberapa peserta yang terlibat dalam diskusi itu, beberapa diantaranya adalah Lygia Pecanduhujan, Agnes Bemoe, Vita Taufik, Elly Romdliyana, Beta Kun Natapradja, Efi Fitriyyah, Irma Susanti, Yessi Anggraini, dan Honney Miftahuljannah. Terima kasih untuk semuanya dan beberapa nama yang tidak tersebutkan dalam tulisan ini.[]

Advertisements

One thought on “Kelas Ngeblog [2]

  1. tentukan tema dan buat schedule, jangan lupa harus berkomitmen dengan jadwal yang telah dibuat…hehehehe…
    kalo saya kadang sudah menentukan jadwal kapan mau menulis, temanya sudah ditetapkan, tetapi giliran jadwalnya, malah gak kepikiran tema yang sebelumnya sudah ditetapkan, ambil tema lain lagi…
    🙂

    >> Diatur-atur saja ya hehehe …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s