Meraba Bisnis Online

Bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang memang berkutat dengan dunia nyata semisal para pedagang di pasar tradisional atau mereka yang harus memeras keringat di jalan-jalan atau bahkan mereka yang memang sudah terbuai dengan aroma alam pedesaan, kata ‘bisnis online’ bisa jadi hanyalah kata asing bagi telinga mereka. Jangankan kata ‘online’ yang memang merupakan bahasa asing, kata ‘bisnis’ sendiri yang juga merupakan serapan dari kata asing ‘business’ mungkin adalah kata yang amat jarang didengar oleh mereka.

Ya, online adalah sebuah kata asing yang menunjukkan aktivitas berinteraksi dengan dunia internet atau dikenal dengan dunia maya. Sebuah dunia yang berkebalikan dengan dunia nyata. Siapa pun bisa berinteraksi dengan satu orang atau banyak orang sekaligus dan dari belahan dunia manapun tanpa harus bertemu muka alias berhadapan langsung. Modalnya cukup sederhana, yaitu menggunakan perangkat elektronik semisal komputer atau gadget keluaran terbaru semacam telepon selular, dan tentu saja terhubung oleh jaringan internet.

Sosok itu sendiri berkenalan dengan dunia internet sejak masih duduk di bangku kuliah, kira-kira pada pertengahan tahun 90-an di kampusnya, ITB. Pada saat itu belum ada blog dan sosok itu belajar membuat situs yang masih menggunakan sistem html dengan bantuan software Microsoft Front Page. Hasil pertama situs gratis itu adalah di geocities yang tampilannya masih sederhana. Sedangkan media chatting yang ada saat itu haruslah nge-link pada situs luar negeri semacam AOL atau America On Line. Belum ada M-Irc, YM, atau G-Talk karena memang belum ada mesin pencari Yahoo! maupun Google.

Menjalani bisnis bagi sosok itu sudah dimulai sejak SD. Hal pertama yang membuat dirinya mendapatkan uang adalah dari menjual obat-obat bekas asal layak pakai dan belum kadaluarsa pada penjual obat yang biasa disebutnya ‘Ompong’ karena faktor giginya yang memang ompong. Obat-obat itu didapatkan dari kotak obat di rumahnya yang sudah tak terpakai lagi atau mencari-carinya di tempat sampah. Sosok itu tak pernah menyangka kalau dirinya di kemudian hari bisa berkuliah di Farmasi ITB. Kebetulan? Bisa jadi.

Sosok itu pun juga mendapatkan uang dari cucuran keringatnya mencucikan pakaian dan berjualan gundu/kelereng yang berhasil dikumpulkannya dari berkali-kali memenangkan permainan itu di daerahnya. Sedangkan usahanya menghasilkan uang yang kemudian mengantarkannya mengenal dunia online adalah menulis. Hasil keringat dari usaha ini dimulai dari keisengannya mengisi dan membuat TTS sejak duduk di bangku SMA. Begitu pula dengan usahanya saat masih berstatus mahasiswa dengan berjualan desain dalam bentuk stiker atau kaos.

Sedangkan bisnis online pertamanya adalah dari menulis di blog. Blog pertama yang dibuatnya dan masih menggunakan platform friendster adalah pada 14 Oktober 2006. Sosok itu lalu mulai efektif atau rutin menulis di blog sejak 25 Juli 2007 dengan menggunakan platform multiply. Pada tahun itulah atau tepatnya pada Ramadhan 1429H, dia berhasil menjadi finalis lomba menulis blog di MyFlexiland dan Toyota. Pada ajang menulis pengalaman bersama mobil Kijang, alhamdulillah sosok itu terpilih sebagai salah satu dari pemenang minggu terakhir dan berhak mendapatkan buku eksklusif tentang sejarah Kijang plus DVD cara berkendaraan yang aman. Yang lebih membahagiakan lagi adalah terpilihnya sebagai pemenang pertama di MyFlexiland.

AstaMedia Blogging School

Sumber Foto: AstaMedia Blogging School

Menulis di blog pun pada akhirnya menjadi aktivitas sehari-harinya. Blog sebagai salah satu dari jejaring sosial yang booming pada saat itu juga semakin berkembang. Sekolah Blog yang mengajarkan bagaimana membuat, mengisi, dan me-manage blog dengan baik hingga mampu menghasilkan uang mulai bermunculan. Sosok itu juga kebagian rezekinya. Mulai dari mengisi pelatihan blog di sekolah atau kampus, hingga mengajar menulis secara online melalui media chatting. Inilah bisnis online yang saat ini dilakukan olehnya setiap minggu. Dunia internet memudahkannya untuk mendapatkan uang tanpa harus keluar dari rumah.

Bisnis online yang pernah dilakukannya selain mengajar online adalah berjualan beberapa produk dengan cara memasang iklan pada blog atau media sosial lainnya. Setelah ada pemesanan dan pengiriman uang, sosok itu pun tinggal mengemas produk yang dipesan dan mengirimkannya menggunakan jasa pos. Namun pemasukan uang dari bisnis ini tidaklah sebesar daripada uang yang didapatkannya dari nge-blog. Uang yang didapat dari menulis di blog bersumber dari iklan yang dipasang pada blognya, menulis review yang diminta oleh perorangan maupun perusahaan, sampai menjuarai beberapa lomba kepenulisan yang berbasis blog.

Nah, yang menjadi pertanyaan: Apakah Anda ingin membuat blog dan mengisinya hanya dengan tujuan uang? Bagi sosok itu sendiri, uang itu adalah hasil dari proses dan usaha. Artinya uang akan mengalir atau datang dengan sendirinya kalau Anda sudah mau memaksimalkan blog Anda dengan tujuan itu dan tentu saja dengan kerja keras. Seperti yang dijelaskan Edy Zaques, salah satu penulis best-seller, ada beberapa manfaat dari nge-blog, yaitu:

  1. Blog menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategis.
  2. Tulisan di blog mudah sekali dikomentari dan feedback ini banyak manfaatnya di kemudian hari. Salah satunya adalah sebagai ajang silaturahmi untuk berbisnis.
  3. Blog bisa menjadi alat penumbuh kebiasaan dan keteraturan menulis, terutama bagi mereka yang memang intens dalam kepenulisan.
  4. Menulis di blog secara rutin juga berdampak pada kemampuan Anda dalam menuangkan gagasan.
  5. Blog bisa menjadi ajang ekspresi yang bebas hambatan sama sekali. Meski begitu perlu diketahui juga adanya kaidah atau norma menulis di blog agar tidak ada pihak yang merasa tersakiti oleh tulisan Anda.
  6. Blog adalah tempat Anda untuk menabung tulisan. Isilah blog Anda secara rutin dan teratur dengan beragam tulisan, maka lama kelamaan blog Anda akan penuh juga. Tulisan-tulisan ini bahkan bisa dikumpulkan dalam bentuk buku seperti yang dilakukan oleh Raditya Dika atau Pidie Baiq.
  7. Blog bisa berfungsi sebagai media personal branding, yaitu ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan. Silakan digali kenarsisan Anda di blog.

Blog adalah salah satu dari media sosial yang ada di dunia internet yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Ada banyak cari lain yang bisa Anda gali untuk bisnis online yang akan Anda gagas nantinya. Kalau misalnya Anda masih bingung atau tidak mengerti pada titik ini, tidak ada salahnya Anda mendaftar pada Sekolah Blog yang ada. Dimulailah dari hal sederhana dahulu.[]

Advertisements

18 thoughts on “Meraba Bisnis Online

  1. >> Pakde Cholik : Hatur nuhun atas komentarnya, Pakdhe. Dan memang pelaku bisnis online harus rajin, tekun dan sabar. Salam hangat kembali dari Bandung.
    >> Red : Sosok itu pun pernah bantu nulis di Asian Brain ^_^
    >> achoey el haris : Itu sudah bisa hehehe …
    >> Nchie : Insya Allah bisa, asal ya kata Pakdhe itu di atas. Jangan pernah meragukan diri sendiri..
    >> Puteriamirillis : Mantap!

  2. dilihat
    diraba
    diterawang
    bisnis online di indonesia masih memerlukan banyak tokoh pebisnis online yang mampu dijadikan panutan dan model kesusksesan.

  3. Setuju sekali dengan 7 poin yang dipaparkan sama bang aswi. Blog itu fungsinya bisa menjadi media all-in-one yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan apa saja termasuk bisnis online, dan seperti halnya di dunia nyata menjalankan bisnis online dengan blog itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit guna membangun personal branding yang berpengaruh sekali terhadap perkembangan bisnis online nantinya. Artikel yang bagus, bang! 🙂

  4. Betul sekali mas, bisnis online merupakan
    cara yang terhebat saat ini apalagi di zaman
    teknologi yang berbasis internet

    Keunggulan bisnis online juga tidak lepas
    dari mudahnya menjalankan usaha seperti ini,
    cukup dirumah dengan komputer yang terkoneksi
    dengan internet,

    Artikel yang bisa memperluas pengetahuan,

    terima kasih mas..

    Andrie Andropia
    http://www.asianbrainbonus.com/

    .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s