Evaluasi 2011

Pergantian tahun akan selalu akrab dan melingkupi kehidupan kita semua. Termasuk dengan pergantian tahun kali ini yang akan disikapi secara sama atau berbeda oleh tiap-tiap orang. Dan pastinya juga akan ada dua hal yang akan dilakukan oleh kebanyakan orang, termasuk kamu. Yang pertama adalah mengevaluasi dari apa yang sudah dilakukan pada tahun 2011 kemarin dan meresolusi apa yang akan dilakukan pada tahun 2012 mendatang. Evaluasi dan resolusi. The past and the future.

Lalu apa yang akan dievaluasi oleh sosok itu? Ada banyak hal. Inilah pentingnya muhasabah (bahasa kerennya) bagi kita semua. Islam pun lebih mutakhir lagi dalam memaknai evaluasi, yaitu sehari lima waktu melalui pintu shalat wajib plus setiap malam melalui pintu tahajud. Jadi, tidak harus menunggu sampai satu tahun untuk mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan, kan? Sosok itu tidak akan menceritakan banyak hal tentang evaluasi dirinya kali ini, tetapi yang akan diceritakan di sini tentu saja yang berhubungan dengan blog ini. Ya, alamat maya sosok itu yang ada di https://bangaswi.wordpress.com.

Tahun 2011 adalah tahun kebangkitan blog ini. Bagaimana tidak? Target menulis blog setiap hari yang dicanangkan sosok itu selama 2011 pun hampir saja dilampaui, meski pada kenyataannya tidak. Sosok itu memang sedang mengikuti sebuah program dari wordpress yang sebenarnya adalah untuk menjaga konsistensi dan juga strategi dalam menulis. Dari total 365 hari selama setahun, sosok itu hanya mampu menulis 343 hari saja. Jadi, hanya kosong atau minus 22 hari (saja). Hanya selama bulan Januari sampai Oktober saja sosok itu sanggup menulis setiap hari. Sedangkan setelahnya, yaitu bulan November ternyata sosok itu hanya mampu menulis 22 postingan dan pada bulan Desember hanya mampu menulis 17 postingan.

Apakah itu sebuah prestasi? Tergantung bagaimana dan dari mana menyikapinya. Kalau bagi sosok itu sendiri jelas merupakan prestasi yang luar biasa. Bahkan, kalau mencari pembenaran mengapa bisa ada minus 22 hari tidak ada postingan, hal itu pun ternyata dapat dimaklumi. Hari dimana terjadi minus itu adalah hari-hari sibuk sosok itu dan juga hari tergalau baginya (ehm). Ada banyak peristiwa penting yang membuatnya tidak bisa (dipaksakan) untuk menulis dan juga tidak bisa di-PR-kan di lain hari. Tercatat selama bulan November, hari yang minus postingan adalah pada tanggal 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, dan 27. Sedangkan pada bulan Desember, hari yang minus postingan adalah pada tanggal 2, 3, 4, 10, 11, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 29, 30, dan 31.

Sekali lagi, ini hanyalah evaluasi yang bisa dilakukan sosok itu terhadap blog ini. Belum evaluasi mengenai betapa dirinya sedikit berkurang melakukan blogwalking ke rumah kawan-kawan bloggernya. Termasuk juga aktivitasnya mengikuti beberapa lomba blog yang diadakan oleh pihak perseorangan maupun instansi. Terjadi penurunan. Akan tetapi semuanya itu dinikmati saja dan alhamdulillah sosok itu mendapatkan banyak hal dari aktivitas nge-blog ini, apalagi selama tahun 2011 kemarin. Lalu bagaimana dengan resolusi tahun 2012 ini? Ada banyak. Yang pasti mungkin tidak akan memposting tiap hari, tetapi dijamin akan terus menulis atau nge-blog. Dan yang bisa di-share tentang Resolusi 2012 sosok itu adalah … bersepeda ke luar kota alias long trip. Bisakah? Doakan saja ^_^

Advertisements

One thought on “Evaluasi 2011

  1. wah sepedaan keluar kota? sepedaan dalam kota aja si pu belum tuh bang..hehe…semoga tercapai deh long trip nya bang.
    pencapaian yang luar biasa ya bang…selamat deh…^^

    >> Thanks ya, Pu …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s