Gairah #SemangatQuran

Banyak orang yang punya HP bagus dan canggih tapi nggak tahu gimana cara pakenya, banyak orang yang punya mobil keluaran terbaru tapi gak tahu gimana cara pakenya, dan banyak orang yang dikasih badan bagus tapi nggak tahu gimana memanfaatkannya ~ Ustadz Jefri Al Bukhori

Sosok itu sungguh beruntung. Sebuah keajaiban yang terjadi dalam hidupnya. Bahwa pada hari Minggu itu (18/3) dirinya dapat bertemu dan mengobrol dengan Ustadz Jefri Al Bukhori (Uje) di Islamic Book Fair (IBF) 2012, Senayan. Tidak hanya bertemu dengan beliau, sosok itu juga beruntung dapat bersua dengan David Chalik dan pertemuan tak terduga dengan Habiburrahman El-Shirazy (Kang Abik) di RM Laguna.

Islamic Book Fair 2012

Adalah Penerbit Sygma yang telah mengundang sosok itu untuk turut serta menuju Istora Senayan, melalui Ibu Tina Rakhmatin selaku Brand & Campaign Manager. Penerbit yang menghasilkan Syaamil Al-Quran ini mengajaknya sebagai seorang blogger untuk me-review acara Launching #SemangatQuran yang menghadirkan Uje sebagai penceramah dan David sebagai MC-nya. Dua orang blogger lainnya yang diajak adalah Ade Truna dan Rani.

Seperti biasa, sosok itu berangkat dari rumahnya dengan bersepeda. Saat langit masih gelap, dia sudah mengayuh spidinya menuju titik temu di daerah Kebaktian, Kiaracondong. Dua mobil pun berangkat dan sempat mampir dahulu di Rest Area 62 untuk sarapan dan sampai di Senayan pada pukul 10.00. Hari terakhir IBF dan bertepatan dengan hari libur menjadikan tempat itu begitu padat. Pengunjung pun dipaksa berdesak-desakan dan hal itu jelas tidak terasa nyaman karena pikiran otomatis diset untuk selalu waspada dan sosok itu merasa kasihan pada anak-anak balita yang dibawa serta oleh orang tua mereka. Untunglah ada wahana permainan di lantai dua sebelah luar yang bisa dimanfaatkan oleh mereka dengan harga tiket 30 ribu rupiah.

#SemangatQuran di IBF 2012

#SemangatQuran adalah sebuah ajakan kepada seluruh masyarakat muslim di Indonesia agar terus membangkitkan motivasi, menggali potensi diri, dan terus berbagi semangat melakukan berbagai kebaikan untuk diri dan orang lain dengan menjadikan nilai-nilai Al-Quran sebagai landasannya. Penerbit Sygma mencoba mengingatkan bahwa Al-Quran adalah sumber spirit yang sesungguhnya, sumber motivasi untuk berkarya bagi kemaslahatan umat, apa pun profesinya, apa pun kegiatannya, apa pun aktivitas kebaikan yang sedang dijalaninya.

Mengenai #SemangatQuran, Uje memberikan pendapat yang unik saat sosok itu berkesempatan berbincang di belakang panggung utama IBF. Jujur ia tidak mengerti mengapa muncul kata #SemangatQuran. Yang jelas, memang manusia itu harus dikompori untuk dekat dengan Al-Quran dan semoga bermanfaat untuk kepentingan umat. Program pengkhataman Al-Quran yang hanya 5 menit pun sudah pernah dilakukan di mana-mana, jadi efeknya mungkin akan biasa-biasa saja. “Tidak ada sesuatu yang instan kecuali mie, Bro,” ujarnya sambil tertawa. Akan tetapi bagi sebagian orang akan merasa excited dengan acara pengkhataman Al-Quran ini dimana dalam satu waktu ratusan orang membaca Al-Quran dan langsung khatam hanya beberapa menit saja.

Memang, salah satu agenda dari acara Launching #SemangatQuran ini adalah pengkhataman Al-Quran hanya dalam waktu 5 menit. Hal ini bisa terjadi karena 302 orang akan membaca 2 halaman saja secara bersamaan karena Al-Quran memang berisi 604 halaman. Oleh Penerbit Sygma, Syaamil Al-Quran dibagikan secara gratis kepada para pengunjung beserta keterangan halaman mana yang harus dibaca. #SemangatQuran ini dimulai pada pukul 13.00 dan ditargetkan selesai pada pukul 15.00. Untuk acara khataman Al-Quran, Bpk. E Kusman (Manajer Divisi Syaamil Al-Quran) didaulat sebagai pembawa acaranya.

bersama David Chalik dan Habiburrahman El-Shirazy

#SemangatQuran sendiri telah dikampanyekan sejak 27 Januari 2012 yang dimulai dengan online campaign, yakni lomba foto facebook dan lomba tweet. Pada acara di Senayan ini, pemenang lomba juga diumumkan sekaligus penyerahan hadiahnya. Selain kampanye secara online, #SemangatQuran juga dikampanyekan secara offline pada berbagai event, mass media campaign, cross media campaign, training-training motivasi, wakaf Al-Quran terpadu yang bekerja sama dengan Sygma Foundation, dan juga pembentukan komunitas.

Tujuan dari kampanye #SemangatQuran ini adalah sebagai bentuk dorongan atas proses kebangkitan Islam yang terjadi di Indonesia agar bisa jauh lebih baik lagi. Dengan pengingatan kembali tentang interaksi harian dengan Al-Quran dan mengambil spirit kebangkitannya dari Al-Quran diharapkan umat akan semakin melesat lagi membangun diri dan lingkungannya. Kampanye ini adalah sebagai bentuk penyemangat harian bahwa kita semua perlu pikiran positif, pikiran yang jernih, dan hati yang ikhlas dalam menghadapi persoalan. Interaksi yang intens dengan Al-Quran akan membuat kita semua yakin bahwa Allah Swt. itu dekat dan selalu menolong hamba-hamba-Nya yang beriman.

Ini pula yang disampaikan Uje dalam tausiahnya bahwa Al-Quran adalah surat cinta dari Allah Swt. Al-Quran adalah peta dan kompas bagi manusia, khususnya bagi orang-orang yang tersesat. Al-Quran adalah bocoran ujian sekolah kehidupan yang sedang dihadapi oleh semua manusia. Hidup adalah proses menunggu mati, untuk itu sambil menunggu kematian yang sudah pasti maka dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan isi Al-Quran. Pelajarilah Al-Quran dengan baik dengan mendatangi guru (saling bertatap muka) dan bukannya belajar secara otodidak dari kaset atau media canggih lainnya. Pelajarilah Al-Quran sedini mungkin. Jangan sampai para orang tua merasa bangga anak-anaknya bisa menyanyi dengan baik tetapi tidak merasa khawatir saat mereka tidak bisa membaca Al-Quran.

Kampanye #SemangatQuran sendiri memiliki tagline ‘Semangati harimu dengan Al-Quran’ yang bertujuan agar masyarakat semakin sadar bahwa kita semua perlu berinteraksi dengan Al-Quran setiap harinya. Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah saw. dalam sebuah haditsnya yang menyebutkan bahwa kita perlu menyelesaikan membaca Al-Quran 30 juz minimal satu bulan, artinya 1 hari 1 juz. Itu yang paling minimal. Dan yang paling maksimal adalah menyelesaikan membacanya dalam tiga hari, artinya 10 juz sehari.

Ade Truna - Uje - Bang Aswi - Tina Rakhmatin

#SemangatQuran telah menyemangati sosok itu, minimal pada hari itu. Gairahnya menggebu untuk memberikan yang terbaik dalam hidupnya, yaitu menjadi pemenang dalam setiap kesempatan. Tidak ada yang baru sebenarnya di dunia ini, persis seperti yang diutarakan Uje saat ditanyakan tentang agenda ke depannya. Uje menjawab dengan diplomatis bahwa ia tidak memiliki agenda atau program-program dalam hidupnya. “Program saya sudah diatur oleh Rasul. Saya hanya copy paste saja apa yang sudah beliau dakwahkan,” ujarnya. Oleh karena tidak ada yang baru, sudah seharusnya setiap manusia bisa berkreativitas dari yang sudah ada itu. Salah satunya adalah menjaga warisan Rasulullah saw. yang amat berharga, yaitu Al-Quran.[]

Advertisements

11 thoughts on “Gairah #SemangatQuran

  1. Waktu di tepi panggung kiri saya perhatikan cara Uje berdakwah santai banget dan David Chalik juga pandai menemani Uje di panggung utama IBF kemarin … Keduanya mengingatkan pentingnya memiliki #SemangatQuran bg setiap muslim dimana saja berada 🙂

    Dengan memiliki semangat tentunya akan memperingan rasa malas, dan berbuah banyak manfaat setelah mahir membaca Alquran. Insya Allah

  2. >> Ade Truna : Yups, itulah yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Bersemangat terus setiap harinya, dan salah satu energinya adalah Al-Quran.
    >> Rani Yulianty : Hayu atuh, ditungguan ^_^

  3. om gini lho say pernah baca blognya nonislam tapi dia membahas islam yang intinya kalau tuhan kita itu yesus, sungguh hati saya teriris baca blog yg isinya begini, apakah kita wajib membenarkan blog tersebut dengan cara menyuruhnya agar sadar kalau isi blognya salah???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s