Kompetisi DESAIN Nirmana Award

Nyalakan Karyamu, Luapkan Semangat “Warna Kreasi Indonesia”

Nirmana Award

Nirmana Award adalah ajang apresiasi desainer muda yang bertujuan memantapkan ekosistem dunia kreatif di Indonesia, terutama dengan menggali potensi lokal yang selama ini luput dari perhatian industri. Nirmana Award mengajak desainer muda menunjukkan warna kreasi Indonesia dengan membuat sebuah karya desain yang mengangkat nilai-nilai lokal sebagai titik awal pembuatan karya.

Nirmana Award lahir dan dibawa oleh Nirmana Committee, sebuah tim yang terdiri dari pelaku industri kreatif, desainer, profesional, asosiasi-asosiasi desain (Asosiasi Desain Grafis Indonesia, Forum Desain Grafis Indonesia), asosiasi periklanan (Art Directors Club, PPPI), dengan tujuan untuk memberdayakan industri kreatif Indonesia.

Nah, dengan tujuan mengembangkan budaya lokal, tema Nirmana Award tahun ini adalah “Warna Kreasi Indonesia”. Budaya lokal yang dimaksud tidak terbatas pada bentuk fisik seperti batik, gamelan, wayang, tetapi juga kebudayaan non-fisik seperti ragam hias, adat, dan tradisi lokal dari segala penjuru Indonesia.

Ada enam kategori kompetisi :

  1. ILUSTRASI dengan juri Moreza, Mayumi Haryoto, dan Chris Lie
  2. TIPOGRAFI dengan juri Eric Widjaja, Surianto Rustan, dan Yasser Rizky
  3. DIGITAL IMAGING dengan juri Bona Soetirto, Dhanank Pambayun, dan Heru Suryoko
  4. MOTION GRAPHIC dengan juri Firman Machda, Wahyu Aditya, dan Isha Hening
  5. COMIC STRIP dengan juri Beng Rahadian, Mice Misrad, dan Herman Kwok, dan
  6. T-SHIRT DESIGN dengan juri Dendy Darman, Aditya Yoga, dan Rahmat Kurniawan

Perlu diketahui bahwa acara ini didukung oleh para pelaku industri mulai dari asosiasi, mahasiswa, akademisi, komunitas, sampai para pemilik usaha di bidang kreatif. Gantibaju.com sebagai inisiator acara menangkap masih kurangnya apresiasi bagi karya-karya desain dari desainer muda, padahal ada begitu banyak potensi yang patut menerima penghargaan secara lebih.

Syarat :

  • Untuk siapapun yang berumur 19 sampai dengan 25 tahun
  • Bebas biaya pendaftaran
  • Download brief dan formulir pendaftaran di sini dengan mengklik “Daftar Sekarang”

Deadline sampai 29 April 2012 pukul 23.59 WIB

Lima finalis terpilih dari masing-masing kategori berkesempatan untuk menunjukkan karyanya pada audience melalui pameran karya di Fx Lifestyle X’nter. Selain itu, finalis juga akan dibekali dengan pengetahuan mengenai desain dan industri kreatif melalui workshop bersama pelaku industri kreatif diantaranya Yoris Sebastian dan Glenn Marsalim.

Nirmana Award adalah program yang berkelanjutan. Dengan bergulirnya ‘edisi perdana’ dari Nirmana Award ini, diharapkan adanya penciptaan semangat dan dorongan untuk senantiasa mengapresiasi para desainer dan hasil karyanya secara kontinyu di tahun-tahun mendatang. Selain kompetisi desain, Nirmana Award juga akan menggelar Talkhsow, Creative Gathering, Job Fair, Pameran Karya, dan acara puncak Malam penganugerahan Nirmana Award pada tanggal 26 Mei 2012 di Jakarta.

Info lengkap silakan mengunjungi http://www.nirmanaaward.com

Advertisements

8 thoughts on “Kompetisi DESAIN Nirmana Award

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s