Resolusi Juara ala Sosok Itu

Apa yang kamu ketahui saat mendengar kata ‘resolusi’? Sosok itu berpendapat bahwa kata ‘resolusi’ terdiri atas dua kata yaitu ‘re’ dan ‘solusi’. ‘Re’ sendiri adalah bentuk terikat yang tidak dapat dipisahkan dengan kata yang mengikutinya. Artinya sendiri adalah sekali lagi atau kembali dan juga bisa berarti belakang atau ke arah belakang. Sedangkan kata ‘solusi’ berarti penyelesaian, pemecahan (masalah dan sebagainya), atau jalan keluar. Dari sana, sosok itu menyimpulkan bahwa ‘resolusi’ adalah mencari jalan keluar kembali dari apa yang terjadi sebelumnya. Proses itu pun membutuhkan strategi dengan beberapa tahapan terperinci agar maksud yang ingin dicapai benar-benar terlaksana atau berjalan dengan baik.

Menurut KBBI Edisi Ketiga kata ‘resolusi’ adalah sebuah noun yang berarti putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang). ‘Resolusi’ juga bisa berarti pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Dari pengertian tersebut, resolusi untuk individu seperti sosok itu adalah sebuah harapan atau targetan yang tercatat atau dituliskan seperti dalam blog ini. Tentunya semua targetan itu berkaitan dengan hidupnya sendiri, baik yang jangka pendek maupun jangka panjang. Dan semua itu tentunya akan lebih mudah jika dibantu oleh teknologi internet.

Lalu, apa ‘Resolusi Juara 2012’ sosok itu? Ingat, kata ‘juara’ adalah kata yang tidak main-main karena di sana ada unsur kemenangan yang bisa berarti harus yang terbaik dari apa yang ada. Sosok itu pun kemudian berkata sambil tersenyum, “Menulis. Lebih tepatnya saya akan menulis novel sejarah yang spektakuler. Bukan novel sejarah yang apa adanya dan sudah diketahui oleh kita semua.”

Menulis adalah salah satu bagian dari kehidupan sosok itu. Bahkan, dapat dikatakan bahwa menulis tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sosok itu sejak tahun 2000. Dari menulislah kehidupannya mengalami perubahan yang signifikan hingga kemudian berani melamar seorang gadis yang kini telah menjadi sang belahan jiwanya. Dan dari pengalamannya menulis selama bertahun-tahun, menulis novel sejarah adalah hal yang membuat hatinya merasa mengalami ledakan supernova yang tidak biasa. Denyut jantungnya berdetak begitu sangat cepat dengan nuansa warna pelangi pada setiap aliran darah. Semua proses itu kemudian mengantarkan pada sukmanya bahwa novel sejarah adalah buku yang harus dihasilkan sosok itu melebihi Laskar Pelangi atau Ayat-Ayat Cinta. Bisakah? Mengapa tidak.

Christopher Columbus

Sejarah yang ingin ditulis sosok itu dalam bentuk novel adalah peristiwa yang bersentuhan dengan sepak terjang Christopher Columbus menemukan benua baru, Amerika. Meskipun sejarah mencatat bahwa yang ditemukannya bukanlah Benua Amerika yang sebenarnya melainkan beberapa pulau di kawasan Amerika Selatan, tetapi nama Columbus begitu melegenda. Tercatat beberapa film memuat kisahnya baik yang berupa film kartun maupun film kolosal berbiaya luar biasa, seperti ‘The Discovery’ atau ‘1492: Conquest of Paradise’. Pulau terbaik dan terindah yang ditemukan Columbus pada 5 Desember 1429 adalah Pulau Bohio atau Zibao (menurut penduduk lokal) yang kemudian dinamakan La Isla Espanol atau Hispaniola olehnya. Nah, kisah dari penduduk asli Pulau Zibao inilah yang akan dibahas oleh sosok itu dalam novelnya.

Mengapa kisah penduduk asli pulau itu begitu menarik perhatian sosok itu? Perlu diketahui bahwa kekuasaan Islam telah menyebar luas dengan sangat cepat ke seluruh dunia dan membuka mata hati manusia akan ilmu pengetahuan. Islam telah memulai kebangkitannya mengarungi samudera laut yang luas melalui saudagar-saudagar Arab Persi yang telah merapatkan kapal-kapalnya di seluruh penjuru dunia, termasuk beberapa daerah di Asia. Dan selama 8 abad lebih (711-1492 Masehi), Islam juga menguasai semenanjung Iberia (yang saat ini merupakan wilayah Spanyol dan Portugal). Hingga akhirnya kekuasaan yang berpusat di Granada itu berhasil ditumbangkan oleh Raja Ferdinand II dan Ratu Isabella pada tahun 1492.

Tidak hanya saudagar-saudagar Arab Persi saja, Kerajaan Sriwijaya yang menorehkan tinta emasnya pada abad ke-8 hingga abad ke-10 sebagai kerajaan terbesar di Asia juga terkenal sebagai kerajaan yang mempunyai armada laut yang tangguh. Para pelaut tangguh dari Kerajaan Sriwijaya inilah yang kemudian juga berhasil menjejakkan kakinya ke Pulau Zibao itu jauh sebelum Columbus. Columbus sendiri menulis dalam catatan hariannya bahwa para penduduk asli Pulau Zibao telah memiliki sistem pemerintahan dan tata cara kehidupan yang teratur. Mereka telah mengenal pertanian dengan baik. Arealnya luas dan tanamannya subur. Masyarakat Bohio berperawakan kecil, kepalanya rata di sebelah belakang, warna kulitnya sawo muda, keningnya besar, tulang pipinya menonjol, matanya sipit dan hidungnya pesek. Mereka juga mempunyai rambut yang panjang dan diikat menjadi gelung, jenggotnya pun kasar dan jarang.

“Mereka adalah masyarakat yang ramah dan santun, bahkan saya (orang asing yang sangat tidak dikenal mereka dan berpenampilan yang berbeda pula) telah diagung-agungkan dengan sedemikian rupa. Untuk itulah, saya tidak khawatir meninggalkan 39 orang awak kapal di tempat itu. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” tulis Columbus. Dari catatan ini, dapat diketahui bahwa penduduk asli yang ditemui pertama kali oleh Columbus di Pulau Zibao adalah penduduk yang sangat mirip dengan orang-orang dari Kerajaan Sriwijawa pada saat itu. Tidak hanya kemiripan secara fisik, tetapi juga kemiripan beberapa kebudayaan dan sistem pemerintahan yang dijalankan di pulau itu.

Apakah data yang didapat sosok itu di sini cukup menjadi bahan dari pembuatan novel sejarah ini? Tidak. Masih banyak data yang bisa dicari dan digali olehnya. Salah satunya adalah dengan mencarinya di dunia maya atau internet. Ya, internet telah memudahkan segalanya termasuk pencarian data untuk novel sejarahnya ini. Data-data tentang Columbus, tentang film-filmnya, tentang Kerajaan Sriwijaya, tentang budaya-budayanya, tentang peristiwa yang terjadi pada abad ke-8 hingga abad ke-15 di belahan Eropa maupun di belahan Asia, dan lain sebagainya, bisa didapatkan sosok itu di internet. Teknologi internet telah mempermudah sosok itu untuk menyelesaikan novel sejarahnya ini. Semoga, apa yang dicanangkan sosok itu untuk membuat novel sejarah yang spektakuler tercapai. Resolusi Juara 2012 ini semoga berhasil diraih oleh sosok itu dengan baik. Amin.[]

Resolusi Juara

Advertisements

15 thoughts on “Resolusi Juara ala Sosok Itu

  1. wah, udah ikutan lomba aja nih kak~
    sukses ya lombanya~ 😉

    >> Di menit-menit terakhir neh. Semoga terdaftar hehehe …

  2. wah manteb resolusinya, menarik ,semoga tercapai resolusinya!!,ditunggu kunjungan dan komentarnya di blog saya trimakasih..

    >> Terima kasih …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s